Cara Membesihkan Jok Mobil dan Tips Menghilakan Noda Minyak Dan Oli

cara membersihkan jok mobil dengan benar


lksotomotif.com - Ketika Anda membaca artikel ini, kemungkinan besar sedang ada masalah dengan jok mobil Anda dan perlu segera untuk dibersihkan. Kursi mobil bisa cepat kotor jika Anda memiliki anak balita nakal yang sering menumpahkan minuman lengket kemana - mana. Mereka juga bersentuhan dengan kotoran dari luar serta sering menumpahkan makanan di jok mobil. 

Bukan hanya itu, bulu hewan peliharaan juga menjadi biang masalah yang harus segera diatasi. Belum lagi noda membandel yang diakibatkan oleh baju mekanik yang kotor ketika mobil sedang diservice. Ini adalah masalah sehari - hari yang erat dengan kebersihan jok mobil. 

Mungkin Anda sedang berpikir, bagaimana cara membersihkan jok mobil yang baik dan benar bagi pemula. Berikut ini adalah solusi do it your self ( DIY ) untuk membersihkan jok mobil yang terbuat dari kain dan kulit.  

Cara Membersihkan Jok Mobil: Kulit dan Kain

Jika Anda bertanya-tanya tentang cara terbaik untuk membersihkan jok mobil, jangan bertanya-tanya lagi! Ikuti tips dan trik membersihkan jok mobil ini agar terlihat mengkilap dan baru. Siap? Mari kita mulai!

1. Pilih Bahan Bembersih Yang Tepat

Dapatkan kain mikrofiber dan pembersih jok mobil. Pembersih terbaik adalah yang memiliki air dan sabun di dalamnya, sehingga berfungsi untuk menghilangkan noda. Gunakan pembersih dan kondisioner kulit untuk jok kulit,  sementara pembersih serba guna cukup hanya digunakan  untuk jok kain.

2. Vakum Kursi

Keluarkan semua kotoran dengan penyedot debu terlebih dahulu sebelum menyemprotkan apa pun ke jok. Menyedot debu akan membersihkan semua debu dan bulu hewan peliharaan yang menempel pada jok mobil. Jika tidak segera diatasi, kotoran - kotoran  ini akan terdorong lebih dalam ke lapisan dan bantalan. Jika demikian, ini akan sangat merepotkan untuk dibersihkan dikemudian hari. 

3. Membersihkan Jok Kulit

Ketika Anda membersihkan jok kulit atau jok kain, sangat penting untuk menggunakan produk pembersih berkwalitas tinggi, Langkah pertama adalah menyeka permukaan kulit dengan tisu bersih kulit. Selain itu, aplikasikan pembersih dan konsisioner kulit dengan handuk kertas atau kain microfiber yang lembut. Anda juga dapat menggunakan sabun lembut sebagai pengganti pembersih. 

Langkah terakhir, gosok dengan handuk basah lainnya lalu poles dengan kain kering. Pada tahap finisher selesaikan dengan mengoleskan cairan pelindung kulit.

4. Cara Membersihkan Jok Mobil Dari Kain

Anda perlu menggunakan pembersih serba guna untuk membersihkan jok kain. Jangan menyemprotkan bahan kimia basah langsung ke padding karena dapat menyebabkan perubahan  warna. Semprotkan pembersih pada kain lembut dan gunakan untuk menggosok permukaan kursi.

Gosok semua noda yang terlihat di permukaan kursi Anda. Bilas kain pembersih basah dengan air hangat sebelum menerapkannya kembali  jika perlu. Anda bisa melakukan proses pembersihan ini sampai tidak ada lagi bekas kotoran yang menempel pada jok mobil atau pada kain pembersih. 

Setelah semuanya bersih, gunakan handuk kering yang lembut untuk menepuk permukaan kursi. Pastikan semuanya bersih dan mengkilat  kembali. 

Bagian penting dari cara membersihkan jok mobil adalah membersihkan jok. Bukan rahasia lagi bahwa pelapis mobil Anda sering mengalami keausan. Tetapi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan  pembersih kimia yang keras itu, pikirkan dua kali. Bahan kimia bukan satu-satunya cara untuk membersihkan jok mobil Anda. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin melakukan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan dengan menghilangkan lapisan pelindung yang penting.

Jika jok mobil Anda menggunakan  pelapis vinil, pembersih serba guna sudah cukup untuk membersihkannya. Anda hanya perlu menyemprotkan pembersih lalu menyekanya dengan kain lembut. Bersihkan area tersebut hingga cukup waktu untuk mengering. Jika perlu, gunakan pembersih sekali lagi untuk pembersihan yang benar. Namun, jangan terlalu sering menggunakan bahan pembersih ini.

Jika tidak, gunakan penyedot debu ( vacum cleaner )  dengan sambungan yang dirancang untuk kursi (banyak penyedot debu memiliki bagian ujung seperti sikat). Attachment ini dapat mengangkat kotoran dari dalam celah di antara bantalan kursi atau celah  di sekitar sandaran kepala yang sulit dijangkau jika hanya menggunakan vakum genggam biasa. 

Gunakan pada setiap permukaan kain,  Ini juga cara Anda mengangkat kotoran bulu hewan peliharaan yang menyebalkan itu tanpa harus repot. Kain mikrofiber yang lembab akan membantu menghilangkan sisa partikel yang ditinggalkan oleh penyedot debu Anda.


Cara Menghilangkan Noda di Kursi Mobil

Menghilangkan noda adalah bagian dasar dari cara membersihkan jok mobil. Jika kursi memiliki noda yang menempel, Anda perlu melakukan beberapa langkah ekstra untuk menghilangkannya. Ini bisa membuat frustrasi melihat betapa cepat dan mudahnya noda terbentuk di jok mobil Anda. 

1. Hindari Menggunakan Pembersih Yang Keras

Hindari menggunakan pembersih yang keras seperti sabun karena dapat menyebabkan kerusakan jika dibiarkan dalam waktu lama. Sebagai gantinya, gunakan bahan pembersih atau air yang dicampur dengan cuka dan cairan pencuci piring jika memungkinkan.

2. Netralisir Noda Terlebih Dahulu

Untuk noda makanan atau lumpur, gunakan pembersih jok dan gosok dengan sikat gosok. Untuk jok yang berbasis warna, campurkan pasta pembersih  dengan air dan pemutih berbasis oksigen. Basahi area yang ternoda dan oleskan  pembersih ini. Biarkan setidaknya satu jam sebelum menyedot debu.

3. Gunakan Bahan Pembersih Berkualitas Tinggi

Oleskan bahan pembersih pada handuk lembut dan gosokkan pada noda. Ambil sikat yang kaku (bulunya tidak boleh keras) dan sikat pada bagian yang bernoda. Berikan lebih banyak tekanan jika nodanya parah. Setelah semuanya selesai, gunakan kain untuk menyeka residu yang mungkin tertinggal.

4. Gunakan Penyedot Debu Untuk Noda Membandel

Jika masih ada noda membandel yang perlu dibersihkan, saatnya menggunakan vacum basah atau penyedot debu dengan lampiran sikat. Alat-alat ini bekerja sangat baik dalam menangkap apa pun yang mungkin terlepas saat menggosok. Ini juga meminimalkan penyebaran kotoran dan debu yang mungkin terdorong atau menyebar ke seluruh mobil Anda saat Anda membersihkannya.

Cara Menghilangkan Noda Minyak/ Oli Pada Jok Mobil

Dari sekianbanyak noda ataupun kotoran yang menempel pada jok mobil, minyak dan oli merupakan noda yang sangat sulit untuk dibersihkan. Apalagi jika jok mobil Anda terbuat dari bahan dasar kain, maka perlu keahlian khusus untuk membesihkan ini. 

membersihkan jok dari kotoran minyak dan oli



Dari beberapa penglaman pengguna, ini terjadi karena diakibatkan oleh bercak minyak/oli pada baju mekanik. Yang mana pada saat service, kotora pada baju mekanik menempel di jok dan ini sangat disesalakan. Walaupun jarang terjadi, namun faktanya ada beberapa pelanggan yang mengeluhkan hal ini terjadi. 

Lantas bagaimana jika kotoran minyak/oli menempel pada jok mobil, bagaiamana cara membersihkannya ?

Unutk membesihkan noda seperti ini harus menggunakan  cairan khusus tipe DeGrease. Cairan ini banyak digunakan pada bengkel salon mobil ( Toko detailing ). Jika Anda kerepotan untuk mengetasi masalah ini, maka bawalah mobil Anda pada salon mobil terdekat. Mereka akan lebih paham dan mudah untuk menghilangkan noda ini. Jangan mencoba menggunakan cairan pembersih  sembarangan, karena resikonya warna jok dapat menjadi pudar.

0 Response to "Cara Membesihkan Jok Mobil dan Tips Menghilakan Noda Minyak Dan Oli "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel