Efek Penggantian Regulasi Ukuran Velg 13 Inchi Menjadi 18 Inchi Pada Mobil F1 2022

efek penggantian velg f1 13 inchi ke 18 inchi

lksotomotif.com - F1 telah mengeluarkan regulasi terbaru untuk ajang balapan tahun 2022, adapun perubahan yang sangat mencolok pada aturan tersebut yaitu perubahan ukuran velg. Dari yang semula mobil-mobil jet darat tersebut menggunakan velg ukuran 13 Inchi dan dirubah menjadi ukuran 18 Inchi pada tahun 2022.

Sepertinya hampir semua tim tidak bahagia atas aturan baru tersebut, seperti yang diungkapkan oleh James Allison direktur teknis Mercedes :

Semua hal dianggap sama dengan pelek yang lebih besar, karet profil rendah selalu akan menjadi ban yang lebih buruk daripada jenis ban yang kita miliki pada mobil balap kita saat ini.

Ban jenis balon yang Anda lihat pada mobil kita hari ini dan telah terlihat pada mobil balap selama beberapa dekade adalah solusi yang sangat bagus untuk melaju dengan cepat. Hal ini memungkinkan ban mengirimkan gaya ke jalan dengan sangat efektif, ringan, berfungsi sebagai elemen suspensi yang baik sehingga memberikan kualitas pengendaraan yang baik bagi pengemudi, memungkinkan gaya diambil pada tekanan inflasi yang cukup rendah, yang berarti Anda mendapatkan lebih banyak pegangan, dan sebagainya.

Jadi apa yang harus dilakukan tahun depan ? sebagai permulaan, maka semua tim harus redesign ( mendesain ulang ) sistem suspensi mereka untuk menangai ban dengan profil yang lebih tipis, karena bagian  dinding ban (sidewall) tidak lagi berfungsi sebagai peredam.

Selanjutnya cengkeraman ban ( traksi ) akan turun sedikit yang berarti bahwa ini akan membutuhkan sistem suspensi baru untuk menutupi hilangnya cengkeraman melalui rekayasa  mekanis. Beberapa pendapat mengatakan, tim akan lebih banyak menggandalkan downforece melalui paker aerodinamic yang dirancang untuk menggantikan desain sebelumnya. 

Seperti yang terjadi pada masa lalu, ini biasanya akan menghasilkan lebih banyak turbolensi yag keluar dari belakang mobil. Hal ini pada gilirannya akan membuat mobil sulit untuk perpindahan gigi.

Selain itu, perubahan velg menjadi 18 inci itu berarti lebih berat secara bobot. Efek pemanbahan bobot ini akan mengakibatkan mobil menjadi lebih lambar. Jadi tim harus mencari bagian lain dari mobil untuk menurunkan berat beberapa kilogram entah bagaimana caranya. Walaupun biasanya pada cara ekstrem pengemudi F1 harus rela diet menurunkan berat badannya. 

Jadi pada kesimpulan awal bahwa perubahan ukuran velg yang menjadi besar akan membuat tenaga cengkraman ban menjadi berkurang, tidak akan menikung secepat mungkin karena faktor cengkraman yang lebih rendah. Penambahan efek turbolensi pada bagian belakang dan mobil menjadi lebih berat.

Hampir semua tim memprediksi bahwa mobil mereka akan melambat 2 detik dari yang terjadi pada saat ini. Dan tentunya pada penggemar juga akan kecewa melihat mobil - mobil pavoritnya tidak bisa melewati mobil lain dilintasan.  

0 Response to "Efek Penggantian Regulasi Ukuran Velg 13 Inchi Menjadi 18 Inchi Pada Mobil F1 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel