Fungsi Harmonic Balancer ( Crankshaft Pulley ) Pada Poros Engkol



Harmonic Balancer atau penyeimbang harmonis adalah komponen yang penting pada semua jenis mesin pembakaran dalam. Sebenaranya apa sih yang fungsi harmonic balancer ? apakah semua mesin memang harus menggunakannya ? apakah memang mesin akan lebih baik ?. Ok, kami akan menjelaskan kepada Anda fungsi Harmonic Balancer pada poros engkol. Harmonic Balancer sering juga disebut sebagai crankshaft pulley, damper dan crankshaft balancer.

A. Fungsi Harmonic Balancer 


Selama ini Harmonic Balancer banyak disalahpahami. Ada yang mengatakan bahwa fungsinya adalah untuk meyeimbangkan mesin, padahal sesungguhnya fungsi utama nya yaitu menghilangkan getaran yang tidak diinginkan dari putaran poros engkol ( crankshaft ). Harmonic Balancer akan meredam getaran yang terjadi pada putaran poros engkol. Bedanya dengan peredam  shock absorber adalah bahwa Harmonic Balancer meredam komponen yang berputar.

Kekuatan proses pembakaran didalam silinder akan menyebabkan poros engkol bergerak berbelok sedikit dari  arah gayanya. Pada proses tersebut kekuatan akan hilang dan akan muncul kembali. Pada frekuensi tertentu, poros engkol bisa beresonasi yang membuat getaran semakin memburuk. Apalagi jika jumlah silinder pada mesin semakin banyak ( misal 8 silinder ). Nah disinilah fungsi Harmonic Balancer bekerja.

B. Komponen Harmonic Balancer



Harmonic Balancer OEM terdiri dari cincin bagian luar dan cincin bagian dalam yang disatukan dengan karet. Mereka sangat efektif untuk meredam getaran, namun dalam waktu lama karet akan getas karena waktu pemakaian atau terpapar cairan tertentu.

Selama peroses pembakaran terjadi, setiap piston akan dipakasa untuk bergerak ke bawah ( TMB ) sebagai akibat dari menaiknya tekanan didalam ruang bakar. Langkah ini mengakibatkan piston berputar secara  mendadak. Meskipun kita melihat bahwa poros engkol adalah komponen yang sangat kokoh, padahal tidak sepenuhnya kaku. Jadi sebenarnya selama pristiwa pembakaran ini, poros engkol akan berputar melawan sedikit sebagai respon terhadap setiap  tekanan yang diterima yang gayanya bisa mencapai ribuan kilo.

Selama proses pembakaran, setiap piston dipaksa untuk bergerak ke bawah silinder sebagai akibat dari kenaikan tekanan di dalam ruang bakar. Stroke ini memberikan gaya rotasi mendadak ke poros engkol. Meskipun merupakan komponen yang sangat kokoh, crankshaft tidak sepenuhnya kaku. Jadi, selama peristiwa pembakaran ini, engkol akan berputar sedikit sebagai respons terhadap setiap penerapan tekanan yang bisa mencapai ribuan pound.

Bentuknya melingkar dan terbuat dari karet dan logam. Dibaut di ujung depan poros engkol untuk membantu menyerap getaran. Biasanya juga terhubung dengan kipas pada sistem pendingin. Karet yang ada di poros engkol  yang sebenarnya menyerap getaran dan menjaga mereka pada tingkat yang aman. Intinya, perangkat ini dirancang untuk membantu mencegah kegagalan poros engkol.

Tanpa penyeimbang harmonis ada risiko tinggi crankshaft Anda akan retak atau V Belt  akan lepas dari jalur. Manfaat kinerja menggunakan peredam harmonik yang tepat cukup besar. Peredam yang berfungsi dengan baik juga menstabilkan camshaft dan timing penghapian .

jika penyeimbang harmonik Anda menjadi buruk, Anda bisa mendapatkan getaran mesin kasar, poros engkol yang retak, atau bahkan sabuk ular yang terlempar keluar dari jalurnya.

0 Response to "Fungsi Harmonic Balancer ( Crankshaft Pulley ) Pada Poros Engkol"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel