Panduan Cara Mengganti Sendiri Bola Lampu Kepala ( Head Lamp ) Avanza Dan Xenia

lampu kepala mobil


lksotomotif.com - Setiap mobil telah dilengkapi dengan beragam jenis lampu yang berfungsi sebagai penerang atau sebagai tanda ( sign ). Letak lampu pada mobil pun disesuaikan yaitu pada bagian depan dan bagian belakang. Salah satu lampu yang memiliki fungsi penting pada mobil yaitu lampu kepala ( head lamp ).

Lampu kepala ( head lamp ) atau orang juga sering menyebutnya lampu besar adalah lampu yang digunakan oleh pengemudi untuk menerangi bagian depan mobil saat berkendara pada kondisi gelap atau malam hari. Pada lampu kepala terdapat tiga mode yang bisa digunakan oleh pengemudi yaitu mode lampu dekat, lampu jauh dan flash ( tembak ).

Pada lampu kepala ( head lamp ) mobil terdapat dua filamen yang memiliki fungsi menghasilan cahaya. Intesitas pemakaian yang sering atau sudah lama akan mengakibatkan lampu kepala mengalami kerusakan. Kerusakan yang sering terjadi adalah lampu putus. 

Lampu yang putus disebabkan karena filamen lampu yang sudah tidak terhubung. Jika demikian maka lampu tidak akan menyala pada sebagian mode atau seluruh mode. Putusnya bola lampu kepala ( head lamp ) tidak dapat diperbaiki.

Jika Anda mendeteksi kerusakan tersebut pada mobil Anda maka segeralah lakukan tindakan yaitu dengan mengganti baru bola lampu. 

Pabrikan telah memberikan petunjuk cara mengganti sendiri bola lampu kepala. Ini karena memang proses penggantiannya sangat mudah. 

Panduan langkah - langkah cara mengganti sendiri bola lampu kepala mobil Avanza Dan Xenia.


1. Melepas Soket Lampu Kepala 



Dengan menggunakan tangan, lepas soket lampu kepala dengan cara ditarik kebelekang. Tarik dengan pelan - pelan, soket lampu akan terlepas dengan mudah. 


2. Lepas Karet Penutup


Lepas karet penutup dengan tangan. Tarik saja dengan ringan dan karet akan terlepas. Fungsi karet pelindung adalah mencegah agar air tidak masuk kedalam rumah lampu. 


3. Lepas Pegas Penahan Bola Lampu

Pada langkah ini mungkin Anda harus sedikit teliti. Cara melepasnya sangat mudah, namun jika ini adalah pengalaman pertama Anda maka dibutuhkan sedikiti ketelitian untuk melihat kondstruksi pegas. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, cara melepas pegasnya yaitu tekan kedepan pada pengait pegas dan sedikit digeser. Lihat tanda panahm diatas, tekan dan geser.

4. Lepas Bola Lampu Kepala 



Ini adalah langkah terkahir, yaitu melepas bola lampu. Setelah pegas pengait terbuka, selanjutnya keluarkan bola lampu dengan cara menariknya kebelalakang. 

Itulah cara melepas lampu kepala mobil Xenia Avanza. Untuk memasangnya, Anda bisa mengulangi cara diatas dengan cara membaliknya ( dari urutan terakhir ). 

Selain mobil Avanza dan Xenia, langkah - langkah diatas juga bisa digunakan untuk mengganti bola lampu mobil merek lain. Ini karena pada rata-rata mobil keluaran terbaru memiliki mekanisme penggantian yang mirip. 


0 Response to "Panduan Cara Mengganti Sendiri Bola Lampu Kepala ( Head Lamp ) Avanza Dan Xenia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel