Jangan Lakukan 3 Hal Ini Terhadap Kunci Kontak Mobil Anda ( Rugi Dan Membahayakan )

lksotomotif.com - Kunci kontak atau dalam bahasa otomotif yaitu ignition switch adalah saklar yang memiliki beberapa fungsi. Salah satu fungsi utama kunci kotak yaitu menghidupkan mesin dan mematikan mesin sesuai dengan keinginan pengemudi.

Setiap mobil sudah pasti dilengkapi dengan ignition switch, namun pada perkembangan saat ini, mobil-mobil terbaru sudah dilengkapi dengan mekanisme switch yang lebih canggih yaitu start stop button yang sudah tidak menggunakan anak kunci. 

Namun demikian, mobil - mobil yang masih menggunakan anak kunci juga terbilang masih sangat banyak dan masih tetap diproduksi untuk mobil - mobil tertentu hingga saat ini. Bentuknya yang kecil juga harus menjadi perhatian khusus bagi pemilik mobil, mengingat fungsi anak kunci sangat vital. 

Selain itu ada 3 faktor yang patut diperhatikan oleh pengemudi terhadap kunci kontak mobil. Selain merugikan, ini juga beresiko menyebabkan kecelakaan fatal. Apa saja ketiga hal tersebut ? semika artikel dibawah ini. 

1. Posisi LOCK 

posisi lock kunci kontak mobil


Posisi Lock adalah posisi untuk mengunci steer ( roda kemudi ). Pada posisi ini, kunci dapat masuk atau keluar. Jika kunci tidak dapat di putar dari posisi ini, coba lagi sambil memutarmutar roda kemudi ke kiri dan kanan.

Hal yang tidak harus anda lakukan dan hidari adalah  jangan memutar kunci ke posisi "LOCK" ketika kendaraan sedang berjalan. Karena dengan tidak sengaja kunci akan mudah terlepas, dan dapat mengakibatkan kemudi terkunci sehingga mengakibatkan terjadinya  kecelakaan. 


2. Meninggalkan Kunci Tanpa Pengawasan

Meninggalkan kunci pada mobil adalah kesalahan kecil yang bisa berakibat fatal. Seperti kunci yang tertinggal didalam kabin atau kunci yang masih terpasang pada ignition switch. Keduanya sama - sama menimbulkan kerugian. 

Seperti misalnya, kunci yang tertinggal didalam kabin akan merepotkan pengemudi jika semua pintu terkunci dan tidak membawa kunci cadangan. Pengemudi akan kesulitan untuk membuka pintu mobil.  Walaupun memang pada beberapa kasus, sudah ada mobil yang dilengkapi dengan teknologi pintu tidak terkunci jika kunci tertinggal.

Sedangkan jika kunci masih menempel pada ignition switch, ini juga akan merugikan. Yang mana kondisi posisi kunci bisa saja tidak hanya diposisi " LOCK", jika demikian kemungkinan besar perangkat elektronik yang tersambung pada posisi "ACC" ( radio, dll )  akan terus menyala dan ini sangat merugikan bagi baterai. Sehingga pada akhirnya baterai akan cepat soak ( kurang tegangan ). 

Jika ada anak - anak didalam kabin juga ini sangat membahayakan, jika  tanpa pengawasan yang ada, bisa saja mereka memutar kunci kontak ke posisi " START" dan jelas ini sama bahayanya dengan mobil melaju tanpa pengemudi. 


3. Posisi ON

3 hal terlarang terhadap kunci kontak


Jangan pernah meninggalkan kunci mobil pada posisi ignition switch pada posisi " ON" mesin mati, karena pada posisi ini  semua peralatan elektronik yang terhubung pada posisi " ON " akan menyala dan membuat tegangan baterai akan cepat habis.

Itulah 3 hal yang harus Anda hindari terhadap kunci kontak mobil Anda. Pastikan sebelum meninggalkan mobil, kunci kontak mobil Anda sudah pada posisi yang aman. 

0 Response to "Jangan Lakukan 3 Hal Ini Terhadap Kunci Kontak Mobil Anda ( Rugi Dan Membahayakan )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel