Pemeriksaan Dan Pengujian Sistem Pendingin Mesin Mobil

Pemeriksaan dan pengujian dalam sistem pendingin adalah pemeriksaan kebocoran pada sistem pendingin. Untuk memeriksa kebocoran sistem pendingin diperlukan alat yang disebut “Radiator Cap Tester“. Alat tersebut disamping dipakai untuk memeriksa kebocoran pada sistem pendingin juga dapat digunakan untuk menentukan kondisi tutup radiator.

Pemeriksaan dan pengujian ini Anda lakukan ketika mesin mengalami gejala Overheating. Overheating bisa terjadi karena adanya kerusakan pada fungsi sitem pendingin.

Setelah melakukan perbaikan pada sistem pendingin, Anda juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dari hasil perbaikan yang dilakukan. Ini bertujuan untuk memastikan hasil kerja yang telah dilakukan sebelumnya.

A. Pemeriksaan tutup radiator dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Melepas tutup radiator, kemudian pasang tutup radiator pada radiator cap tester (alat uji tutup
radiator). Untuk mencegah terjadinya bahaya panas, tidak diperkenankan membuka tutup radiator dalam keadaan mesin masih panas, karena cairan dan uap bertekanan akan menyembur keluar.

2. Memeriksa tutup radiator dengan alat uji tutup radiator. Lakukan pemompaan dan ukurlah tekanan
pembukaan katup vakum.

Tekanan pembukaan standar :
0,75 – 1,05 kg/cm2 (10,7 – 14,9 psi) Tekanan pembukaan minimum : 0,6 kg/cm2 (8,5 psi)
Untuk pemeriksaan tutup raditor sebaiknya menggunakan pembacaan maksimum sebagai tekanan pembukaan. Apabila tekanan pembukaan kurang dari minimum, maka tutup radiator perlu diganti.

B.  Pemeriksaan kebocoran sistem pendingin dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Isilah radiator dengan media pendingin, kemudian pasanglah radiator cap tester pada lubang pengisian media pendingin pada radiator seperti pada gambar dibawah ini. 


2. Pompalah radiator cap tester sampai tekanan 1,2 kg/cm2 (17,1 psi), dan periksa bahwa tekanan tidak turun. Apabila tekanan turun berarti ada kebocoran pada sistem pendingin atau pada komponen sistem pendingin. Oleh karena itu perlu diperiksa kebocoran pada saluran pendingin, radiator, dan pompa air. Apabila tidak ditemukan kebocoran pada komponen tersebut, maka perlu diperiksa blok dan kepala.

0 Response to "Pemeriksaan Dan Pengujian Sistem Pendingin Mesin Mobil "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel