Cara Melepaskan ( Lose ) Electronic Parking Brake (EPB) Saat Baterai Soak

Pada mobil - mobil premium yang ada saat ini, penggunaan rem parkir sudah jarang yang menggunakan model mekanis. Saat ini rata - rata mobil premium sudah menggunakan teknologi Electronic Parking Brake.

Sudah jelas, teknologi ini sangat memudahkan pengemudi dalam mengoperasikan rem parkir. Tidak perlu repot dan capek - capek menarik tuas rem parkir, cukup hanya menarik  tombol untuk mengaktifkan dan menekan tombol untuk melepaskannya. Cara penggunakan EPB sudah pernah kami bahas pada artikel sebelumnya Perbedaan rem parkir mekanis dengan rem parkir electronic dan cara pengoperasiannya.

Namun ternyata teknologi EPB masih ada kelemahannya yang mana jika PEB dalam kondisi aktif dan tiba - tiba kondisi tegangan baterai melemah ( soak ) maka rem parkir tidak dapat dilepas dan mengakibatkan rem masih dalam kondisi terkunci. Kondisi ini tentu sangat merepotkan jika dalam kondisi tertentu kita akan mendorong atau memindahkan mobilnya.

Untuk mengatasi hal tersebut diatas, mengutip dari grup FB Fajero Indonesia yang ditulis oleh Satria Wahyu Raharjo bahwa untuk menonaktifkan rem parkir elektronic ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan,


1. Ganjal roda mobil dengan batu atau sejenisnya untuk mencegah mobil bergerak, atau bisa juga dengan memposisikan tuas transmisi ke posisi P pada jenis tranmsisi automatic.

2. Posisi dinamo EPB ada dibawah mobil tepatnya dibawah jok pengemudi

3. Lepas tutup cover dinamo menggunakan kunci L 4mm (tersedia di tool kit bawaan standar pada kendaraan).

4. Lepaskan plug karet.

5. Masukkan kunci L 4mm tadi ke lubang yg tersedia dan putar ke arah berlawanan jarum jam untuk melepas EPB.



Demikianlah cara melepas ( lose ) EPB dengan benar dan jangan lupa untuk tetap memperhatikan faktor keamanan saat kita melakukan proses ini.

0 Response to "Cara Melepaskan ( Lose ) Electronic Parking Brake (EPB) Saat Baterai Soak"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel