Cara Kerja Transmisi Jenis Slidingmesh ( Geser )

Putaran yang berasal dari mesin akan diteruskan ke kopling dan ditrasnferkan ke transmisi. Pada tranmisi, putaran mesin akan disesukan dengan permintaan pengemudi. Yang mana pengemudi mengatur ini dengan cara memindahkan tuas transmisi ( shift lever ) pada posisi yang ia inginkan, tentunya disesuaikan dengan kondisi mobil.

Diawal - awal diciptkannya transmisi yang digunakan pada kendaraan, jenis transmisi yang digunakan adalah jenis sliding ( geser ). Ini adalah tranmsisi generasi pertama yang saat ini sudah tidak digunakan lagi pada kendaraan. Alasannya karena memiliki suara yang kasar dan kurang nyaman saat melakukan perpindahan gigi.

Pengetahuan Dasar Mekanisme Kerjanya

Putran pada poros input  berasal dari kopling  yang semua roda giginta  dipasang mati. Sedangkan roda gigi yang dipasang pada poros output sifatnya dipasang geser/sliding/dapat bergerak.  Roda gigi yang digunakan untuk model ini adalah  jenis spur ( roda gigi lurus ).  Perhatikan  pada gambar dibawah  ini.

transmisi jenis slidingmesh
Posisi Netral


Posisi Netral, setiap transmisi mempunyai posisi  ini dimana  putaran poros input tidak dipindahkan keporos output. Posisi  ini digunakan saat berhenti atau yang lainnya dimana sedang  tidak memerlukan tenaga mesin. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka kedua roda gigi pada poros output  (C & D)  digeser agar tidak berhubungan dengan roda  gigi dari poros input (A & B).

saat masuk gigi
Saat masuk gigi




Saat masuk gigi maka salah satu gigi akan berkaitan, pada gambar diatas terlihat bahwa gigi A dan D berkaitan. Hal ini akan mengakibatkan putaran dari poros input akan diteruskan ke poros output. Sebaliknya, jika gigi B dan C berkaitan maka roda gigi D akan kembali ke posisi normal.

Transmisi Slidingmesh Pada Mobil

Setelah kalian mengetahui dengan mudah pengetahuan dasar cara kerja transmisi slidingmesh pada artikel diatas, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai cara kerjanya pada tranmisi mobil.

a. Masuk Gigi 1
transmisi jenis slidingmesh masuk gigi 1

Pada posisi ini  roda gigi low and reverse sliding gear akan bergerak kedepan dan menyatu dengan roda gigi  low speed gear pada counter gear. Adapun aliran putaran yang ditransfer dari input sampai ke output adalah sebagai berikut :

Input - clutch gear - contershaft drive gear - low speed gear - low & reverse sliding gear - output.


b. Masuk Gigi 2


transmisi jenis slidingmesh masuk gigi 2


Pada posisi ini  roda gigi low and  sliding gear akan bergerak kebelakang dan menyatu dengan roda gigi  second   gear pada counter gear. Adapun aliran putaran yang ditransfer dari input sampai ke output adalah sebagai berikut :

Input - cluth gear - countershaft drive gear - second gear - second sliding gear - poros output

c. Masuk Gigi 3
transmisi jenis slidingmesh masuk gigi 3

Pada posisi ini komponen cluth ( nomor 4 ) akan bersatu, sehingga antara poros input dan poros out juga bersatu.  Aliran putaran tidak diteruskan ke counter shatf gear, melainkan langsung ditransfer ke output shaft.  Adapun aliran putaran yang ditransfer dari input sampai ke output adalah sebagai berikut :

Input - cluth gear - clutch - poros output

d. Masuk gigi Mundur

transmisi jenis slidingmesh masuk mundur

Pada posisi ini  roda gigi low and  reverse  sliding gear akan bergerak kebelakang dan menyatu dengan roda gigi  reverse idle   gear . Adapun aliran putaran yang ditransfer dari input sampai ke output adalah sebagai berikut :

Input - clutch gear - countershaft drive gear - reverse gear - reverse idle gear - low and reverse sliding gear - poros output.

Demikianlah penjelan dari kami mengenai cara kerja transmisi jenis slidingmesh. Walaupun saat ini jenis transmis sliding mesh sudah tidak digunakan, namun ini adalah basic yang harus dimiliki untuk mengetahui cara kerja transmisi yang lebih canggih.

0 Response to "Cara Kerja Transmisi Jenis Slidingmesh ( Geser )"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel