Penyebab Lampu Check Enggine Menyala Tiba-Tiba Pada Toyota Raize Dan Daihatsu Rocky

lksotomotif.com - Toyota Raize dan Daihatsu Rocky adalah dua produk beda pabrikan yang menggunkana line produksi sama. Seperti kita ketahui bahwa Daihatsu adalah anak perusahaan Toyota dan mereka telah banyak bekerja sama dalam merancang mobil. 

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky adalah produk baru yang belum lama diluncurkan di Indonesia. Mengingat usianya yang masih seumuran jagung, kedua produk tersebut memiliki kelemahan. Salah satu kelemahan yang baru - baru ini dikeluhkan oleh pemilik yaitu " lampu check enggine" yang hidup tiba-tiba.

lampu check enggine / lampu enggine control Raize dan Rocky
Lampu check enggine / lampu enggine control Raize dan Rocky

Bagi yang belum tahu, lampu check enggine adalah lampu notifikasi kondisi mesin yang ada di MID ( Multi Informastion Display ) atau dasbord. Pada kondisi mesin normal, lampu akan hidup pada saat kunci kontak ON mesin mati, sedangkan lampu akan mati saat mesin dinyalakan. Jika tidak demikian, maka kemungkinan mobil dalam kondisi bermasalah.

Seperti yang dialami oleh pengguna dibawah ini, 

mengatasi enggine control raize dan rocky bermasalah

mengatasi enggine control raize dan rocky bermasalah

Perpindahan transmisi Matic pada RR(raize-rocky) adalah :
P > R > N > D
Nah permasalahan ada pada transmisi yang belum betul2 berpindah secara tepat menggantung di jeda antara transmisi P-R-N-D tadi selama 3 detik.
Misal dr P  jika tuas transmisi ditarik tidak mencapai gigi R secara sempurna dalam waktu 3 detik dan masih berada pada posisi > 
Maka dalam waktu itu juga lgsg muncul notification tersebut.
Kepala bengkel tsb memastikan apa mobil saya saja yg mengalami hal itu dengan cara beliau mencoba ke 2 unit toyota raize lain yg sedang dalam showroom, dan hasilnya kedua unit tadi memilki karakter yg sama, bahkan di corolla altis pun hal tersebut serupa.
Solusinya :

perpindahan gigi harus benar2 sempurna klop pada transmisi nya, jgn tersendat selama 3 detik.. karena jika itu terjadi indikator tadi akan menyla, Yg harus kt lakukan jangan sampe tersendat, harus bener2 klop perpindahannya.

Kesimpulannya :

Lampu check enggine yang hidup tiba - tiba pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky disebabkan karena terjadinya jedah 3 detik saat melakukan perpindahan gigi. Ini disebabkan karena perpindahan gigi yang dilakukan oleh pengemudi belum sempurna ( ada ditengah - tengah ). 

0 Response to "Penyebab Lampu Check Enggine Menyala Tiba-Tiba Pada Toyota Raize Dan Daihatsu Rocky"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel