Pemilik Mobil Wajib Tahu, Cara Menyimpan Ban Mobil Yang Benar Agar Ban Tidak Mudah Rusak

Bagi sebagian pemilik mobil biasanya mereka mempunyai ban cadangan. Ban cadangan ini biasanya berjumlah 1 set ( 4 buah ) atau hanya 2 buah.  Saat ban cadangan ini disimpan dirumah, maka harus disimpan dengan benar.

Menyimpan ban mobil adalah perkara yang mudah dan kami yakin Anda bisa melakukannya dengan baik. Walaupun mudah, namun ternyata proses penyimpanan ban mobil juga ada aturannya. Ini berguna untuk pemakaian kembali ban yang kita simpan yang dikemudian hari akan kita gunakan kembali.  Ban mobil yang disimpan dengan baik dan benar sesuai anjuran pabrik bisa dipakai hingga lima tahun.

Metode penyimpanan ban mobil yang salah akan berdampak negatif terhadap tampilan luarnya dan berpengaruh terhadap fungsi ban kedepannya. 

Berikut ini adalah cara sederhanan menyimpan ban mobil yang benar sesuai anjuran pabrik.

A. Persiapan Sebelum Menyimpan Ban Mobil


  1. Sebelum melepas ban dari mobil, tandai setiap ban di mana ban sebelumya terpasang
  2. Menandai ban dapat  memperpanjang usia ban dengan merotasi  ban depan dan ban belakang ketika Anda menggunakan ban lagi tahun berikutnya
  3. Cuci roda dan ban secara menyeluruh dengan air. Setelah pembersihan selesai, keringkan agar ban tetap terjaga kualitasnya
  4. Bersihkan debu, batu dan kotoran yang menempel  pada alur ban
  5. Ban Simpan di tempat yang sejuk yang terhindar dari  sinar matahari langsung 
  6. Jangan menyimpan ban di dekat / sebelah bahan bakar bensin, minyak, atau zat kimia lainnya.

B. Proses Penyimpanan Ban Mobil


1. Menyimpan Ban Mobil Yang Masih Terpasang Velg


Ketika ban mobil yang masih terpasang velg dan akan Anda simpan, maka penyimpanan yang dianjurkan oleh pabrikan adalah digantung satu persatu ban dengan tali terikat pada bagian ujung velg, metode ini bisa Anda gunakan jika memiliki ruangan yang besar. Cara selanjutnya yang bisa anda terapkan adalah dengan menumpuk ban dengan tumpukan maksimal ban 10 buah.  Ini lebih sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Sebaliknya, cara penyimpanan ban yang salah yang masih menggunakan velg adalah disusun sejajar tegak lurus. Cara ini tidak diperkenankan karena beban velg yang masih tepasang akan tertumpun pada ban sehingga berpengaruh negatif terhadap ban.

Adapun tekanan angin yang direkomendasikan yaitu 44 Psi atau 3,0 Kg. Ini berguna agar bentuk ban tetap dalam kondisi terbaiknya.


2. Menyimpan Ban Mobil ( Tanpa Velg )



Adapun anjuran dari pabrikan cara menyimpan ban yang sudah telepas velgnya adalah dengan disusun berdiri secara sejajar. Tidak diperkenankan menyusun ban ditumpuk dan digantung.

Nah itulah tips bagaimanan cara menyimpan ban yang baik dan benar sesuai anjuran pabrik. Proses penyimpanan ban ini berlaku untuk semua jenis ban.

0 Response to "Pemilik Mobil Wajib Tahu, Cara Menyimpan Ban Mobil Yang Benar Agar Ban Tidak Mudah Rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel