Pengertian Slip Pada Roda Kendaraan Dan Cara Mencegahnya

lksotomotif.com - Slip adalah kata - kata yang mungkin sering kalian dengar. Secara harfiah, arti slip adalah terjadinya perbedaan antara yang terjadi dengan pertihungan yang telah ditetapkan sebelumnya. Sering kali kata slip digunakan dengan sesutu yang berkaitan dengan barang dan uang. 

Namun ternyata, slip juga digunakan pada dunia otomotif yang mana ini digunakan untuk mengetahui traksi ( gaya gesek ) pada ban. Slip pada ban mengakibatkan kendaraan menjadi membuang ( ngepot/spin), yang mana ini jika dibiarkan dan pengemudi lalai maka kecelakaan bisa saja menimpanya.

1. Pengertian Slip Pada Roda  Kendaraan

Jika Anda bingung dengan pengertian slip pada ban kendaraan, ini bisa dianalogikan bahwa bahwa ban mengalami tergelincir atau terpeleset. Pada kondisi tersebut, jelas sangat sulit bagi pengemudi untuk mengontrol ataupun mengendalikan kendaraan. Apalagi jika ini terjadi pada kecepatan tinggi, sangat berbahaya.

Ternyata bukan hanya itu saja, slip pada roda juga mengakibatkan kendaraan menjadi lebih boros bahan bakar. Mengapa demikian ? misalkan jika seharusnya 1 liter bahan bakar dapat menempuh jarak 20 Km, dikarenakan ban slip maka jelas jarak tempuh akan menjadi berkurang. 

2. Penyebab Terjadinya Slip Pada Roda Kendaraan

Slip pada roda kendaraan sering terjadi pada kondisi jalan berpasir atau jalan yang basah. Sehingga sebagai pengendara Anda harus benar - benar paham akan medan yang dilewati. Selain itu berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara, juga berdampak akan keselamatan. Secara teori pengertian slip juga tidak terlalu susah untuk dipahami ( bahkan ini sangat mudah ). 

pengertian slip pada roda kendaraan

A : Tahanan pada system rem dengan putaran roda

B : tahanan pada putaran roda dengan jalan


Bila tahanan di A lebih kecil dibanding dengan tahanan di B, maka roda tidak akan slip terhadap jalan sehingga kendaraan masih dapat dikendalikan dengan baik.

Bila tahanan di A lebih besar dibandingkan dengan tahanan di B, maka roda akan terkunci sehingga slip terhadap jalan, akibatnya tidak memungkinkan untuk mengarahkan kendaraan.

SLIP terjadi dikarenakan roda yang sudah berhenti masih terdorong modi kendaraan yang masih meluncur dikarenakan masih memiliki tenaga inersia.

proses terjadinya slip pada kendaraan

A : Kecepatan roda
B : Kecepatan Body Kendaraan

Kecepatan A lebih kecil dari kecepatan B maka akan terjadi slip.
Kecepatan A lebih besar dari kecepatan B maka tidak terjadi Slip

3. Mencegah Terjadinya Slip Pada Roda Kendaraan.

Setelah Anda mengetahui apa itu slip pada roda kendaraan dan faktor resiko yang diakibatkan, maka selanjutnya adalah Anda mengetahui cara mencegah terjadinya slip. 

Pertama , secara teori seperti yang dijelaskan pada gambar pertama diatas bahwa untuk mencegah terjadinya slip kita bisa mengendalikan "A" ( tahanan pada sistem rem ). Jika Anda sudah mengidentifikasi bahwa medan ( jalan ) yang Anda lalui memiliki traksi yang kecil ( licin, berpasir dll ) maka teknik pengereman yang harus Anda lakukan adalah dengan tekanan perlahan. Ini berfungsi agar tahanan pada "B" ( roda ) tetap menjadi yang lebih besar dibanding tahanan pada "A" ( rem ), sehingga ini mencegah terjadinya slip. 

Untuk melakukan ini kami rasa memang sangat sulit, namun pengulangan yang sering Anda lakukan pasti akan lebih mudah untuk mengoperasikan rem dengan baik.

Kedua, masih sama dengan teori dasar diatas bahwa slip tidak akan terjadi jika tahanan pada "B" ( roda ) lebih besar dibanding tahanan pada (A) rem. Jika yang pertama kita mengendalikan "A", maka pada tips yang kedua ini adalah menambah / memperbaiki traksi pada "B". 

Caranya bagiamana ? tentu saja bukan dengan mengendalikan kondisi jalan melaikan menggunakan ban dengan kwalitas yang terbaik. Seperti yang kita ketahui bahwa ban kondisi baik  akan menghasilkan traksi yang besar. 

Dan cara yang yang terakhir adalah dengan mengandalkan teknologi. Mobil -mobil keluaran terbaru telah disematkan beberapa teknologi yang berfungsi mencegah terjadinya slip pada roda, salah satunya adalah Anti Lock Brake System ( ABS).

Apakah traksi pada roda kendaraan dapat dihitung ? tentu saja bisa. Kami telah membahasnya pada artikel sebelumnya yang berjudul " Apa itu slip ratio dan bagaimana menghitungnya". 

Itulah pengertian slip pada roda kendaraan dan cara mencegahnya. Ini pengetahuan penting yang harus diketahui oleh para pengemudi, khusunya pengemudi mobil. Karena memang pada faktanya, kecelakaan yang terjadi diakibatkan oleh kendaraan yang tidak terkendali pada kecepatan tinggi.



0 Response to "Pengertian Slip Pada Roda Kendaraan Dan Cara Mencegahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel