Jenis - Jenis Lampu Yang Digunakan Pada Mobil

Setiap mobil pasti mempunyai sistem penerangan untuk menjamin keamanan dalam berkendara. Dengan kondisi jalan yang terang, maka mengemudi akan lebih mudah. Bukan hanya itu, sistem penerangan juga sebagai penanda akan sesuatu pada mobil, misal saat mobil akan mundur, berbelok atau berhenti pada kondisi darurat. Dengan demikian maka mobil membutuhkan lampu sebagai sumber penerangannya.

Saat ini para pabrikan otomotif terus berinovasi dalam mengembangkan lampu untuk kendaraan - kendaraan produksinya. Selain sistem pencahayaan yang maksimal, lampu - lampu mobil yang ada pada saat ini juga ada yang menggunakan kapasitas tegangan yang kecil.

Berikut beberapa jenis lampu yang digunakan pada mobil.

1. Bola Lampu Pijar

Bola lampu pijar adalah bola lampu generasi pertama yang digunakan pada mobil. Bola lampu ini masih digunakan untuk lampu bekalang mobil seperti lampu mundur, lampu belok dan lampu rem. Namun saat ini untuk mobil - mobil terbaru, pada lampu belakangnya ada yang sudah tidak menggunakan lampu pijar. Mungkin karena bentuknya yang lebih besar dan juga tidak efisien dalam pemakaian tegangannya.

lampu pijar pada mobil


2. Lampu Halogen

Lampu halogen diciptakan dengan memperbaiki proses lampu pijar biasa, yaitu dengan cara mengurangi penguapan tungsten agar lampu halogen lebih tahan lama.  Kaca lampu yang dibuat dari kaca kuarsa yang tipis dan tahan panas, kemudian gas yang diisikan ditambahkan sedikit gas halogen. Dengan kapasitas daya yang sama, lampu halogen lebih terang dibandingkan dengan lampu pijar. Oleh sebab itu, saat ini kendaraan - kendaraan sudah banyak menggunakan lampu halogen untuk lampu kepala  (head lamp).
lampu halogen pada mobil
3. HID ( Hight Intensity Discharge )

Berbeda dengan kedua jenis lampu diatas, lampu HID tidak mempunyai filamen didalam tabungnya, melainkan ia memanfaatkan pengapian pada gas Xenon yang ada pada tabungnya. Dari segi pencahayaan, lampu HID jauh lebih terang dibanding lampu halogen dan mempunyai masa pakai lebih lama. Namun, untuk memenuhi kebutuhan itu semua, lampu ini mempunyai daya yang lebih besar sehingga ketika dalam pemasangannya membutuhkan perangkat khusus tambahan yang berfungsi menaikkan daya listrik standar.  Oleh karenya dalam pemasanganya lampu HID dinilai lebih rumit. Daya minimal pada lampu HID rata-rata 35 Watt. Lampu HID hanya dijual aftermarket saja, mobil standart bawaan dari pabrik tidak ada yang menggunakan lampu jenis ini.

lampu HID pada mobil

4. LED  ( Lighting Emited Dioda )

Dahulu lampu LED lebih banyak digunakan untuk lampu - lampu yang membutuhkan penerangan yang cukup seperti lampu rem, lampu cabin dan lampu plat kendaraan. Seiring dengan kemajuan teknologi, lampu LED saat ini juga sudah banyak digunakan untuk lampu utama kendaraan ( Head Lamp ). Kapasitas pencahayaan yang terang , lampu LED tidak membutuhkan daya yang besar bahakan lebih kecil dari tegangan standar mobil. Selain itu dalam pemasangannya juga tidak membutuhkan perangkat tambahan layaknya lampu HID sehingga lampu ini dinilai lebih baik dan mudah dalam pemasangannya.

lampu LED  pada mobil

Lampu LED terbagi lagi menjadi 3 jenis yaitu :

  1. LED Lumited
  2. LED Cree
  3. LED COB

Demikinalah jenis - jenis lampu yang digunakan pada mobil. 

0 Response to "Jenis - Jenis Lampu Yang Digunakan Pada Mobil "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel