Cara Mengatur Kaca Spion Mobil ( Bagi Pemula )

lksotomotif.com - Kaca spion memiliki fungsi yang penting pada setiap mobil. Dengan mengandalkan kaca spion, pengemudi dapat mengetahui kondisi yang ada disekitar mobil. Ini sangat membantu sekali agar berkendara menjadi lebih aman dan nyaman. 

Sebelum kita berkendara, maka sewajibnya untuk mengatur posisi kaca spion. Hal ini berkaitan dengan posisi terbaik spion untuk mengetahui lokasi yang tidak kita jangkau. Dengan demikian, maka perlu bagaimana cara mengatur kaca spion mobil yang baik dan benar. 

Secara umum, kaca spion pada mobil terdiri dari dua jenis yaitu kaca spion luar dan kaca spion dalam. Sedangkan secara pengoperasioan, kaca spion mobil - mobil terdahulu menggunakan jenis konvensional. Yang mana pada tipe ini, pengemudi harus mengandalkan tangan untuk mengatur posisi kaca spion yang terbaik. 

Sedangkan pada mobil - mobil terbaru, kaca spion sudah digerakkan dengan motor listrik ( jenis remot kontrol ), sehingga dalam proses penyetelannya sangat mudah. Pengemudi tidak perlu repot mengatur dengan mengeluarkan tangan untuk menekan kaca spion. Namun cukup hanya menekan tombol penyetel yang ada disamping roda kemudi. 

A. Cara Mengatur Kaca Spion Mobil

1. Tipe Manual 

mengatur kaca spion jenis manual

Atur kaca spion menggunakan tangan sehingga Anda dapat melihat bagian samping kendaraan dan jalan disamping kendaraan dari dalam ( kabin ). Gerakkan dengan cara hati-hati, dan jangan menekan terlalu keras. 

2. Tipe Remot Kontrol

kaca spion jenis remote kontrol

Remote kontrol switch kaca spion bekerja dengan switch pengapian pada posisi "ACC" atau "ON".
  • Pilih switch master ke kiri atau kanan sesuai keinginan Anda.
  • Tekan switch kontrol sehingga Anda dapat melihat bagian samping kendaraan dan jalan disamping kendaraan dari dalam.
  • Kembalikan posisi switch master ke posisi netral (off) jika tidak digunakan.

3. Mengatur Kaca Spion Bagian Dalam

mengatur kaca spion bagian dalam

Posisikan kaca spion dalam menggunakan tangan sampai Anda dapat melihat apa yang ada di belakang kendaraan dengan jelas.

Jangan mengatur kaca spion ketika berkendara. Hal ini dapat mengakibatkan kehilangan kontrol kemudi.


B. Cara Melipat Kaca Spion Mobil

cara melipat kaca spion mobil


Untuk mencegah kerusakan pada kaca spion saat mobil terpakir, maka dianjurkan untuk melipat kaca spion. Kaca spion yang bisa dilipat adalah bagian luar, caranya pun sangat mudah yaitu  tekan kaca spion tersebut ke arah belakang.

0 Response to "Cara Mengatur Kaca Spion Mobil ( Bagi Pemula ) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel