Gegara Menyiram Rem Mobil Yang Macet, Nyawa Hampir Melayang

bahaya menyiram rem yang macet

lksotomotif.com - Baru - baru ini digrup teknisi mobil Indoensia di gegerkan dengan seorang pengemudi yang mengalami luka serius yang diakibatkan karena kesalahan penanganan rem mobil truk yang macet. Dari beberapa keterangan yang kami peroleh, pengemudi truk tersebut dengan sengaja menyiramkan air ke rem truk yang mengalami rem macet pada salah satu rodanya. 

Diluar pengetahuan dan kesalahan penanganan, ban pada rem yang disiram tersebut meledak dan melukai pengemudi tersebut. Hal ini sangat disesalkan oleh para teknisi karena ini merupakan kerocoban yang semestinya tidak dilakukan. 

Mengapa Rem Yang Macet Tidak Boleh Disiram Dengan Air ? 

bahaya menyiram rem yang panas

Sebelum membahas lebih jauh tentang bahaya tersebut, maka pengetahuan dasar yang harus kita pahami adalah cara kerja rem. Cara kerja rem yaitu mengandalkan gaya gesek antara sepatu rem dengan piringan atau tromol pada roda. 

Gesekan inilah yang menyebabkan putaran roda menjadi lebih lambat atau berhenti ketika pedal rem ditekan ( diinjak ). 

Penggunaan rem yang terlalu sering ( berlebihan ) dengan teknik yang salah akan menyebabkan seringnya terjadi gesekan. Seperti kita ketahui bahwa gesekan yang terjadi adalah antara komponen yang terbuat dari logam ( besi ) dan dari asbes campuran ( sepatu rem ). 

Gesekan yang berlebih ini akan menimbulkan panas pada komponen rem yang mengakibatkan komponen rem memuai ( sesuai hukum fisika ). Pemuaian ini jelas akan mengakibatkan celah rem menjadi lebih sempit dan yang terparah adalah rem mengalami macet. 

Panas berlebih tersebut akan ikut menjalar kesemua bagian - bagian mobil yang berdekatan dengan rem. Salah satunya adalah ban mobil juga akan menjadi lebih panas karena menyerap panas tersebut.

Jika sudah demikian, maka pengemudi harus benar - benar menyadari akan ketidaknormalan tersebut dengan melakukan penanganan yang bertujuan agar rem tidak malah bertambah panas. 

ban meledak akibat disiram air

Pengemudi truk diatas telah lalai dan salah dalam penanganan untuk mengatasi rem yang macet dengan cara menyiramkan air. Kondisi rem dan ban yang telah mengalami kelebihan panas ketika terkena air akan mengalami perubahan suhu yang signifikan. 

Kerusakan kecil yang bisa saja terjadi adalah bentuk rem akan menjadi oleng atau kebalingan ( jika itu rem piringan ) karena perubahan suhu  mendadak yang mengakibatkan material tersebut berubah bentuk. 

Mengapa Pada Truk Tersebut Bannya Meledak ? 

Ini yang tidak terpikirkan sebelumnya dan seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa panas juga akan menjalar ke ban. Ban truk memiliki nilai tekanan yang lebih tinggi dibanding dengan ban mobil kecil lainnya. Jika ban tersebut meledak jelas ini akan sangat berbahaya karena mengeluarkan tekanan yang besar. 

Tekanan yang besar ini tentu akan menyebabkan komponen - komponen  pada bagian ban tersebut akan pecah dan terpental yang mana ini sebenarnya yang paling membahayakan. Jika bannya saja yang meledak ini tidak terlalu berbahaya, sebab hanya udara bertekanan saja yang keluar dan tidak menimbulkan serpihan. 

Cara Mengatasi Rem Macet Yang Diakibatkan Oleh Panas Berlebih

Tidak ada cara yang paling efektif untuk menurunkan panas berlebih pada rem selain dengan mendinginkannya secara alami yaitu dengan cara mendiamkan. Jika Anda mengalami hal ini, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memberhentikan kendaraan di lokasi yang aman. 

Setelah itu coba pegang pelek roda, jika pelek roda sangat panas berarti ada gelajar rem memuai dan jangan pernah menyiramkan cairan apapun pada bagian tersebut. 

0 Response to "Gegara Menyiram Rem Mobil Yang Macet, Nyawa Hampir Melayang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel