Sejarah Mobil Volkswagen Dan Evolusi Logonya

Merek adalah sebuah aset terkuat dan paling penting bagi setiap perusahaan. Mengapa demikian ? karena merek akan sangat berpengaruh terhadap penjualan setiap barang yang diproduksi oleh perusahaan yang mana ini lebih penting dari sebuah tagline, logo, slogan dan iklan.


Ada begitu banyak kesamaan merek yang saat ini beredar didunia, oleh karena itu mencari sebuah perbedaan yang mencolok serta mengandung arti penting pada setiap logo adalah sebuah keharusan. Seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan masyarakat, sejumlah merek terkenal dunia mencoba untuk berkembang dalam mengikuti arus kemajuan. Salah satunya adalah pabrikan mobil terkenal di dunia VW ( Volkswagen ).


Sejarah Berdirinya Volkswagen

Perusahaan ini didirikan  pada 28 Mei 1937 di Jerman dengan nama, "Gesellschaft zur Vorbereitung des Deutschen Volkswagens mbH". Namun sejarah merek tersebut dapat ditelusuri kembali pada tahun 1933. Dalam sebuah pameran mobil di Berlin, Adolf Hitler mengemukakan gagasan mobil yang terjangkau bagi masyarakat pada saat itu. Ini dilakukan untuk mendukung gagasan membangun Negara. Akhirnya ide tersebut disetujui karena memang ini akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan Jerman pada saat itu. Salah satu visinya adalah untuk mendorong  orang-orang Jerman agar membeli kendaraan yang cepat namun terjangkau harganya sekitar  1000 Reich (sekitar $ 140).


Satu tahun setelah Adolf Hitler memimpin Jerman; dia mengundang Ferdinand Porsche, seorang insinyur mobil dari Austria untuk merancang mobil rakyat bagi Negara Jerman. Karena Porsche berasal dari Austria, Hitler memintanya untuk mengajukan kewarganegaraan Jerman. Menanggapi hal ini Porsche menyerahkan kewarganegaraan Cekoslowakia dan bergabung dengan Partai Sosialis Nasional Jerman.






Logo awal terdiri pada mobil ini diambil dari bendera 'Nazi' yang dirancang dalam bentuk simbol swastika. Selain itu, simbol ini juga menandakan simbol Nordic kuno yang disebut ‘Ginfaxi’ yang mengikat dalam ajaran kuno yang konon memberikan kemenangan dalam setiap pertempuran yang terjadi.

Iklan pertama yang ditampilkan oleh VW  memiliki misi KDF (Kraft durch Freude), 'kekuatan melalui kegembiraan', yang menunjukkan gambar keluarga dan teman-teman yang santai dan pergi berlibur di mobil. Juga, beberapa iklan di media cetak yang  menunjukkan teman dan keluarga mengunjungi hutan, stasiun dan bukit.




Namun sebelum perang dunia 2, logo VW yang pertama diganti dengan alasan logo menyerupai sebuah kipas alas.

Setelah perang dunia berakhir, tentara Inggris mengambil alih kendali pabrik yang rusak di bawah pengawasan Mayor Ivan Hirst. Di bawah dia, Mayor Ivan Hirst memerintahkan  pembentukan kembali kondisi pabrik yang nantinya dilakukan kembali untuk membangun dan memperbaiki semua mesin sehingga. Ini  adalah satu prestasi luar biasa selama periode 1945 yang mana ternyata masih  ditemukannya bagian-bagian mesin dari puing-puing di pabrik. Bagian-bagian ini kemudian digunakan untuk membangun lebih dari 2000 kendaraan.

Pada tahun berikutnya, Inggris semakin meningkatkan produksi menjadi 10.000 kendaraan, juga akan mengubah nama perusahaan menjadi Volkswagen. Nama kota pabrik juga diubah menjadi Wolfsberg, yang terinspirasi dari kastil lokal yang ada di kota. Inilah yang menjadi cikal bakal mobil VW Beetle . Selama periode ini, desain di sekitar lingkaran logo juga dihilangkan.


Inovasi besar - besaran pun dilakukan yaitu dengan memberikan kwalitas cat yang lebih mengkilap serta bentuk yang lebih baik. Ekspor pun dilakukan dibeberapa negara Eropa  yang mana ini berdampak pada perekrutan para pekerja.

Dengan demikian Volkswagen menjadi salah satu perusahaan yang dapat menyokong kondisi pereknomian Jerman yang tidak pasti. Anehnya justru masyarakat Jerman pada saat itu berpikir bahwa dengan mengendarai mobil VW, mereka merasa sudah menjadi mewah dan ini akan membantu mereka dalam mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Logo Volkswagen

Seperti yang terlihat saat ini, logo VW adalah representasi sederhana dari inisial perusahaan. yang mana ini mempunyai arti  "Volks" yang dalam bahasa Jerman berarti orang, sedangkan "Wagen" berarti mobil.


Pada awalnya logo telang dirancang pada tahun 1938. Logo tersebut kemudain dimodifikasi secara besar-besaran pada tahun 1996 dan pada tahun 2000. Pada modifikasi logo terakhir, aspek-aspek seperti campuran warna dan tiga dimensi diperkenalkan untuk menjadi logo yang unik.

Keindahan logo terletak pada kesederhanaannya, yang hanya berisi dua huruf ( V di atas W), kedua huruf tersebut tampaknya saling berinteraksi. ujung-ujungnya  disatukan dengan lingkaran dengan lingkaran garis yang sama, Celah diantara huruf V dan W adalah upaya  untuk membedakan keduanya sehingga tidak mempengaruhi keterbacaan logo, sementara pada saat yang sama membuat logo berbeda secara visual.



Logo VW hanya terdiri dari  dua warna yaitu  biru dan putih. Warna biru melambangkan kelas, keunggulan, dan keandalan, sedangkan putih menggambarkan pesona, kemuliaan, dan kemurnian.

Kabar yang beredar sekarang, VW dikabarkan sudah memodifikasi logo terbaru yang akan di lonching pada bulan depan.. Seperti apakah bentuknya ? kita lihat nanti.

0 Response to "Sejarah Mobil Volkswagen Dan Evolusi Logonya "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel