Kapan Anda Harus Mengganti Sway Bar Links Mobil ?



Sway bar link atau penstabil berfungsi  mencegah bodi mobil dari kondisi condong terlalu banyak pada satu posisi, selain itu komponen ini juga memberi manfaat akan kestabilan kendaraan saat kendaraan berbelok atau  bermanuver. Sebagian besar  mobil hanya memiliki 1 sway bar didepan dan 1 sway bar terpisah pada bagian suspensi belakang. Namun beberapa mobil, tekadang hanya memiliki satu sway bar saja pada bagian depan. Tekhusus pada mobil - mobil sport, desain sway bar lebih tebal untuk stabilitas yang lebih baik saat menikung atau bermanuver. 

Sway bar  posisinya menempel melalui busing karet ke bodi mobil atau rangka di bagian tengah. Bagian ujungnyanya terhubung ke bagian lower arm roda. Bagian yang menghubungkan bagian ujung sway bar dengan lower arm adalah sway bar links. Pada sebagian jenis mobil, ujung bagian sway bar link terdapat 2 sambuang berbentuk ball joint yang dapat bergerak secara fleksibel.

sway bar link pada mobil kecil


Nah, pada artikel ini, kami akan berbagi pengetahuan kepada anda  mengenai gejala - gejala yang diakibatkan  oleh sway bar link yang rusak. Sehingga anda dapat mengidentifikasi dan segera menggantinya.

Seiring dengan waktu pemakaian, sway bar link dapat mengalami keausan. Keausan yang terjadi akan menimbulkan gejala ketidaknormalan pada mobil. Tanda pertama yang diakibatkan oleh ausnya swing bar link adalah suara hentakan ( ketukan ) pada suspensi saat mobil dibawa berkemudi.

Pada kasus yang jarang terjadi, jika gemuk ( grease ) yang ada pada ball joint sway bar link mengering, itu juga dapat membuat suara berderit ketika suspensi bergerak kebawah dan keatas. Untuk memeriksanya, biasanya mekanik akan memeriksanya dengan posisi mobil terangkat di lift. Sway bar link yang sudah rusak akan menunjukkan gerakan bebas ( freeplay ) saat didorong ketas atau kebawah. Bahkan jika kondisinya sudah sangat buruk, ball joint sway bar link dapat terlepas. Ini akan menyebabkan mobil anda tidak stabil dan tidak nyaman saat dibawa berkendara. Sway bar link yang rusak harus segera diganti untuk menjaga keamanan saat berkendara.

Di truk pickup, tautan sway bar memiliki desain yang sedikit berbeda, lihat foto dibawah. Dengan desain ini, busing karet yang menahan sambungan sway bar dapat aus sehingga menyebabkan celah menjadi lebih longgar saat mengemudi di atas gundukan atau belokan.

sway bar link pada mobil besar


Apakah perlu mengganti kedua sway bar links  jika hanya satu yang rusak? Jawabannya adalah tidak, namun mekanik Anda dapat merekomendasikan untuk mengganti kedua sway bar links   karena kedua tautan biasanya dipakai pada kecepatan yang sama dan jika salah satu buruk, maka kestablinnya juga pasti akan berkurang.

Apakah sway bar link harus diganti setiap kali lower arm diganti? Tidak juga, namun kendalanya pada beberapa jenis mobil, untuk melepas sway bar link terkadang sangat sulit dan tak jarang malah memaksanya menjadi rusak. Karena alasan itulah, setiap penggantian lower arm akan diikuti oleh penggantian sway bar links.

Apakah sway bar links  harus diganti pada jarak tertentu? Tidak perlu menggantinya jika itu berfungsi dengan baik dan tidak rusak. Hargannya juga tidak terlalu mahal, kisaran 1 sampai 2 jutaan.

Jika Anda ingin mengganti sway bar link sendiri, rendamlah kain  dengan minyak atau anti karat WD-40 dan tempelkan pada mur ball joint, atau anda bisa langsung menyemprotkannya. Ini dilakukan karena biasanya mur berkarat dan sangat sulit dibuka.

ciri-ciri kerusakan sway bar link

Apakah bushing sway bar harus juga diganti setiap kali sway bar link diganti ? Tidak, bushing adalah part  yang terpisah dan harus diganti setiap kali aus atau jika menjadi bising.

0 Response to "Kapan Anda Harus Mengganti Sway Bar Links Mobil ? "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel