Pemeriksaan Dan Penyetelan Gigi Kemudi Model Cacing

lksotomotif - Untuk mengarahkan jalannya kendaraan, maka pada setiap mobil dilengkapi dengan sisten kemudi. Fungsi sitem kemudi adalah untuk menggerakkan roda bagian depan sesuai dengan keinginan pengemudi dengan memutarkan stir ( roda kemudi ).

Salah satu jenis sistem kemudi yang digunakan pada mobil yaitu model cacing. Seiring dengan waktu pemakaian yang lama, sistem kemudi jenis cacing akan mengalami penurunan kwalitas. Oleh sebab itu harus dilakukan pemeriksaan dan penyetelan agar tidak menimbulkan kerusakan.

Adapun langkah - langkah pemeriksaan dan penyetelan gigi kemudi model cacing yaitu sebagai berikut :

1. Pemeriksaan batas permukaan oli


  • Buka baut pada lubang pengisi oli.
  • Periksa batas permukaannya dengan batang pengukur, (dapat dengan kawat  atau batang kecil lainnya).
  • Jika terlalu rendah, tambahkan loli. gunakan oli mesin atau oli transmisi.
  • Jika permukaan oli terlalu tinggi, kurangi oli dengan menggunakan karet pengisap (pipet).
Pemeriksaan batas permukaan oli

2. Pemeriksaan dan penyetelan gigi kemudi

  • Angkat kendaran, sehingga roda depan bebas dari lantai, dan luruskan posisi roda depan.
  • Periksa kebebasan gigi kemudi, dengan cara menggerak-gerakkan roda kemudi ke kiri dan ke kanan sambil memperhatikan lengan pitmen mulai bergerak.
  • Jika ada kebebasan, stel pada baut penyetelnya.
Pemeriksaan dan penyetelan gigi kemudi
Jika penyetelan dilaksanakan pada posisi roda yang tidak lurus (belok ke kiri atau ke kanan), maka hasil penyetelannya tidak akurat. Karena pada saat roda tidak lurus, kebebasan gigi kemudinya adalah yang paling besar. 

Jika  penyetelan dilakukan pada posisi tersebut, maka pada pada posisi roda lurus, kebebasan
kemudinya hilang, gigi kemudi menjadi rapat dan gerakan kemudi menjadi berat. 


3. Pemeriksaan Sambungan Kemudi 

Selain melakukan pemeriksaan dan penyetelan kemudinya, maka hal lain yang patut harus kita lakukan pemeriksaan juga yaitu sambungan - sambungan sistem kemudinya. Pemeriksaan ini meliputi kondisi joint dan pelumasannya. 
Pemeriksaan Sambungan Kemudi
  • Jika terdapat gerak bebas pada roda kemudi, kondisi sambungan kemudi perlu dikontrol. Sebelum mobil terangkat, suruh seseorang untuk menggerakkan roda kemudi dan perhatikan kelonggaran pada joint-joint sambungan kemudi. Joint yang longgar harus diganti.
  • Angkat mobil dan periksa pemasangan pen pengunci pada joint-joint, pengerasan klem tie-rod dan batang lain pada sambungan kemudi.
  • Pada gigi kemudi jenis rak, karet penutupnya harus diperiksa. Jika robek, harus diganti dengan segera, supaya air dan kotoran tidak masuk dan merusakkan gigi.
pemeriksaan karet power steering

Sambungan kemudi dilumasi setiap  10.000 km, kalau diperlengkapi dengan nipel-nipel pada tumpuan lengan idler (A). Lihat gambar! Penambahan vet melalui nipel dinilai cukup, jika karet penutup joint mulai mengembang. Nipel yang tersumbat harus diganti dan vet yang jatuh kelantai
harap dibersihkan dengan segera.

0 Response to "Pemeriksaan Dan Penyetelan Gigi Kemudi Model Cacing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel