Cara Melepas, Merawat Dan Memeriksa Baterai Mobil Calya / Sigra

Baterai adalah komponen inti pada sistem kelistrikan mobil. Dengan adanya baterai maka semua komponen pada sistem kelistrikan kendaraan akan dapat dijalankan sesuai dengan fungsinya masing - masing. Ini karena fungsi baterai sebagai sumber tegangan listrik dan penyimpan listrik pada sistem pengisian.

Baterai sering kali mengalami masalah,  dan yang umum terjadi adalah pengurangan tegangan yang dapat mengakibatkan mesin sulit distater. Jika demikian ini sangat merepotkan pemilik karena harus berulang - ulang untuk menghidupkan mesinnya.

Terjadinya drop tegangan pada baterai diperngaruhi banyak hal seperti kurangnya perawatan oleh sang pemilik, terjadi kerusakan pada sistem pengisian dan karena memang masa pakai baterai yang sudah habis dengan pemakaian rata - rata 2 tahun.

Jika mobil Anda mengalami masalah seperti diatas tidak ada salahnya untuk memaksimalkan kembali fungsi baterai dengan melakukan perawatan dan pemeriksaan.

Dibengkel kami mempunyai mobil Sigra dan kami mencoba untuk mempraktekkan bagaimana cara melepas, merawat dan memeriksa baterainya. Secara bentuk, Toyota Sigra adalah satu line up dengan Daihatsu Calya. Sehingga pada tutorial ini berlaku untuk kedua jenis merek mobil.

Cara Melepas Baterai Mobil Calya / Sigra


cara melepas baterai mobil

1. Siapkan kunci 10 ( kunci ring atau kunci pas )
2. Lepas cover penutup lubang baterai
3. Lepas terlebih dahulu terminal negatif ( - ) baterai lalu lanjutkan dengan melepas terminal positif ( + )
4. Masih dengan kunci 10, kendorkan mur pengikat baterai dan lepaskan
5. Angkat baterai dengan hati - hati dan keluarkan dari ruang mesin.


Merawat Baterai Mobil Calya / Sigra

Setelah baterai terlepas dan Anda memindahkannya ke tempat yang rata maka selanjutnya adalah melakukan perawatan. Perawatan yang kami contohkan disini adalah yang paling mudah dan kami yakin ini bisa dilakukan oleh semua orang. 

cara membersihkan kerak pada terminal baterai

Perawatan yang paling mudah  adalah membersihkan terminal baterai dari kerak - kerak yang menempel. Cara membersihkannya pun terbilang sangat simple, cukup siramkan air panas yang masih mendidih langsung ke kedua terminal ( terminal positif dan negatif ).

Pastikan kerak - kerak yang menempel pada terminal semuanya ambrol. Jika sudah, bersihkan dan keringkan baterai dengan kain lap atau disemprot dengan angin bertekanan rendah. 


Memeriksa Baterai Mobil Calya / Sigra

Setelah Anda melakukan perawatan maka hal terakhir yang dilakukan adalah memeriksa kondisi baterai. Pemeriksaan ini memang terbilang cukup repot, karena harus memerlukan beberapa alat seperti hidrometer dan Avo meter.  

Namun demikian, pemeriksaaan paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah pemeriksaan bentuk fisik baterai apakah mengalami masalah. 


1. Pemeriksaaan Berat Jenis Baterai

memeriksa berat jenis air baterai

Dengan menggunakan hidrometer, ukurlah berat jenis air baterai. Berat jenis air baterai yang baik yaitu pada kisaran nominal 1,25 - 1, 27. 

2. Pemeriksaan Tegangan Baterai


Dengan menggunakan Volt Meter, ukuralah tegangan baterai. Tegangan yang baik berada pada kisaran 12 Volt. 


3. Pemeriksaan Fisik Baterai

memeriksa bentuk dan level air baterai

Nah, ini pemeriksaan yang paling mudah, cara memeriksanya pun cukup visual saja tidak membutuhkan alat. Perhatikan dengan baik - baik seluruh area baterai apakah mengalami masalah seperti retak, pecah atau kembung. Jika terjadi salah satu nya maka baterai dalam kondisi tidak baik. 


4. Pemeriksaan Tinggi Air Baterai


Selain pada poin yang ke 3, pada poin yang ke 4 ini juga mudah untuk dilakukan. Lihatlah tinggi air baterai. Batas maksimal air baterai yaitu pada garis UPPER, sedangkan batas terendah air baterai yaitu garis LOWER. 

Jika air baterai kepeuhan maka kurangilah dengan cara dibuang pelan - pelan. Sebaliknya jika air baterai kurang maka tambahlah dengan air baterai botol yang warna biru. 


Jika baterai mobil Anda mengalami ciri - ciri soak maka segeralah lakukan hal - hal yang sudah kami jelaskan diatas. Begitu juga tidak ada salahnya melakukan perawatan diatas  sebelum memilih untuk mengganti baterai yang baru.

0 Response to "Cara Melepas, Merawat Dan Memeriksa Baterai Mobil Calya / Sigra"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )