Rumus Mengecas ( Charge ) Aki, Besarnya Arus Dan Lamanya Pengecasan

lksotomotif.com - Aki atau baterai adalah komponen utama kelistrikan pada kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor. Aki menjadi komponen yang menyimpan tegangan yang nantinya digunakan oleh komponen - komponen kelistrikan tersebut untuk bekerja. 

Sifat reaksi kimia pada aki menyebabkan kwalitasnya menurun, ini adalah sesuatu yang wajar. Karena memang banyak penyebab mengapa baterai dapat menjadi lemah. 

Untuk mengatasi hal ini, maka cara yang paling mudah sebelum memvonis baterai tersebut rusak adalah dengan cara mengecasnya ( charge ). Dengan metode ini, baterai akan melakukan proses kimia penambahan daya yang bersumber dari alat pengecas baterai. 

Hal terpenting yang harus diketahui saat mengecas aki adalah mengetahui berapa jumlah arus yang harus diisikan dan lamanya waktu proses pengisian tersebut. Ini mencegah terjadinya kerusakan yang ditimbulkan dari kelebihan waktu pengisian. 

Untuk menentukan besarnya amper dalam arus pengisian dan menentukan jumlah jam pengisian, dapat digunakan grafik hubungan berat jenis (BJ) elektrolit dengan kapasitas aki.

rumus mengecas aki mobil dan motor

Contoh 1 : 

Aki dengan kapasitas 40Ah dan berat jenis elektrolit menunjukkan 1,8 ( saat diperiksa dengan hydrometer). Dari grafik diatas diketahui bila berat jenis elektrolit menurun sampai 1,8 berarti kapasitas yang telah keluar sebesar 40%.

Dengan demikian 10% inilah yang harus diisi agar aki menjadi penuh kembali, Kapasitas yang dikeluarkan dalam AH=40AH x 40% = 16AH.

Jika waktu pengisian dibatasi sampai 30 menit (0,5 jam ), maka kuat arus yang dibutuhkan untuk pengisian yaitu lebih kurang 10 Amper.

Sedangkan rumus untuk menentukan lamanya waktu pengisian yaitu :

Jumlah Jam = ( kapasitas aki yang telah dikeluarkan : besarnya arus pengisian ) X 1,2 


Contoh 2 :

Aki dengan kapasitas 40AH dan berat jenis menunjukkan angka 1,16. Dari grafik berat jenis dapat diketahui bahwa kapasitas yang telah dikeluarkan sebesar 50% dari kapasitas Aki 40AH. Dengan demikian kapasitas yang telah dikeluarkan dalam AH adalah 

40 x 0,5 = 20 AH.

Besarnya arus pengisian normal 1/10 dari kapasitas Aki tersebut ( besarnya arus pengisian haru 1/10 dari kapasitas aki yang diisi, agar selama pengisian kenaikan temperatur akibat arus listrik kedalam aki tidak merusak sel-sel aki).

Maka :

Besarnya arus pengisian = 1/10 x 40 = 4 Amper.

Lamanya waktu pengisian = (20 AH / 4 A ) x 1,2 = 6 jam. 

Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk menentukan besarnya arus serta lamanya waktu pengecas Aki mobil atau motor. Ini berguna agar dalam proses pengecasan tidak menimbulkan masalah atau kerusakan yang diakibatkan karena kesalahan pengecan aki.

0 Response to "Rumus Mengecas ( Charge ) Aki, Besarnya Arus Dan Lamanya Pengecasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel