Ciri - Ciri Gejala Kerusakan Pada Coil Pengapian

gejala  kerusakan pada coil pengapian mobil


Fungsi coil adalah untuk menyuplai tegangan ke busi yang berasal dari baterai. Tegangan yang diperoleh dari baterai 12 volt akan dinaikkan menjadi 10 - 20k Volt yang disalurkan ke busi. Tujuannya agar busi dapat membakar sempurna campuran udara dan bahan bakar.

Jika percikan busi kecil, maka pembakaran yang terjadi pada ruang bakar tidak akan maksimal. Akibatnya, diawal mesin dihidupkan akan mengalami delay yang lama. Salah satu peyebabnya adalah coil tidak bisa lagi membangkitkan tegangan yang besar ke busi. Oleh karenanya kita harus tahu gejala - gejala apa saja yang ditimbulkan oleh kerusakan pda coil pengapian.

Adapun gejala - gejala yang ditimbulkan karena rusaknya coil pengapian adalah sebagai berikut :

1. Backfire ( Pembarakan Yang Terlambat )
Ini adalah gejala paling awal yang bisa anda identifikasi dengan mudah. Ciri - ciri ini bisa anda lihat pada gas buang yang keluar dari ujung kenalpot yang bewarna hitam pekat serta bau bahan bakar mentah yang masih ada. Jika hal ini terjadi segeralah perbaiki ke bengkel terdekat. Jika diabaikan maka kerusakan bisa saja merambat pada komponen lain dan jika terlalu lama dibiarkan maka bisa saja merusak sistem pembuangan pada mesin.

2. Misfiring ( Pembakaran yang tertunda )
Ciri - ciri ini bisa dirasakan dari suara mesin yang terkadang meledak - ledak pada kecepatan rendah, sedangkan pada kecepatan tinggi terkadang terjadi hentakan pada mesin ( nyendat ). Ini akan mengakibatkan mobil anda tidak bertenaga. Bukan hanya itu saja, mesin juga akan kesulitan mendapatkan putaran idle yang sempurna.

3. Mesin Sukar Hidup Saat Di Stater
Seperti pada keterangan diatas bahwa fungsi dari tegangan coil adalah untuk mensuplai tegangan ke busi. Jika tegangannya kecil, maka busi juga tidak akan mampu membakar campuran udara dan bahan bakar. Lebih parah lagi jika dalam kondisi mesin masih dingin, ini akan sangat sulit bagi mesin untuk hidup. Akibatnya kita harus berulang - ulang menstater mesin.

4. Lampu Check Enggine Menyala
Pada beberapa jenis mobil, kerusakan pada coil dapat diketahui dengan hidupnya lampu check enggine pada saat mesin sudah berputar. Jika hal ini terjadi, maka untuk mengetahui kode kesalahan yang terjadi harus menggunakan scan tool.

5. Konsumsi Bahan Bakar Yang Boros
Sudah jelas jika pembakaran yang terjadi tidak sempurna, maka suplay bahan bakar akan tetap sama. Namun tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan berkurang. Oleh sebab itu, efisiensi penggunaan bahan bakar akan sangat boros.

Demikianlah gejala - gejala yang ditimbulkan akibat kerusakan yang terjadi pada coil pengapian.

0 Response to "Ciri - Ciri Gejala Kerusakan Pada Coil Pengapian "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel