Perbedaan Titik Mati Atas ( TMA ) Dengan Titik Mati ( TMB ) Pada Motor Bakar

Bagi Anda yang baru pertama kali belajar ilmu otomotif pasti akan disuguhi dengan kalimat  Titik Mati Atas (TMA) dan Titik Mati Bawah (TMB). Sebagai pemula tentunya akan bingung pengertian dari kedua kalimat diatas. Apalagi yang memang benar - benar belum tahu dasar - dasar ilmu otomotif.

Sebenarnya apa sih maksud dari TMA dan TMB ? 


Nah, TMA dan TMB akan kita jumpai di pelajaran otomotif yaitu pelajaran cara kerja mesin. Inget ya, mesin yang dipelajari adalah mesin dengan pembakaran dalam. Mesin pembakaran dalam adalah mesin yang bekerjanya mengadalkan pembakaran dari hasil kerja piston yang bekerja secara reciprocating ( naik dan turun ). Untuk mengetahui lebih detail bagaimana cara kerja mesin, kami telah menulis pada artikel sebelumnya " Cara Kerja Mesin Bensin 4 Langkah".

Nah dari sinilah asal muasal kata titik mati atas dan titik mati bawah. Karena ini sangat erat kaitannya dengan gerakan piston naik dan turun. Posisi naik sudah pasti diatas, sedangkan kata tutun sudah pasti dibawah.

Titik Mati Atas ( TMA)


Titik Mati Atas (TMA) adalah posisi dimana bibir piston atas  berada di titik paling atas pada lubang silinder. Dalam bahasa inggris, TMA bisanya disebut Top Dead Center (TDC). Jadi ketika Anda menemuka kata TDC pada buku - buku otomotif, maka maksudnya adalah sama dengan titik mati atas.

Seperti apa posisi piston pada kondisi Titik Mati Atas ? lihat gambar dibawah ini. 

titik mati atas piston

Bagaimana, apakah Anda sudah memahaminya ? 
Titik Mati Atas ( TMA ) merupakan langkah awal piston untuk melakukan langkah kerja didalam ruang bakar. Namun TMA tidak identik dengan awal langkah saja, karena piston yang berada pada TMA mengindikasikan bahwa piston :
  • Memulai langkah kerja ( tenaga ) / Akhir langkah kompres
  • Mengakhiri langkah buang

Titik Mati Bawah ( TMB)


Seperti yang telah kami uraikan diatas bahwa gerakan piston adalah naik turun. Nah bawah itu identik dengan turun. Maka TMB adalah posisi dimana bibir piston atas berada pada garis terendah lubang silinder. Bahasa inggris Titik Mati Bawah adalah Bottom Dead Centre (BDC). 

Untuk melihat lebih detailnya, lihat gambar dibawah ini.

titik mati bawah piston

Ada beberapa indikasi ketika piston berada pada kondisi Titik Mati Bawah ( TMB ), diantaranya yaitu :
  • Akhir langkah hisap
  • Awal langkah buang, dan 
  • Akhir langkah kerja ( tenaga )

Nah, itulah pengertian dari Titik Mati Atas Dan Titik Mati Bawah. Ini merupakan ilmu paling mendasr untuk mempelajari mekanisme kerja mesin pada mesin pembakaran dalam. Karena dalam prakteknya, TMA dan TMB akan dipakai untuk melakukan penyetelan klep dan komponen - komponen mesin lainnya. 

0 Response to "Perbedaan Titik Mati Atas ( TMA ) Dengan Titik Mati ( TMB ) Pada Motor Bakar"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel