Jenis - Jenis Sensor Kerja Air Bag ( Kantung Udara )

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa fungsi air bag adalah untuk melindungi penumpang ketika terjadi benturan keras ( kecelakaan ). Dengan adanya air bag maka cidera yang dialami oleh penumpang bisa diminimalisir. Tentunya kerja air bag harus tepat dan sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi.

Karenanya air bag telah dibuat oleh pabrikan dengan sistem sensor yang semakin hari semakin berkembang demi kinerja yang maksimal. Layaknya komponen - komponen kelistrikan yang lain, maka air bag juga mempunyai sebuah sensor dan mobul sebagai komponen yang penting dalam pengopresasiannya.

Tidak ada pengelompokan khusus pada sistem air bag,   karena Air Bag dikembangkan secara bertahap. Dahulu  sensor air bag dibuat  secara mekanis dan sekarang menggunakan sensor elektronik. Tentunya ada  perbedaan pada ACU ( air bag control unit ) tergantung dari parbik pembuatnya seperti Siemens, Hyundai Air Bag (HAE), TRW, dan Delphi Mando yang sudah ada sekarang.

Umumnya ada dua macam pemasangan sensor yaitu  :

  • Sensor dipasang di dalam ACU ( Air bag control unit )
  • Sensor yang  dipasang diluar. 

1) Tipe Single Sensor (Terintegrasi dengan sensor di dalam Air bag control module) 

Di dalam ACU, terdapat sensor untuk mengukur benturan dari depan, belakang, kiri dan kanan saat terjadi benturan pada mobil. Benturan yang terjadi akan diukur apakah layak air bag untuk mengembang atau tidak. Jadi benturan yang terjadi juga harus terukur. 

jenis-jenis sensor air bag


2) Tipe Multi-Sensor (Tipe Front sensor ) 

Di dalam ACU, terdapat sensor yang mengukur benturan dari sisi depan, belakang, kanan dan kiri. Air bag  meletus ditentukan oleh sensor dengan membandingkan sisi mana yang mengalami benturan.

sensor air bag pada mobil

Singkatan - singkatan :

- FIS ( Front Impact Sensor ) : Sensor tekanan depan
- DAB ( Driver Air Bag )       : Air Bag untuk pengemudi 
- PAB ( Passanger Air Bag )   : Air Bag untuk penumpang 
- ACU ( Air Bag Control unit ): Modul air bag
- CAB ( Curtain Air Bag )       : Air Bag yang mengembang seperti tirai

0 Response to "Jenis - Jenis Sensor Kerja Air Bag ( Kantung Udara )"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel