Jenis - Jenis Ruang Bakar Berdasarkan Letak Katupnya

Ada bermacam -macam tipe ruang bakar disesuaikan dengan letak katup masuk dan katup buang. Tujuannya dari desain letak katup ini adalah untuk memperoleh thermal eficiency. Sehingga hal ini akan berdampak pada performa tenaga yang dikeluarkan.

Untuk mempelajari lebih mudah dari jenis - jenis ruang bakar dibawah ini adalah dengan melihat arah aliran udara pada katup masuk dan katup buang yang membentuk sebuah huruf.


a)  Over head Valve Type

ruang bakar jenis i
Ruang bakar jenis I


Intake valve dan  exhaust valve dipasang dipermukaan bagian atas  cylinder head . Dapat juga disebut OHV atau I- head. Ruang bakar tipe ini dibentuk aga k bulat agar dapat menghasilkan pusaran saat udara dikompresi. Oleh sebab itu penyalaan dapat merata ke seluruh arah. Sehinga tipe ruang
bakar tipe ini paling banyak digunakan.


b)  Side  valve type
ruang bakar jenis L
Ruang bakar jenis L

Letak Intake  valve dan exhaust  valveadalah sejajar lurus disatu  sisi silinder blok tipe ini juga disebut tipe L- head Betuk  ruang bakar adalah rata  sehingga struktur  cylinder   head lebih sederhana dan biaya  manufactoringlebih murah dibandingkan dengan over  head  valvewalaupun efisiensi pembakaran lebih buruk, strukturnya juga lebih menguntungkan  terutama untuk perawatan bongkar pasang  cylinder   head.  Sehingga ruang bakar tipe ini banyak digunakan.


c) F-head type
ruang bakar jenis F
Ruang bakar jenis F

Intake valvedan  exhaust valvemasing-masing dipasang pada  cylinder   headdan pada sisi silinder blok. Type ini adalah gabungan dari tipe OHV dan tipe  side valve. Bentuk uang bakar  agak mirip dengan tipe  side valve. Bagaimanapun juga, mekanisme gerakan  valvelebih komplek banding dengan tipe side  valve. Sehingga tipe ini jarang digunakan.


d)  T -head type
ruang bakar jenis T
Ruang bakar jenis T

Intake valve  dan  exhaust valvemasing-masing dipasang secara terpisah disisi dari silinder blok. Tipe ini bisa memindahkan udara masuk dan keluar. Sebaliknya, diperlukan  waktu yang lebih lama untuk meratakan pembakaran dan pendinginan permukaan juga lebih besar sehingga efisiensi panas lebih buruk. Oleh  karena itu ruang bakar tipe ini sangat  jarang digunakan.

0 Response to "Jenis - Jenis Ruang Bakar Berdasarkan Letak Katupnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel