Mengenal Teknologi Dynamic All Wheel Steering System Pada Mobil - Mobil Modern

teknologi all wheel steering dan cara kerjanya serta keuntungannya


Mekanisme sistem kemudi pada kendaraan berfungsi untuk mengarakan kendaraan yang dilakukan oleh pengemudi. Mengoperasikan sistem kemudi caranya mudah, cukup dengan memutar roda kemudi kenan atau kekiri sesuai dengan kondisi perjalanan.

Dengan adanya sistem kemudi, mobil bisa diarahkan kemana saja oleh pengemudi sesuai keinginan. Selain itu, sistem ini juga mempertahankan agar mobil terus berjalan lurus ketika roda kemudi tidak diputar.

A. Mengenal All Wheel Steering System


Umunya, sistem kemudi hanya berfungsi menggerakkan dua roda depan saja. Namun tahukah Anda, perkembangan sistem kemudi sudah berinovasi sejak lama. Dan saat ini sudah ada sistem kemudi empat roda / semua roda yang bernama All Wheel Steering System. Sistem ini telah banyak disematkan pada mobil - mobil mewah terutama mobil sedan.


Lantas apa perbedaannya dengan sistem kemudi yang hanya menggerakkan dua roda depan saja ? All wheel steering system bekerja secara dinamis yang selalu mengikuti sudut putar kemudi dimana ini akan meningkatkan stabilitas berkendara. Pada saat mobil berkecepatan rendah dan menikung pada arah yang sempit, roda belakang akan bergerak kearah luar ( in phase steering ).

Berbeda saat kendaraan dibawah berlari kencang diatas 40 Km/jam, roda belakang akan bergerak searah dengan sudut roda depan ( counter phase steering). Dimana ini akan sangat memudahkan pengemudi, bahkan saat dibawah manuver pun sistem ini sangat stabil dan menjadikan modil mudah bergerak lincah.

B. Komponen Pada All Wheel Steering System

Dalam bekerjanya, all wheel steering system terdiri dari 3 komponen, yaitu :


  1. Electromechanical front axle steering
  2. Active superposition steering
  3. Electromechanical rear axle steering

Sistem kemudi pada semua roda terdiri dari dua sistem kemudi yang berteknologi tinggi dengan mekanisme kerja yang berbeda. Pada roda depan mengandalkan steering dengan mekanisme rack and pinion  yang dibantu dengan motor listrik.

Sedangkan pada bagian belakang mengandalkan hidrolik piston yang berfungsi mendorong dan menarik tie rod roda belakang. Aktuator hidrolik piston adalah satu satu mekanisme yang digunakan, dimana sebenarnya masih ada beberapa mekanisme lain seperti electric linier actuator dan rear steering and rack pionion.

Pada kecepatan rendah, roda belakang berbelok sekitar lima derajat terhadap arah roda kemudi. Ini akan mengurangi sudut turning radius sekitar 1 meter.

Pada kecepatan sedang dan tinggi, all wheel steering system  mengubah sudut roda belakang hingga dua derajat ke arah kemudi, ini meningkatkan stabilitas. Sistem menyesuaikan rasio kemudi secara optimal dengan kondisi  mengemudi. Ini menyesuaikan rasio di kisaran 9,5 hingga 17. Pada permukaan yang licin, sistem kembali menstabilkan kendaraan dengan memanipulasi kemudi di gandar depan dan belakang.


C. Keuntungan  All Wheel Steering System

Ada banyak keuntungan dari sistem kemudi all wheel steering ini. Berikut ini adalah keuntungan menggunakan mekanisme ini di kendaraan.



  1. Stabilitas kemudi lebih besar dalam arah yang sama. Ketika kendaraan berjalan dalam garis lurus, kemudi semua roda memberikan stabilitas dan kemantapan yang lebih besar.
  2. Umpan balik kemudi yang dioptimalkan, dimana  mekanisme all wheel steering  memungkinkan variasi permukaan jalan yang nyata pada roda kemudi. Jadi, pengemudi bisa merasakan permukaan jalan dengan lebih baik.
  3. Respons kemudi cepat & tajam, sistem ini memberikan respons kemudi tajam kepada pengemudi. Hal ini memungkinkan pengemudi untuk dengan cepat menjauhi rintangan tanpa kehilangan kendali atas kendaraan.
  4. Mengurangi radius putar kendaraan ( turning radius ) setidaknya berkurang satu meter
  5. Memarkirkan kendraan pada ruang yang sempit akan lebih mudah, ini sangat berguna di kota - kota besar yang padat penduduk

pada kesimpulannya, all wheel steering system adalah mekanisme sistem kemudi canggih yang bisa diterapkan pada semua mobil. Saat ini mungkin belum begitu masif digunakan, namun kedepan teknologi ini pasti akan dipasang pada semua segmen kendaraan.

0 Response to "Mengenal Teknologi Dynamic All Wheel Steering System Pada Mobil - Mobil Modern"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel