Mengenal Lampu-Lampu Belakang Mobil

Mobil dilengkapi dengan beragam lampu yang berfungsi sebagai sistem penerangan yang dioperasikan pada malam hari. Selain itu ada juga beberapa lampu yang didesain bukan hanya sebagai penerang melainkan juga berfungsi sebagai penanda akan pergerakan mobil tersebut.

Jadi, kita sebagai pengendara lain juga harus paham akan makna dari lampu - lampu yang memancarkan cahaya pada bagian belakang mobil. Karena jika kita tidak mengetahuinya maka  kita sebagai pengendara lain bisa berakibat fatal dan mengundang kecelakaan.

Jadi, sebagai pengendara lain kita wajib tahu akan jenis - jenis lampu yang terletak pada bagian belakang kendaraan. Apalagi bagi yang baru belajar berkemudi, ini sangat penting agar kalian tidak menabrak mobil depan karena salah faham.

Oh ya, lampu yang akan kita bahas adalah lampu dengan kondisi standart bawaan pabrik ya, karena saat ini sudah banyak beragam belakang custom.

Contoh dibawah ini :

mengenal lampu belakang mobil


Bagi yang sudah paham, jenis lampu custom apapun akan mudah dikenali apakah itu lampu mundur, belok atau lampu rem. Namun bagi pemula, ini akan sangat membingungkan bukan ?

Adapun jenis lampu yang ada pada  lampu belakang mobil yaitu :

1. Lampu Belok

lampu belok mobil

Lampu belok pada bagian belakang mobil berwarna kuning. Lampu ini akan dinyalakan oleh pengemudi ketika kendaraan akan berbelok ( kenan & kekiri ), namun terkadang juga digunakan  sebagai kode untuk mendahului kendaraan didepannya. Jadi sebagai pengemudi awam, jika mobil didepan mu sudah lampu beloknya menyala, maka jagalah jarak kendaraan anda dan pastikan jangan salah menentukan arah kemudi.

2. Lampu Hazard

lampu hazard mobil


Lampu hazard sama dengan lampu belok, namun fungsinya berbeda. Jika lampu belok akan hidup hanya pada bagian satu sisi saja ( misal belok kanan, maka yang hidup hanya kanan saja dan sebaliknya). Sedangkan lampu hazard adalah lampu belok yang hidupnya bersamaan. Lampu hazard lebih familier disebut sebagai lampu dalam kondisi darurat.

Lampu ini digunakan saat kendaraan parkir dibadan jalan sebagai penanda mobil sedang dalam masalah dan lain sebagainya. Tombol lampu hazard juga berbeda dengan tombol lampu belok. Tombol lampu hazard menempel pada bagian dasbord yang ditandai dengan warna merah dengan logo segitiga.

3. Lampu Mundur 

lampu mundur mobil

Dibandingkan dengan warna dari lampu yang lain, warna lampu mundur lebih terang dan menyilaukan. Ini bukan tanpa alasan, karena fungsinya yang fital. Lampu mundur akan menyala secara otomatis ketika tuas transmisi dipindahkan ke posisi R ( Reverse ).

Jadi, jika mobil didepan kalian lampu mundurnya menyala, maka ini memberikan tanda bahwa jangan dulu maju kedepan. Berikan ia kesempatan untuk mundur sejenak dalam mengarahkan kendaraannya. Tertiblah dalam berlalu lintas dan hargai pengendara lain agar kalian juga dihargai.

4. Lampu Kota / Senja

lampu kota mobil


Lampu kota atau lampu senja orang sering menyebutnya. Lampu ini akan hidup ketika lampu depan dihidupkan. Warna lampu ini adalah merah dan seterusnya akan hidup selama lampu kepala hidup. Fungsi lampu ini adalah sebagai sign ( penanda ) yang keberadaannya pada jalan yang gelap. Sederhanya seperti mata kucing, namun bedanya ini menyala.

5. Lampu Rem

lampu rem mobil

Lampu rem juga sama seperti lampu kota/senja. Dan sebenarnya pada mobil - mobil standart, kedua lampu ini menjadi 1. Hanya pada lampu tersebut terdapat 2 filamen, yang mana 1 filamen untuk lampu kota/senja dan 1 filamen untuk lampu rem. Sederhanyanya, lampu kota/senja akan semakin terang jika lampu rem menyala. Menyalanya lampu rem ketika pedal rem diinjak.

Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pengedara pemula adalah mengganti jenis lampu rem dengan warna yang terang, biasanya warna putih. Ini sangat mengganggu pengendara lain yang dibelakang dan dapat menimbulkan kecelakaan. Terkadang ada juga yang sengaja menambahkan lampu aftermarket lampu rem yang terletak pada bagian bawah dengan warna yang juga menyilaukan. Sangat disanyangkan,

Jika ada yang masih bingung bagaimaca carany mengopreasikan lampu pada mobil, sebaiknya anda bisa membaca artikel Jenis - Jenis lampu pada mobil dan cara mengoperasikannya.

0 Response to "Mengenal Lampu-Lampu Belakang Mobil"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel