Mengenal RaceChip, Tuning Box Instan Untuk Menaikkan Tenaga Mesin

mengenal fungsi racechip tuning box


Bagi sebagian pemilik mobil, tenaga mesin standar dirasa kurang maksimal untuk menyalurkan keinginannya kebut-kebutan dijalan atau setidaknya bisa memuaskan rasa kecepatan mobil yang diinginkan.

Salah satu caranya adalah menaikkan tenaga mobil sesuai yang diinginkan. Untuk menaikkan semburan tenaga mesin ada beragam cara yang bisa dipilih oleh para pemilik kendaraan. Mulai dari metode yang paling kopleks dengan pengeluaran biaya yang besar atau hanya modal sesuai isi kantong tetapi mudah dan simple prosesnya.

Metode paling komplek yang mungkin bisa dipilih adalah dengan mengganti atau memodifikasi beberapa komponen mesin. Ini tentunya harus dibayar dengan biaya yang mahal dan proses pengerjaannya yang terbilang lama. Jelas, cara ini sangat beresiko karena kedepan jika pemilik ingin mengembalikan kondisi mesin seperti standar pasti akan mengeluarkan kocek yang tidak sedikit. Selain itu, bayang - bayang hangusnya garansi mesin sudah pasti ada didepan mata.

Bagi Anda  yang tidak mau repot serta  dana yang pas-pasan  untuk  menaikkan tenaga mesin  maka memasang tuning box RaceChip adalah jawabannya.

A. Mengenal RaceChip



Dari sejarahnya, RaceChip adalah tuning Box asal jerman yang diciptakan oleh Manuel Götz pada tahun 2008. Brand Aftermaekt ini berfokus pada pengembangan tuning box untuk mesin bensin turbo modern dan mesin diesel commonrail turbo.

Keunggulan RaceChip ini dibanding dengan remapping ECU adalah pemasangannya yang mudah. Sehingga ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan menaikkan tenaga mesin secara instan. Pemasangannya pun terbilang sangat mudah, tinggal plug and play serta tidak ada modifikasi sistem pada sistem kelistrikan mesin.
pemasangan racechip mesin bensin turbo
Pemasangan racechip mesin bensin turbo

pemasangan racechip mesin diesel  turbo commonrail
Pemasangan racechip mesin diesel  turbo commonrail

Jelas, cara ini tidak begitu berisko dibanding dengan remapping ECU yang sering kali harus membongkar dan merubah data pada ECU itu sendiri. Secara keamanan, maka RaceChip lebih aman bagi mesin.  RaceChip diklaim bisa menaikkan tenaga mesin sekitar 20 % sampai 30 %.


B. Cara Kerja RaceChip

ECU pada mobil standar di seting oleh pabrikan dengan limiter tertentu, tujuannya sebagai keselamatan berkendara. Sebab perhitungan limiter itu merupakan batas aman kondisi mobil dan pengemudi dalam  mengontrol mobil.

cara kerja racechip tuning box

Limiter pada ECU inilah yang menjadi sasaran kerja oleh RaceChip untuk dibuka sehingga mesin bekerja lebih maksimal namun tetap dalam batas aman.

Tuning box RaceChip akan memanipulasi data parameter dari dan ke ECU mesin sesuai "parameter" yang sudah tertanam pada RaceChip. Parameter ini didapat berdasarkan riset RaceChip sesuai spesifikasi mesin sekaligus kondisi di negara tersebut. Selain itu, RaceChip juga dibatasi secara kemampuan agar tidak melewati batas “safe mode” yang mengakibatkan  lampu check enggine menyala.

1. Pada Mesin Bensin Turbo

RaceChip yang dipasang pada mesin bensin turbo modern akan berfokus pada pengaturan boost turbocharge. RaceChip akan mengatur debit udara yang masuk secara maksimal namun masih dalam batas aman.


2. Pada Mesin Diesel Turbo

Untuk mesin diesel, RaceChip akan akan mengatur  debit solar (suplai bahan bakar) dan boost turbocharger untuk mesin diesel commonrail yang lebih mutakhir. Contoh di Toyota Kijang Innova, mesin diesel 2GD-FTV yang semula bertenaga 149 hp naik menjadi 181hp. Torsninya pun naik menjadi 477 dengan peak power yang telah di seting pada RPM 2.000 - 3.000 RPM. Rentang RPM ini dibuat karena lebih sering tercapai dalam kondisi perjalanan sehari - hari. 


C. Jenis - Jenis RaceChip

Tuning box RaceChip tersedia dalam 4 pilihan produk, yaitu


1. RaceChip S 

Memiliki 5 tuning, kenaikkan tenaga dan torsi hingga 20% . Bukan hanya itu,  pemakaian  bahan bakarnya lebih efisien mencapai 10 %. Harga sekitar 3 jutaan.

2. RaceChip RS

Memiliki 6 tuning, kenaikan tenaga dan torsi mencapai 25% atau lebih, ini termasuk garansi mesin selama 1 tahun. Pemakaian  bahan bakarnya lebih efisien mencapai 15 %. Dengan opsional aplikasi tuning pada smartphone. Harga sekitar 4,5 jutaan.

3. RaceChip GTS

RaceChip GTS memiliki 2 versi yaitu versi standar dan RaceChip  Black full performance dengan level pemakaian pada mobil - mobil supercar. Memiliki 7 tuning , kenaikkan tenaga dan torsi mencapai 30 % atau lebih, ini termasuk garansi mesin selama 1 tahun. Pemakaian  bahan bakarnya lebih efisien mencapai 15 %. Dengan opsional aplikasi tuning pada smartphone.

Harga RacChip GTS standar sekitar 9 jutaan, sedangkan untuk yang GTS black sekitar 12 sampai 14 jutaan.





Masing-masing tipe tuning box  RaceChip memiliki keunggulan tersendiri, dan tingkat kenaikan performa yang berbeda-beda. Dengan demikian, ini bisa disesuaikan dengan keinginan dan bugdet yang Anda miliki. 

0 Response to "Mengenal RaceChip, Tuning Box Instan Untuk Menaikkan Tenaga Mesin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )