Cara Menghilangkan Tar ( Aspal ) Yang Menempel Di Bagian Mobil

cara menghilangkan tar aspal pada bodi mobil

Tar merupakan bahan campuran yang digunakan untuk membuat aspal. Tar diperoleh dari hasil pengolahan bahan tambang batu bara. Ketika Anda berkendara di lokasi jalan yang baru dilakukan pengaspalan, tar mudah sekali menabrak dan menempel pada bagian depan mobil Anda seperti pada kaca depan, lampu kepala atau bumber. Tar yang menempel semakian lama dibiarkan akan semakin sulit dihilangkan.

Namun begitu, Anda tidak perlu khawatir yang berlebihan akan efek yang ditimbulkan seperti merusak cat atau mengakibatkan pemukaan logam menjadi berkarat. Karena ternyata menghilangkan tar yang menempel pada bagian mobil ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

Sifat tar yang lengket serta tidak meleleh di cuaca panas yang ektrim inilah yang menjadi alasan mengapa digunakan sebagai bahan campuran pembuat aspal.

Untuk mengindentifikasi dan memastikan bahwa yang menempel di bagian mobil Anda adalah tar cara dengan melihat strukturnya yang keras dibandingkan dengan jenis kotoran lainnya.


Apa Yang harus Dilakukan Untuk Menghilangkan Tar Dari Mobil Anda ?

kain microfiber
Kain Microfiber
Para ahli menyarankan jika mobil Anda terkena tar, maka segeralah lakukan tindakan sebelum tar benar - benar lengket dan membuatnya sulit untuk dihilangkan.

Adapun bahan - bahan yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan tar adalah sebagai berikut :


  1. Kain microfiber
  2. Pelarut Penghilang Tar atau produk rumah tangga (Minyak Tanah, mentega, Bensin)
  3. Shampo mobil
  4. Ember
  5. Air hangat


Berikut langkah - langkahnya :


  • Anda dapat menghilangkan tar dari mobil Anda menggunakan produk rumah tangga seperti WD-40, minyak tanah, dan mentega. Produk-produk ini dapat melembutkan tar, khusus untuk mentega, Anda tidak bisa menggunakan yang jenis batangan. Sebaliknya, Anda harus melelehkan mentega dalam bentuk minyak sebelum digunakan.
  • Setelah Anda memutuskan produk mana yang akan digunakan,  oleskan pada bagian yang terkena tar. Pastikan Anda menggosok secara menyeluruh menggunakan kain mikrofiber, tetapi ini harus dilakukan dengan hemat. Biarkan bahan tersebut menempel lama  di tar selama beberapa menit untuk melunakkannya. 
  • Setelah beberapa menit, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Cuci tar dengan sampo mobil dan air  dan periksa apakah masih ada tar yang tersisa. Jika mobil Anda kembali ke keadaan bersih, Anda perlu memastikan semua bekas  produk yang digunakan tidak tertinggal. Jika minyak tanah dalam jumlah berlebih digunakan, permukaan mobil mungkin menjadi berminyak, dan seluruh mobil mungkin mulai berbau produk. Karenanya, Anda harus menggunakan kedua produk dengan tepat. 


Jika ternyata ketika Anda tidak berhasil menggunakan bahan - bahan rumah tangga untuk menghilangkan tar, maka Anda perlu mencobanya beberapa kali. Namun jika tetap tidak berhasil juga, Anda perlu sedikit berinvestasi membeli cairan khusus pembersih tar yang dijual di toko. Jika Anda sudah menemukan produk tersebut, ikutilah langkah - langkah proses menghilangkan dengan produk tersebut.


  • Oleskan pelarut tersebut tepat berada diaerah yang terkena tar, beberapa pelatur mengharuskan Anda untuk menunggu beberapa menit agar tar dapat melunak
  • Setelah Anda melihat tar melunak, ambillah kain microfiber. Untuk melakukannya gunakan teknik memutar dan ketika satu sisi kain sudah kotor gantilah dengan sisi yang bersih. Karena tar yang terkumpul pada kain tersebut justru dapat merusak cat.
  • Setelah dipastikan tar sudah bersih maka selanjutnya cucilah bagian tersebut dengan air hangat karena ini dipercaya dapat menghilangkan partikel tar secara keseluruhan. 

Hal - hal yang perlu diperhatikan 


Ketika sebagian orang memilih untuk menghilangkan tar menggunakan minyak bumi ( minyak tanah ) ini dapat melunakkan tar dan tar akan bisa terangkat. Namun keseringan menggunakan minyak bumi dapat merusak kwalitas cat mobil.

Begitu juga ketika Anda memilih menghilangkan tar menggunakan WD-40, pastikan semprotan cairan tersebut jauh dari kaca depan dan semprotkan dalam jumlah yang tepat ( jangan terlalu banyak ).

Jika Anda tidak memiliki kain microfiber, gunakanlah kain yang lebut. Jangan gunakan kain yang bersifat abrasive, karena ini dapat menggores cat.

Dan yang terakhir, janganlah Anda mencoba - coba menghapus tar dengan cairan penghapus cat kuku. Karena itu sama sekali tidak bermanfaat.

0 Response to "Cara Menghilangkan Tar ( Aspal ) Yang Menempel Di Bagian Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel