Fungsi Pegas Daun ( Leaf Spring ) Pada Mobil

fungsi pegas daun pada mobil


Untuk menjamin rasa kenyamanan dalam berkendara maka pada mobil dipasanglah sistem suspensi. Sistem suspensi pada mobil berfungsi meredam gejala gerakan mobil naik dan turun karena faktor jalan yang tidak rata. Salah satu sistem suspensi yang digunakan pada mobil adalah menggunakan pegas daun ( leaf spring ).

Pegas daun terdiri dari 3 sampai 10 lembar plat baja yang tebalnya 3-6 mm dan disusun menjadi satu.
Pegas ini disusun satu dengan lainnya. Disusun mulai dari pegas yang terpendek terletak di bagian bawah dan yang terpanjang dibagian atas serta  disatukan dengan paku  keling atau dibaut dibagian tengahnya. Pegas terpanjang (pegas utama) pada kedua ujung pegas ini dibulatkan membentuk mata pegas untuk memungkinkan pemasangan pada rangka.

Pegas model daun ini berbentuk elip untuk memertinggi elastisitasnya. Besarnya bentuk lengkung bila dalam keadaan tanpa beban disebut camber. Setiap pegas daun juga memunyai bentuk lengkung besar yang biasa disebut "nip".

Untuk meyakinkan bahwa semuanya dalam keadaan kencang, maka gantungan pegas, ayunan pegas supaya tetap terpelihara; termasuk pelumasan pada semua bagian yang diperlukan. Selain itu, termasuk kebersihan pegas dari lumpur dan kotoran lain.

Fungsi Pegas Daun Pada Mobil

  1. Meneruskan gerakan dan beban kedaraan dari rangka kendaraan ke rumah aksel dan  roda-roda
  2. Menahan gaya tekan yang berubah-ubah  dan mengakibatkan timbulnya gaya perlawanan yang berubah-ubah pula; yang disebut pemegasan
  3. Mencegah terjadinya tekanan ke samping, sehingga kendaraan akan tetap stabil meluncur lurus.

pemasangan pegas daun




Nip-nip akan bertambah besar bila pegas-pegas daun ini menjadi pendek.  Tujuannya untuk mencegah terbukanya antara pegas-pegas bila bebannya kurang memungkinkan pasir atau barang-barang lain masuk diantara lembaran-lembaran pegas.  Disamping itu dapat menimbulkan gesekan antara pegas-pegas.  Pegas-pegas ini akan menjadi lunak bila pegas ini menjadi panjang dan menahan beban yang lebih besar bila jumlah pegas ditambah.

Pada mobil - mobil yang besar dan mengangkut beban super berat, biasanya akan dipasangkan pegas pembantu. Pegas pembantu ini terpasang diatas pegas utama ( pegas daun ) untuk memaksimalkan kinejanya. 

Pegas-pegas pembantu adalah pegas-pegas tambahan yang dipasangkan di atas pegas utama (main spring), digunakan pada mobil-mobil truk dan kendaraan barang berat.  Pegas-pegas pembantu ini bekerja sama dengan pegas utamanya bila kendaraan mengangkut beban di atas jumlah yang ditentukan.  

pegas pembantu pada pegas daun

Bentuk dari pegas pembantu hampir sama dengan pegas utama. Namun bentuknya lebih kecil dibanding dengan pegas utama. Selain itu untuk mencegah terjadinya gesekan langsung antara pegas dengan bagian chasis, maka dipasanglah hollow spring. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

hollow spring pada pegas daun

Hollow spring adalah potongan karet yang berlubang ditengah dan dibaut pada bagian atas axle, kontrol arm atau pada bagian frame yang terletak diatas. Saat lubang tertutup dan udara terperangkap pada lubang tersebut berfungsi sebagai pegas Hollow spring umumnya digunakan sebagai pegas tambahan untuk melindungi frame dari benturan pegas.

0 Response to "Fungsi Pegas Daun ( Leaf Spring ) Pada Mobil "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel