Rumus Nilai Ketelitian Pada Jangka Sorong ( Vernier Califer )


Jangka sorong adalah alat pengukuran mekanik yang mempunyai multifungsi. Fungsi jangka sorong diantaranya yaitu mengukur kedalaman, mengukur diameter dalam dan mengukur diameter luar. Kesemuanya dilakukan hanya dengan menggunakan 1 alat saja tanpa adanya kalibrasi terlebih dahulu.

Selain itu, sama - sama kita ketahui bahwa jangka sorong memiliki nilai ketelitian yang berbeda - beda yaitu 0,02 mm , 0,05 mm dan 0,1 mm. Tentunya kita bertanya - tanya dari mana nilai ketelirian tersebut didapat ? apakah ada rumusnya ?

Sesuai dengan judul diatas bahwa kita akan membahas mengenai rumus nilai ketelitian pada jangka sorong. Namun pada artikel ini kita coba untuk membahas jangka sorong yang mempunyai ketelitian 0,05 mm jenis mekanik  ( manual ).

rumus ketelitian jangka sorong

Seperti yang terlihat pada gambar diatas yaitu pada saat jangka sorong dalam kondisi tidak digeser, maka angka 0 (nol) sekala reguler akan bertemu dengan 0 (nol) skala vernier. Pada posisi ini, maka yang terjadi adalah sebagai berikut :


  • Panjang skala reguler yang bertemu dengan angka paling ujung skala vernier adalah adalah angka  19
  • Sedangkan banyaknya garis pada skala vernier adalah  20 
  • Maka jarak satu bagian skala vernier adalah = 19 : 20 = 0.95 mm.
  • Sedangkan jarak satu bagian skala regular adalah = 1 mm.
Maka Rumusnya yaitu : 
Skala regular - skala vernier yaitu (1mm - 0.95mm) = 0.05mm. 


Demikianlah mengenai rumus nilai ketelitian pada jangka sorong yang mempunyai ketelitian 0,05 mm. Semoga kalian bisa memahami penjelsan ini dengan mudah.

0 Response to "Rumus Nilai Ketelitian Pada Jangka Sorong ( Vernier Califer )"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel