Cara Mencuci Ruang Mesin Tanpa Siram Air ( Waterless Wash ), Dijamin Kinclong

cara mudah membersihkan ruang mesin tanpa siram air


Memiliki mobil dengan kondisi bersih adalah sebuah kebanggan bagi para pemilik. Selain nyaman dipakai, mobil yang selalu terlihat bersih juga sebagai penanda bahwa sang pemilik memang benar - benar merawat mobilnya dan seorang pembersih.

Sebagian besar pemilik mobil mungkin saat ini masih mementingkan tampilan luar mobil seperti membersihkan bagian bodi dan bagian luar kendaraan yang mudah dilihat orang. Namun bagi mereka yang benar - benar mencintai dan merawat kendaraannya, pasti akan membersihkan semua kotoran yang menempel pada semua komponen kendaraan, termasuk salah satunya adalah ruang mesin.

Memang tidak mudah untuk membersihkan ruang mesin, ini karena faktor resiko yang harus diperhatikan. Seperti yang kita ketahui bahwa didalam ruang mesin terdapat sistem kelistrikan mesin yang rentan akan masalah jika terkena air.

Namun demikian bukan berarti ruang mesin dan mesin tidak dapat dibersihkan dengan air. Ada satu cara yang harus Anda coba untuk membersihkan ruang mesin dengan metode tanpa siram air ( waterless Wash ).

Seperti yang kami kutip dari Andy Hendarto seorang pengguna Toyota Fotuner, membagikan tips Sharing cuci ruang mesin tanpa siram air ( waterless wash ) untuk mesin bensin.

Cara Mencuci Ruang Mesin Tanpa Siram Air (Waterless   Wash )

Tujuannya dari dilakukan teknik pencucian ini adalah demi menjaga sistem pengapian dan kelistrikan area mesin ( mesin bensin ).

Mobil yang dibersihkan yaitu Honda  tahun 2008, yang mana jarak tempuh total ( odo meter ) sudah hampir 100.000 Km dengan kondisi ruang mesin yang sangat jarang dibersihkan.

Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan 


  • Degreaser water based
  • Kuas 
  • Botol semprot
  • Ember air
  • Lap Kanebo
Cairan Degreaser
Cairan Degreaser

Langkah Kerja 

  • Degreaser water based dicampur air dengan rasio perbandingan 1 : 6 - 10 dan masukkan ke botol semprot
  • Semprotkan larutan degreaser ke kuas dan usap-usapkan pada bagian yang hendak dibersihkan ( yang kotor )
  • Bilas kuas yang sudah digunakan sebelumnya menggunakan air dan usapkan kembali kuas yang masih ada air tadi ke area yang diberi degreaser tadi ( pembilasan )
  • Setelah semua selesai, lap dengan kanebo yang sudah dibasahi oleh air
larutan air dan degreaser

residu yang terangkat dari kotoran mesin

memberishkan mesin


Catatan :

Segera bilas tangan dengan air bersih apabila terkena cairan degreaser. Cairan degreaser sangat kuat untuk melarutkan lemak - lemak dipermukaan kulit kita. 



Dan hasilnya Anda bisa lihat pada gambar diatas. Anda tidak perlu repot - repot untuk membersihkannya ke salon mobil. Cukup luangkan sedikit waktu dan beli beberapa bahan yang kami sebutkan diatas.. 

0 Response to "Cara Mencuci Ruang Mesin Tanpa Siram Air ( Waterless Wash ), Dijamin Kinclong"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel