Cara Mengganti Elemen Saringan Oli Mesin Mobil


Mengganti Elemen Saringan Oli - Oli adalah bahan penting yang berfungsi sebagai pelumas mesin. Dengan adanya oli maka mesin akan bekerja secara maksimal karena setiap komponen mendapatkan pelumasan yang cukup sehingga tidak terjadi hambatan.

Pemakaian oli yang sudah terlalu lama akan mengakibatkan kwalitas oli menjadi buruk, salah satunya adalah banyaknya kotoran yang sudah bercampur dengan oli. Oli pada mesin akan selalu disaring oleh oil filter ( saringan oli ) saat mesin berputar dengan cara disirkulasikan.

Untuk beberapa jenis kendaraan, saringan oli didesain dapat dibersihkan dan hanya diganti elemennya saja, sehingga secara pemakaian ini akan lebih lama dibanding dengan saringan oli yang hanya 1 kali pakai.

Jenis saringan oli seperti ini dapat dirawat dengan cara membersihkannya rutin dalam interval tertentu agar tidak terjadi penumpukan kotoran pada saringannya. Komponen penting yang dibersihkan pada saringan oli adalah elemennya.

Umumnya, oli pada mesin bensin diganti setiap interval perjalanan 10.000 Km, sedangkan pada mesin diesel diganti pada interval perjalanan 5.000 Km.

Cara Memngganti  Elemen Saringan Oli

Ingat ya, cara ini hanya digunakan untuk jenis saringan oli yang model dapat dibongkar ( dilepas ) dan dipasang kembali dengan membersihkan bagian dalamnya. 

1. Lepas Baut Pusat Pengunci Rumah Saringan Oli


Dengan menggunakan kunci dan ukuran yang tepat, kendorkan baut pengikat rumah saringan oli. Jika terasa keras karena lengket, pukul dengan pelan menggunakan palu plastik. 


2. Bersihkan Rumah Dan Elemen Saringan Oli


membersihkan rumah saringan oli
Setelah baut pengunci terlepas, selanjutnya yaitu bongkar dan bersihkan rumah saringan oli menggunakan bensin yang bersih. Setelah itu gantilah elemen saringan oli dan sealnya. Penggantian elemen saringan oli dilakukan pada interval 20.000 Km. 

3. Pemasangan Pegas Tidak Boleh Terbalik

Bersihkan Rumah Dan Elemen Saringan Oli

Hal penting yang harus diperhatikan saat merakit saringan oli adalah posisi pegas jangan sampai terbalik. Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa pegas yang dipasang terbalik dapat mengakibatkan oli tidak melewati elemen ( tidak tersaring ). Jadi, Anda harus benar - benar memperhatikan hal ini. 


4. Proses Pemasangan


Setelah rumah saringan oli dibersihkan dan elemennya diganti dengan yang baru, maka selanjutnya psang kembali saringan oli. Saat melakukan pemasangan, putar terlebih dahulu menggunakan tangan dan pastikan ulir baut tidak terasa berat. Jika ini terjadi, biasanya diakibatkan ulir baut miring. 


5. Hidupkan Mesin

Ini adalah proses terakhir setelah semua sudah terpasang dengan baik. Hidupkan mesin 5 hingga 10 menit dan perhatikan apakah ada kebocoran oli yang terjadi pada komponen yang dibongkar sebelumnya. 


Itulah langkah - langkah mengganti elemen saringan oli pada mesin mobil. Jenis saringan ini banyak digunakan untuk kendaraan - kendaran besar seperti truck. Sedangkan pada mobil - mobil kecil, jenis saringan oli yang digunakan adalah yang 1 kali pakai.

0 Response to "Cara Mengganti Elemen Saringan Oli Mesin Mobil "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel