Mengenal Nama-Nama Bagian Mobil Daihatsu Xenia ( Ekterior, Interior Dan Panel Instrumen )

lksotomotif.com - Daihatsu Xenia merupakan salah satu mobil kelas Medium MPV yang digemari di Indonesia. Ini terlihat dari jumlah penjualannya dari tahun ketahun selalu mencapai peringkat teratas. Dengan demikian, selama kita di Indonesia, kita akan mudah menemukan mobil ini di setiap pelosok daerah.

Banyak alasan mengapa masyarakat Indonesia memilih Daihatsu Xenia sebagai mobil idaman, salah satunya karena fungsinya yang multi purpose dan  after salesnya yang mudah. Berbicara after sales, sebagai pemilik setidaknya memiliki pengetahuan tentang komponen - komponen ataupun bagian - bagian pada mobil Xenia. 

Pengetahuan  ini sangat penting, mengapa ? karena  ketika suatu saat mengalami kerusakan atau masalah pada bagian tersebut maka pemilik mengetahui nama komponen  dan mudah untuk membeli part yang dibutuhkan. Lebih dari itu, dengan mengenal bagian - bagian mobil, maka ini sangat berguna untuk mengetahui fungsi dan cara mengoperasikannya dengan baik sesuai anjuran pabrikan. 

Secara bentuk, mobil Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza memiliki kemiripan yang hampir sama. Ini karena memang keduanya diproduksi dalam 1 line up. Jika Anda pemilik Avanza, panduan dibawah ini juga bisa digunakan.

Mengenal Nama-Nama Bagian Mobil Daihatsu Xenia 

A. Nama - Nama Bagian Exterior Daihatsu Xenia

nama-nama bagian exterior daihatsu xenia

Fungsi bagian - bagian eksterior :

1. Wiper belakang dan depan berfungsi menyapu air pada kaca. Pengemudi dapat mengaktifkan wiper ketika dalam kondisi hujan atau ingin membersihkan kaca.

2. Pintu belakang pada mobil Daihatsu Xenia bekerja dengan cara dibuka keatas. Harap diperhatikan ketika membuka pintu untuk mengangkatnya dengan sedikit bantuan agar terbuka. Pada penggunaan yang sudah lama, kwalitas shock bagasi menurun sehingga ini patut untuk diperhatikan.

3. Hook ( penghubung ) terdapat 2 buah, hook depan berfungsi sebagai pengait ketika mobil ini mogok atau mengalami masalah. Sedangkan hook belakang berfungsi sebagai penarik jika ada mobil yang membutuhkan bantuan.

4. Pengisian bahan bakar dapat dibuka dengan cara menarik handlenya yang terdapat disamping kursi pengemudi. Sedangkan untuk menutupkan harus dengan bantuan tenaga ( tidak otomatis ).

5. Lampu besar pada Daihatsu Xenia terdiri dari lampu kepala ( head lamp ), lampu kota ( lampu kecil ) dan lampu belok ( Sein ).

6. Kap Mesin berfungsi sebagai penutup mesin.Untuk membuka dan menutupnya sangat mudah, namun jika Anda pemilik mobil pemula, bisa kami pastikan Anda akan kebingungan bagaimana cara membukanya. Untuk mengetahui cara membuka kap mobil yang benar, kami telah menuliskan caranya " cara membuka kap mesin ".


B. Nama - Nama Bagian Interior Daihatsu Xenia

nama-nama bagian interior daihatsu xenia

Fungsi bagian - bagian interior :

1. Sun Visor berfungsi sebagai penghalang sinat matahari bagi penumpang depan. Cara menggunakannya pun sangat mudah, hanya perlu menariknya kebawah ketika ingin digunakan dan mendorongnya keatas ketika sudah tidak digunakan.

2. Kaca spion tengah berfungsi untuk melihat kondisi dibagian belakang kabin dan bagian belakang mobil. Ini diprioritaskan untuk hanya digunakan oleh pengemudi.

3. Pengunci pintu ( doorlock ) berada pada semua pintu, namun semuanta dikontrol penuh pada pintu bagian  depan kanan ( bagian pengemudi ).

4. Power Windows adalah mekanisme buka tutup kaca secara elekrtonik menggunakan switch yang terdapat pada semua pintu. Penggunaan power windows bagi anak - anak harus dalam pengawasan penuh. Ini karena sangat berkaitan dengan keselamatan dan keamaan.

5. Sabuk pengaman ( safetu belt ) adalah perangkat keselamatan yang wajib digunakan oleh setiap penumpang. Dengan menggunakan sabuk pengaman, ini dapat mencegah terjadinya benturan antara penumpang dengan komponen pada mobil ketika terjadi kecelakaan.

6. Rem parkir digunakan saat mobil berhenti dalam kondisi lama atau pada posisi kendaraan yang miring. Pengoperasiannta pun sangat mudah, tarik untuk mengoperasikanny dan turunkan dengan cara menekan tombol pengunci secara berbarengan untuk melepaskannya.


C. Nama - Nama Bagian Panel Instrumen Daihatsu Xenia

nama-nama panel instrumen daihatsu xenia
Keterangan Gambar

1.  Glove box berfungsi sebagai laci untuk menyimpan barang dengan berat dan ukuran terbatas.

2. Kontrol AC panelberfungsi sebagai switch pengontrol bekerja AC ( sistem pendingin )

3. Switch wiper dan washer  berfungsi untuk mengaktifkan wifer ( penyapu ) dan washer ( penyiram )

4. Meter kombinasi berfungsi sebagai indikator ( display ) kinerja mesin saat itu, dimana terdapat speedometer, odometer, meter fuel dan lain-lain.

5. Switch multi-kontrol berfungsi untuk mengaktifkan beberapa lampu seperti lampu kepala, lampu belok, lampu kota dan lampu tembak.

6. Switch remote kontrol kaca spion befungsi mengatur sudut spion

7. Tuas transmisi berfungsi memindahkan posisi transmisi ( N, 1,2,3,4,5 dan R )

8. Power outlet berfungsi sebagai sumber daya tegangan yang dapat dimanfaatkan untuk mencharge HP atau keperluan lainnya.

9. Asbak berfungsi sebagai wadah kotoran rokok dan sampah lainnya.

10.Switch lampu hazard berfungsi mengaktikan lampu hazard dengan cara ditekan.

11. Tuas tilt steering berfungsi untuk mengatur sudut steering yang disesuaikan dengan kondisi pengemudi ( pendek atau jangkung ).

12. Switch pengapian atau kunci kontak berfungsi untuk menghidupkan mesin dan mengunci steering sebagai sistem security.

13. Fuse box berfungsi sebagai letak fuse ( sekering ) untuk beberapa komponen kelistrikan mesin.

14.Handel pengunci kap berfungsi sebagai tuas pembuka kap mobil. 


0 Response to "Mengenal Nama-Nama Bagian Mobil Daihatsu Xenia ( Ekterior, Interior Dan Panel Instrumen )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel