Catat, Ini Perbedaan Spoiler Dan Sayap ( Wing ) Pada Mobil

perbedaan wing dengan spoiler

lksotomotif.com - Spoiler dan sayap ( wing ) mungkin tidak begitu familier oleh banyak pengemudi mobil baru. Spoler mobil biasanya merupakan visualitas untuk mobil - mobil yang menggambarkan kecepatan dan bertenaga. Spoiler adalah fitur bonus pada mobil yang memiliki bentuk mirip seperti sayap. Dan faktanya bahwa sebagian besar pemilik kendaraan tidak bisa membedakan diantara keduanya. Meski terlihat sama, namun mereka berbeda walaupun sama-sama berbagi istilah yang sama.

Sayap ( Wing ) Pada Mobil

Sayap ( wing ) adalah komponen merek dagang aftermaket dari banyak produsen. Pemasangan sayap pada mobil akan berimbas pada tampilan mobil yang menarik, ini bisanya juga dilengkapi dengan pemasangan pada bagian ventilasi dan spatbor. Singkatnya, wing mengambil peran penting akan tampilan sebuah mobil. Namun bukan hanya itu saja, sayap yang dipasang bersamaan dengan elemen bodi kit yang dimodifikasi dengan baik memiliki tujuan Aerodimanika.

Ini dapat dilihat pada mobil - mobil yang melaju kencang pada lintasan balapan, yang mana mobil harus bisa mendorong udara yang datang dari arah depan. Mobil harus menambah kecepatan untuk mengimbangi aliran udra dibagian bawah kendaraan dan bagian atas kendaraan. 

Secara teori, ini adalah prinsip aliran fluida pada hukum Bernoulli. Pesawat terbang memanfaatkan teori ini untuk melakukan lepas landas ( take off ) agar pesawat dapat terangkat dan terbang. Namun dalam kasus mobil, prinsip Bernoulli ini dibuat menjadi terbalik yaitu dengan memasangkan sayap pada bagian belakang mobil. 

donwforce pada mobil


Alih-alih menerbangkan mobil ke atas, sayap dapat menahannya dengan kuat dengan menciptakan gaya turun. Belum lagi, sayap mendorong roda ke tanah, sekaligus meningkatkan traksi. Tekanan downforce ( daya dorong kebawah ) yang dihasilkan sayap lebih besar daripada bobot mobil.

Singkatnya, sayap mobil berfungsi mencegah agar mobil tidak   terbang. Ini menjelaskan mengapa supercar dan mobil balap memiliki sayap. Disisi lain, downforce ( daya dorong kebawah ) yang diciptakan oleh wing menghasilkan tahanan udara yang tinggi ( drag ). 

Perbedaan Antara Spoiler Mobil Dan Sayap Mobil

Sepintas, sayap mobil sangat mirip dengan spoiler mobil. Spoiler mobil  dapat mengubah aliran udara di sekitar kendaraan untuk meningkatkan performa kendaraan. Ini sama dengan sayap mobil. Namun, keduanya sedikit berbeda.

Pabrikan mobil membuat berbagi jenis spoler mobil, mereka merancangnya dengan tujuan mengurangi daya angkat pada bagian belakang kendaraan. Dengan kata lain bahwa spoler mobil yang dirancang dengan baik bertujuan untuk memanjakan aliran udara pada bagian belakang movil. Dampaknya adalah daya angkat pada bagian belakang menjadi berkurang akibat perbedaan tekanan dan turbolensi yang lebih sedikit.

Terlepas dari ukuran , spoiler pada mobil ini dapat mengubah aliran udara yang mengalir di seluruh kendaraan. Bersama dengan pengurangan gaya angkat, spoiler meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi. Tidak seperti sayap, spoiler mobil bahkan dapat mengurangi hambatan udara ( drag ) dan malah bukan menjadi penghambat.

Mana Yang Lebih Baik, Wing atau Spoiler ?

perbedaan spoiler dan sayap pada mobil

Setelah membaca keterangan diatas, kami yakin Anda sudah mengetahui perbedaannya. Jadi pertanyaan selanjutnya adalah mana yang lebih baik, wing atau spoiler ? ini sebenarnya pilihan yang sulit. Spoler jelas lebih halus dibandingkan dengan sayap, ini karena pemasangan sayap perlu dinaikkan diatas bagasi mobil agar benar - benar berfungsi efektif. Disisi lain, spoler biasanya dipasang menempel kokoh pada bibir bagasi. Terkadang spoiler juga dipasang kedalam pada bagian bodywork sesuai kebutuhan sehingga tidak menghalangi pandangan kebelakang.

Meski demikian, fungsi sayap sejati tidak bisa diganti. Spoiler dapat mengarahkan udara dengan tujuan untuk mengurangi daya angkat, sementara sayap mobil menghasilkan gaya yang berlawanan. Mekanisme  ini didasarkan pada aliran udara yang ada. Akibatnya, pemasangan ini menciptakan lebih banyak downforce. Belum lagi spoiler tidak bisa dinaikkan seperti sayap karena keperluan dinamika fluida.

Kesimpulannya, jika Anda berencana membawa mobil Anda untuk pergi ke sirkuit balap, maka pasanglah sayap sebagai ciri khas utamanya. Sedangkan jika Anda hanya ingin membawa kendaraan Anda mengelilingi jalan raya, maka memasang spoler adalah pilihan yang sudah cukup baik. 

0 Response to "Catat, Ini Perbedaan Spoiler Dan Sayap ( Wing ) Pada Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel