Terlihat Sepele, Begini Cara Membuka Tutup Tangki Mobil Yang Benar

lksotomotif.com - Setiap mobil dilengkapi dengan tutup tangki yang terletak pada bagian belakang mobil. Fungsi tutup tangki adalah sebagai penutup tangki agar bahan bakar tidak menguap. Tutup tangki berada dibagian dalam yang ditutupi dengan cover body yang  didesain mengikuti bentuk bodi mobil sehingga estetika bentuknya masih tetap menawan.

Baca Juga : Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki Mobil ( Sebelah Kanan Atau Kiri ) 

Untuk mengisi bahan bakar pada mobil, pengemudi terlebih dahulu harus membuka cover penutup tangki. Pembukaan cover ini umumnya dilakukan oleh pengemudi, sedangkan tutup tangki itu sendiri biasanya dibuka oleh petugas SPBU. Untuk membukanya juga ada caranya, ini berkaitan dengan keselatan berkendara. 

Cara Membuka Tutup Tangki Mobil

1. Tarik Tuas Penutup Tangki

menarik tuas tutup tangki

Tuas penutup tangki biasanya terletak dibagian bawah sebelah kanan kursi pengemudi. Jika terdapat dua tuas, maka pilihlah tuas yang bergambar tangki bahan bakar. Pengoperasiannya juga cukup mudah, tarik keatas dengan tangan dan lihat cover  tangki pada mobil, apakah sudah terbuka atau belum. 


2. Membuka Tutup Tangki


membuka tutup tangki
Setelah cover terbuka, maka selanjutnya adalah membuka tutup tangki. Cara membukanya yaitu dengan memutar kearah kiri ( berlawanan arah jarum jam ). Diawal, biasanya agak keras sehingga mmebutuhkan tenaga yang cukup kuat. Putar hingga tutup tangki terbuka danb bahan bakar dapat dimasukkan. 

mengaitkan tali tutup tangki

Tutup tangki telah dilengkapi dengan tali pengait agar tidak lepas atau jatuh. Setelah tutup tangki terbuka, kaitkanlah tali pengikat tutup tangki seperti pada gambar diatas.

3. Menutup Tutup Tangki 

menutup tutup tangki

Setelah bahan bakar diisi, maka selanjutnya adalah menutup kembali tutup tangkil. Untuk menutupnya pun cukup mudah yaitu putar tutup tangki ke kanan ( searah jarum jam ) hingga Anda mendengar bunyi klik. Dan terakhir adalah menutup cover tutup tangki. 

Nah, itulah cara mudah membuka tutup tangki. Walaupun terlihat mudah, namun ini bisa menjadi masalah jika Anda benar - benar tidak mengetahui cara membuka tutup tangki sebelumnya. 

0 Response to "Terlihat Sepele, Begini Cara Membuka Tutup Tangki Mobil Yang Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel