Pengalaman Pengurusan Ganti Plat Kendaraan Bermotor, 2 Jam Kelar

pengalaman pengurusan ganti plat kendaraan bermotor



lksotomotif.com - Plat kendaraan saya pada bulan mei tahun ini sudah habis, terhitung berakhir pada tanggal 28 Mei 2021. Sehingga saya pun berinisiatif sebelum tanggal jatuh tempo harus segera diurus. Saya pun datang ke Samsat di Kabupaten tempat saya tinggal, namun dari informasi yang saya peroleh bahwa pengurusan penggantian plat tidak bisa dilakukan di Samsat tersebut.  Proses penggantian plat hanya bisa dilakukan di kantor Samsat asal pengurusan plat sebelumnya. 

Saya pun diarahkan untuk melakukan pengurusan penggantian plat di kantor Samsat Kota Medan tempat pengurusan plat sebelumnya. Perlu kita ketahui bersama bahwa pembayaran pajak kendaraan dapat dilakukan Samsat mana saja, namun untuk pengurusan penggantian plat kendaraan harus dilakukan pada kantor Samsat pengurusan sebelumnya. 

Berikut ini adalah pengalaman saya dalam  proses  pembayaran pajak dan penggantian plat kendaraan. 

Pembayaran Pajak Dan Penggantian Plat Kendaraan

1. Membeli Map

map pengurusan penggantian plat


Saat baru pertama kali datang, saya membeli map yang banyak dijual diaerah luar kantor. Tidak perlu mengantri dan merepotkan, karena mereka yang akan menawarkan kepada para siapa saja yang akan melakukan pengurusan ke kantor samsat. 


2. Pengambilan Formulir Cek Fisik 

formulir cek fisik kendaraan


Sebelumnya kalian harus menyiapkan KTP asli, STNK dan BPKB. Masukkan dokumen tersebut kedalam map yang telah kalian beli sebelumnya. Nah selanjutnya kita akan diarahkan untuk mengambil formulir cek fisik kendaraan. Cukup mengantri yang rapi, nanti ada petugas yang membagikan kepada kita.. Sama sekali tidak merepotkan.

3. Gesek Nomor Rangka Dan Mesin Kendaraan

cek fisik kendaraan bermotor


Setelah kita menerima formulir yang sudah diberikan oleh petugas, selanjutnya kita akan diarahkan kembali untuk melakukan proses gesek nomor rangka dan mesin. Pada proses ini, kalian tenang saja karena sudah ada petugasnya yang menyambut dengan baik. Petugas yang jumlahnya banyak akan mengajak kita yang telah memperoleh 


4. Validasi Nomor Rangka Dan Mesin Kendaraan

validasi nomor rangka


Setelah kendaraan kita dilakukan proses pengecekan ( gesek ) nomor rangka dan mesin, selanjutnya nomor tersebut kita lampirkan didalam map yang berisi KTP, STNK , BPKB dan kertas gesek ( semuanya asli, tidak ada yang foto copy ). Berikan dokumen - dokumen tersebut ke bagian Loket Cek Rangka Kendaraan Bermotor untuk di validasi oleh petugas. Peroses ini pun sangat cepat, tidak sampai 10 menit. Pada loket ini, kertas gesek yang kita  dilampirkan kedalam map akan diambil oleh petugas. 

5. Foto Copy Dokumen

Dokumen - dokumen yang ada pada map selanjutnya kita foto copy, tidak harus keluar kantor karena di kantor Samsat sudah ada koperasi foto copy yang khusus mengerjakan dokumen ini. Kalian bilang saja untuk keperluan pengurusan pajak atau ganti plat, mereka sudah paham. 

6. Pengisian Formulir

Setelah kita memfoto copy semua dokumen yang ada, selanjutnya kita diarahkan untuk mengisi formulir yang sudah disediakan. Proses pengisian formulir agak ribet, karena banyak kolom yang harus diisi. 

Namun jangan khawatir akan kerepotan yang akan terjadi, karena pada proses ini sudah ada petugas yang standby membantu kita mengisikan data-data yang ada diformulir tersebut. Berikan saja semua dokumen pada map kita kepada mereka, dan mereka akan mengisi data secara manual. 

7. Loket Ganti STNK

loket penggantian STNK


Setelah semuanya data terpenuhi dan telah diisi, maka selanjutnya kita menuju ke loket ganti STNK. Di  loket ini kita akan menyerahkan dokumen telah difoto copy, formulir dan STNK asli. Ingat ya, BPKB asli dan KTP asli tidak masuk dalam dokumen tersebut, karena sudah diwakilkan dengan foto copian.

Setelah proses ini selesai kita akan menerima STNK copian yang mana didalamnya sudah tertera  jumlah uang harus kita bayar. Proses pembayaran bisa langsung kita lakukan diloket sebelahnya. Selesai melakukan proses pembayaran kita akan diarahkan ke loket pengambilan Plat baru. 


8. Pengambilan Plat Baru


Ini adalah proses terkahir pengurusan plat baru, di loket ini sebelumnya kita sudah diinformasikan untuk menunggu lebih kurang 1 jam. Wajar ya, karena kan  menunggu proses pembuatan plat yang baru. 

Untuk mengambil plat yang baru, petugas akan memanggil nomor plat dan nama kita. Selanjutya kita harus menyerahkan bukti pembayaran yang sebelumnya kita lakukan. Selesai sudah pengurusan ganti plat kendaraan bermotor. 

Sesuai dengan judul pada artikel diatas bahwa proses pengurusan ini hanya memerlukan waktu lebih kurang dua jam. 

Tips dari saya untuk kalian yang akan melakukan pengurusan ganti plat, datanglah pada pagi hari. Ini mencegah antrian yang panjang. Selain itu, cobalah untuk mengurus penggantian plat kendaraan motor kalian secara sendiri. Selain bisa menambah pengalaman, juga menambah wawasan tentang cara pengurusan ganti plat kendaraan bermotor.

0 Response to "Pengalaman Pengurusan Ganti Plat Kendaraan Bermotor, 2 Jam Kelar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel