Tesla Mematenkan Teknologi Laser Pengganti Wifer Pada Kaca



Wifer adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk membersihkan air yang menempel pada kaca. Sistem kerja wifer adalah dengan bergera kekanan dan kekiri setengan lingkaran dengan menyapu setiap tetesan air yang menempel pada kaca. Mobil - mobil saat ini menggunakan wifer pada kaca depan dan kaca belakang. Namun sebagian pada kaca belakang mereka sudah menggunakan pemana yang disebut defogger ( pemanas kaca ).

Bagi Tesla wifer adalah komponen yang dapat mengganggu estetika pada mobil. Ini harus dihilangkan dan diganti dengan teknologi yang lebih canggih. Elon Musk dan Tesla telah mengembangkan teknologi  yang dapat menggantikan peran wifer pada mobil. Tesla merancang teknologi pembersih kaca dengan sinar laser dan mereka sudah mematenkan teknologi tersebut.

Selamat tinggal Wifer, selamat datang sinar laser.

Cara kerja teknologi ini menggunakan kamera yang berfungsi mendeteksi setiap kotoran yang menempel pada kaca depan, kaca samping atau kaca belakang. Selain kamera pengintai kotoran, tertanam juga laser untuk membakar puing - puing jika diperlukan. Paten ini bahkan telah menampilkan sebuah ilustrasi Model Tesla dengan laser yang terpasang pada kap dan bagian fender.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah kerja laser ini akan lebih baik dibanding wifer konvensional dalam membersihkan puing - puing kotoran yang menempal pada kaca? meski kita tidak mengetahui hasilnya namun yang pasti laser dapat menjangkai setiap area yang tidak dapat dijangkau oleh wifer konvensional.

Secara akal sehat kita beranggapan bahwa laser akan bekerja membersihkan dan bisa jadi juga akan menembus kaca. Ini berbahaya dan dapat merusak apapun yang berada di sisi lain kaca.

Jangan khawatir, karena Tesla sudah merancang sistem keamanan sedemian rupa agar laser tidak menembus kaca dan mengenai penumpang didalamnya. Mereka melapisi setiap kaca dengan lapisan Indium Tin Oxside sebagai pelindung agar laser tidak menembus kaca.

Sebelumnya Tesla juga sudah menggunakan teknologi laser ini untuk membersihkan permukaan panel surya Fotovoltaik ciptaan mereka. Ini mereka lakukan karena mereka sadar bahwa puing - puing kotoran yang menempel pada permukaan panel surya akan mengurangi kemampuan untuk menghasilkan listrik.

Bagaimana, apakah kalian setuju dengan teknologi laser pengganti wifer ini untuk digunakan pada mobil mobil masa depan ?

0 Response to "Tesla Mematenkan Teknologi Laser Pengganti Wifer Pada Kaca "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel