Mengenal Fungsi Impeller Pada Fuel Pump, Penyebab Mitsubishi Xpander Dan Nissan Livina Di Recall

Beberapa pekan yang lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI) mengumumkan kampanye perbaikan atau recall untuk Xpander yang diproduksi pada tahun 2017 hingga 2019. Total yang ditarik pun lumayan banyak,  sekitar 139.111.

Tidak berselang berapa hari kemudian, PT Nissan Motor Indonesia ( NMI) mengumumkan recall terhadap 9.314 unit Nissan Livina produksi 22 Februari 2019 hingga 24 Agustus 2019 di Indonesia.

Menutur kami ini wajar, karena memang  Mitsubishi Xpander  dan Nissan Livina adalah kendaraan yang dirancang dengan satu platform, aliansi Mitsubishi dengan Nissan. Orang awam sekalipun akan mudah mengenali kemiripan keduanya.



Melalui keterangan tertulisnya,  kampanye perbaikan Xpander dan Livina  ini diakibatkan karena adanya  temuan masalah pada bagian pompa bensin (fuel pump) yang terletak di tangki bahan bakar. Dampaknya, pumpa bahan bakar tidak dapat bekerja dan menyebabkan mesin tidak dapat dihidupkan atau mesin mati ketika dikendarai maupun setelah parkir.

Penyebab utamanya adalah Impeller di dalam pompa bahan bakar yang akan bermasalah dikemudian hari. Dari situs resmi recall Nissan, bahwa material impeller tersebut terbuat dari bahan resin. Material resin ini diprediksi akan melebar dan berubah bentuk, ini artinya impeller pasti akan mengalami masalah.

Fungsi Impeller pada pumpa bahan bakar ( fuel pump )

Impeller adalah salah satu komponen yang terdapat pada pumpa bahan bakar.  Ingat ya pumpa bahan bakar bensin, karena pada pumpa bahan bakar diesel bentuk dan mekanisme kerjanya berbeda.  Fungsi impeller pada pumpa bahan bakar adalah sebagai pumpa yang bekerja menghisap bahan bakar dari lubang saluran masuk ( intelet port )  menuju saluran buang ( output port ).

Komponen - komponen pada pumpa bahan bakar


Cara Kerja Impeller pada pumpa bahan bakar ( fuel pump )


Adapun mekanisme kerjanya yaitu, armatur yang berputar akan memutarkan impeller. Bentuk impeller yang seperti blade akan mengakibatkan daya hisap pada saluran masuk ( intlet port ) dan menekan bahan bakar tadi keluar melalui saluran keluar ( outlet port ).

Bahan bakar yang keluar dari saluran keluar ( outlet port ) akan diteruskan ke check valve melalui relief valve. Selanjutnya bahan bakar diteruskan ke mesin. Check valve pada pumpa bahan bakar berfungsi mempertahankan tekanan bahan bakar pada fuel line.


Kerusakan impeller pada pumpa bahan bakar

Ketika impeller berubah bentuk, jelas ini akan mengakibatkan impeller menjadi tidak bekerja dengan baik. Jika seperti yang disebutkan diatas bahwa dapat berubah bentuk melebar maka impeller akan macet dan bahan bakar tidak dapat terhisap.


Bentuk impeller pada pumpa bahan bakar
Bentuk impeller pada pumpa bahan bakar 
Impeller adalah komponen yang menyatu ( bagian ) dari pumpa bahan bakar. Jadi, ketika impeller mengalami kerusakan, maka yang harus diganti adalah hanya  pumpanya saja ( fuel pump kit ), bukan unit semuanya. Ini seperti petunjuk yang diberikan oleh pihak Mitsbuhishi.





Gejala Kerusakan Pumpa Bahan Bakar

Dikutip via kompas, indikasi  ketika fuel pump di dalam tangki berhenti beroperasi akan  berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja, ujar Hamazaki. Sementara itu, Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) Dani Bastian, mengatakan, salah satu ciri pompa bensin Xpander bermasalah, yaitu mesin yang mati secara mendadak padahal sistem kelistrikan berfungsi normal. Setelah mati tidak bisa langsung hidup. Jadi kebanyakan mobil tiba-tiba berhenti, kemudian tidak bisa distarter.

Menurut Dani, matinya mesin Xpander yang bermasalah pada pompa bensin kebanyakan terjadi saat mobil dalam keadaan statis. “Ada beberapa kasus yang tiba-tiba mati saat dikendarai. Tapi paling banyak mobil mati saat keadaan diam, misal pagi-pagi mau starter tapi tidak nyala. Ada yang lagi di SPBU, selesai isi bensin tiba-tiba mobil tidak nyala,” katanya. “Tapi sebetulnya setelah kita cek, setelah mobil mengalami gejala tersebut dan didiamkan, dia nyala lagi. Jadi enggak selalu muncul masalahnya,” ucap Dani.

0 Response to "Mengenal Fungsi Impeller Pada Fuel Pump, Penyebab Mitsubishi Xpander Dan Nissan Livina Di Recall"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel