Fungsi Dan Cara Kerja Manifold Asolut Sensor ( MAP) Serta Jenis-Jenisnya Pada Mesin EFI

Manifold absolute sensor
Manifold Absolute Sennsor

Sensor Manifold Absolute Pressure (MAP) adalah sensor yang tedapat pada mesin EFI ,  yang mana sensor ini menjadi  kunci karena kerjanya  mendeteksi beban engine. Sensor menghasilkan sinyal yang sebanding dengan jumlah vakum dalam intake manifold. Komputer mesin kemudian menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan waktu pengapian dan pencampuran  bahan bakar.

Saat mesin bekerja keras, vakum intake turun saat throttle terbuka lebar. Mesin mengisap lebih banyak udara, yang membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk menjaga keseimbangan udara / bahan bakar. Bahkan, ketika komputer membaca sinyal beban berat dari sensor MAP, biasanya membuat campuran bahan bakar menjadi sedikit lebih kaya dari biasanya sehingga mesin dapat menghasilkan lebih banyak daya. Pada saat yang sama, komputer akan memperlambat (mundur) waktu penyalaan sedikit untuk mencegah peledakan (ketukan percikan) yang dapat merusak mesin dan melukai kinerja.

Cara Kerja Manifold Absolute Sensor

Tekanan udara biasanya bervariasi dari 28 hingga 31 inci air raksa  (Hg) tergantung pada lokasi dan kondisi iklim Anda. Ketinggian yang lebih tinggi memiliki tekanan udara lebih rendah daripada daerah di sebelah laut. Pada kondisi normal,  tekanan atmosfer rata-rata 14,7 PSI di permukaan laut.

Vakum di dalam intake manifold mesin, dengan perbandingan, dapat berkisar dari nol hingga 22 inchi air raksa ( Hg )  atau lebih tergantung pada kondisi operasi. Vakum saat idle selalu tinggi dan biasanya berkisar antara 16 hingga 20 Hg di sebagian besar kendaraan. Tingkat vakum tertinggi terjadi ketika perlambatan dengan throttle posisi tertutup. 

teori dasar manifold absolute sensor

Piston berusaha menghisap udara tetapi throttle yang tertutup menghambat pasokan udara sehingga menciptakan vakum tinggi di dalam intake manifold (biasanya empat hingga lima inci Hg lebih tinggi daripada saat idle). Ketika throttle tiba-tiba dibuka, seperti ketika berakselerasi keras, mesin menghisap udara besar dan vakum merosot ke nol. Vakum kemudian perlahan naik kembali saat throttle ditutup.

Ketika kunci kontak pertama kali dihidupkan, Electronic Control Module ( ECM ) melihat pembacaan sensor MAP sebelum mesin mulai menentukan tekanan atmosfer (barometrik). Jadi pada dasarnya, sensor MAP dapat berfungsi ganda sebagai sensor BARO.  ECM kemudian menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan campuran udara / bahan bakar untuk mengkompensasi perubahan tekanan udara karena ketinggian dan / atau cuaca. Beberapa kendaraan menggunakan sensor "baro" yang terpisah untuk tujuan ini, sementara yang lain menggunakan sensor kombinasi yang mengukur keduanya yang disebut sensor BMAP.
Konstruksi Sensor Manifold absolute sensor
Konstruksi Sensor Manifold absolute sensor

Pada mesin yang menggunakan turbocharged atau  supercharged, situasinya sedikit lebih rumit karena adanya  dorongan udara yang  sebenarnya mungkin ada tekanan positif pada intake manifold. Tetapi sensor MAP tidak peduli karena hanya memonitor tekanan absolut di dalam intake manifold.

Pada mesin dengan sistem injeksi bahan bakar elektronik "kecepatan-kepadatan", aliran udara diperkirakan dari pada diukur secara langsung dengan sensor aliran udara. Komputer melihat sinyal sensor MAP bersama dengan putaran engine, posisi throttle, suhu cairan pendingin dan suhu udara sekitar untuk memperkirakan berapa banyak udara yang masuk ke mesin. Komputer juga dapat mempertimbangkan sinyal campuran kaya / miskin sensor oksigen dan posisi katup EGR, sebelum melakukan koreksi campuran udara / bahan bakar yang diperlukan untuk menjaga semuanya seimbang.

Keuntungan lain dari sistem EFI kecepatan-kepadatan adalah bahwa mereka kurang sensitif terhadap kebocoran vakum. Setiap udara yang bocor ke mesin di sisi belakang sensor aliran udara adalah udara "tidak terukur" dan ini benar-benar mengacaukan keseimbangan putaran mesin. Dalam sistem kepadatan-kecepatan, sensor MAP akan mendeteksi sedikit penurunan dalam kekosongan yang disebabkan oleh kebocoran udara dan komputer akan menggantinya dengan menambahkan lebih banyak bahan bakar.

Jenis - Jenis MAP

Secara struktur pemasangan, manifold absolute pressure sensor tebagi menjadi 2 jenis, yaitu :
  1. Type pemasangan langsung pada Surge Tank
  2. Type sambungan selang
jenis - jenis sensor MAP


Secara mekanisme kerjanya, Manifold Absolute Pressure terbagi menjadi 2 yaitu 

1. Sensor Analog

Sensor MAP terdiri dari dua ruang yang dipisahkan oleh diafragma fleksibel. Satu ruang adalah "udara referensi" (yang dapat disegel atau dibuang ke udara luar), dan yang lainnya adalah ruang vakum yang terhubung ke manifold masuk pada mesin dengan selang karet atau koneksi langsung. Sensor MAP dapat dipasang pada firewall, fender bagian dalam atau intake manifold.

Sirkuit elektronik sensitif tekanan di dalam sensor MAP memonitor pergerakan diafragma dan menghasilkan sinyal tegangan yang berubah sesuai dengan tekanan. Ini menghasilkan sinyal tegangan analog yang biasanya berkisar dari 1 hingga 5 volt.

Sensor MAP analog memiliki konektor tiga kawat: ground, sinyal referensi 5 volt dari komputer dan sinyal balik. Tegangan output biasanya meningkat ketika throttle dibuka dan vakum turun. Sensor MAP yang membaca 1 atau 2 volt saat idle dapat membaca 4,5 volt hingga 5 volt pada throttle terbuka lebar. Output umumnya berubah sekitar 0,7 hingga 1,0 volt untuk setiap 5 inci Hg perubahan dalam ruang hampa.

jenis - jenis sinyal sensor MAP



2. Sensor Digital

Sensor MAP  (tekanan barometrik / tekanan absolut berlipat ganda) juga mengukur beban tetapi menghasilkan sinyal frekuensi digital dari pada sinyal tegangan analog. Jenis sensor ini memiliki sirkuit tambahan yang menghasilkan sinyal voltase "gelombang persegi" 5 volt. Sinyal meningkat frekuensinya saat vakum turun.

Saat idle atau saat melambat, vakum tinggi dan output sensor  MAP dapat turun hingga 100 Hz (Hertz, atau siklus per detik) . Pada throttle terbuka lebar ketika hampir tidak ada vakum di intake manifold, output sensor mungkin melonjak hingga 150 Hz atau lebih tinggi. Pada kondisi vakum nol (tekanan atmosfer), sensor  MAP harus bertuliskan 159 Hz.


Demikianlah penjelasan dari dari kami mengenai fungsi dan cara kerja manifold absolute sensor. Semoga dapat memberi pengetahuan baru bagi anda. 

0 Response to "Fungsi Dan Cara Kerja Manifold Asolut Sensor ( MAP) Serta Jenis-Jenisnya Pada Mesin EFI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel