Cara Kerja Transmisi Jenis Synchromesh

Transmisi syncrhomesh adalah jenis transmisi terakhir yang masih digunakan hingga saat ini. Transmisi syncromesh lebih baik jika dibandingkan dengan kedua jenis transmisi manual sebelumnya ( Slidingmesh dan constantmesh ). Ini dikarenakan pada transmisi syncrhomesh memiliki perpindahan yang lebih lembut sehingga menambah rasa kenyamanan dalam berkendara.

Perbedaan mencolok pada jenis transmisi ini adalah dengan adanya sismtem pengereman gigi percepatan yang akan berkaitan dengan gigi counter gear. Terbuang dari material kuningan, membuat  synchronizer ring  lebih mudah dalam melakukan fungsinya untuk memperlambat gigi percepatan yang terbuat dari logam.

Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa dalam satu unit synchromesh terdapat beberapa komponen yaitu :


  1. Syncronizer ring yang berfungsi untuk memperlambat gigi percepatan pada saat perpindahan gigi 
  2. Shifting Key berfungsi sebagai salah satu  mekanisme pencegah gigi loncat yang berfungsi menekan hub sleeb agar tidak kembali ke posisi awal secara otomatis
  3. Hub Sleeve berfungsi menghubungkan ( mengaitkan ) antara gigi percepatan dengan cluth hub yang terhubung langsung dengan poros output transmisi
  4. Cluth Hub menerima putaran dari hub sleeve yang diterima dari gigi percepatan untuk seterusnya diteruskan ke poros output

Lalu bagaiana cara kerjanya hingga syncronizer ring dalam bekerja dengan baik saat perpindahan gigi ? simak gambar dibawah ini.

1. Tahap Pertama
tahap pertama cara kerja sincronizer ring



Hub sleeve mendorong bagian atas shifting key, shifting key mendorong synchronizer ring hingga berhubungan dengan dog gear. Sehingga synchronizer ring ikut berputar.

2. Tahap Kedua

tahap kedua cara kerja sincronizer ring

Hub sleeve mendorong dengan kuat chamfer dari blocker ring, dan blocker ring menekan dog gear menyebabkan kecepatan putar dari gigi percepatan sama dengan kecepatan putar hub sleeve.

3. Tahap Ketiga

tahap ketiga cara kerja sincronizer ring


Hub sleeve terus bergerak ke kanan dan alur – alur pada hub sleeve berkaitan dengan dog gear pada gigi percepatan.

Demikianlah cara kerja transmisi jenis synchromes, semoga bermanfaat



0 Response to "Cara Kerja Transmisi Jenis Synchromesh "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel