Ini Alasan Mengapa Kerangka ( Chasis ) Pada Kendaraan Bermutan Negatif ( Massa )

Apakah kalian pernah berpikir mengapa setiap chasis atau kerangka pada kendaraan bermuatan negatif ( massa ) ? pada artikel ini saya akan mengulas mengenai hal tersebut yang mana ini sangat penting bagaimana perusahaan telah membuat produknya sedemikian rupa agar kendaraan yang diproduksinya seefisien mungkin dalam penggunaan material serta mudah dalam perawatan kedepannya.

Jika kalian belum percaya kerangka pada kendaraan bermuatan negatif, kalian bisa melihat kabel pada terminal negatif baterai ( Aki ) yang dihubugkan secara langsung dengan bagian bodi kendaraan. Ini menandakan bahwa memang benar jika bodi ( chasis ) kendaraan bermuatan negatif.

Adapun alasan teknik mengapa rangka/chasis kendaraan bermuatan negatif adalah sebagai berikut :

1. Efisiensi Pemakaian Kabel

Contoh rangkaian kelistrikan lampu belakang pada mobil
Contoh rangkaian kelistrikan lampu belakang pada mobil
Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa kabel positif dari baterai mengalir menuju saklar yang berfungsi untuk memutus dan menghubugkan tegangan ke lampu belakang. Sedangkan terminal negatif baterai ke Negatif yang ditempelkan pada bodi dan terminal negatif pada baterai juga ditempelkan pada bodi kendaraan yang sama-sama bermuatan negatif. Dengan demikian maka pemakaian kabel negatif dapat dikurangi. Ini masih satu yang diirit, bagaimana jika banyak ?

Jik kabel negatif baterai langsung dihubungkan ke setiap komponen kendaraan
Jika kabel negatif baterai langsung dihubungkan ke setiap komponen kendaraan
Berbeda dengan gambar sebelumnya, bahwa gambar diatas yang mana kabel negatif baterai langsung dihubungkan ke negatif komponen kelistrikan. Ini sangat tidak efisien dan pemborosan dalam pemakaian material. Sulit untuk dibayangkan seberapa banyak kabel yang harus dibutuhkan dalam pemasangan negatif baterai.


2. Memudahkan Pengukuran 

Jika suatu saat terjadi trouble ( masalah ) pada salah satu sistem kelistrikan, maka untuk memeriksa tegangan pada beban, mekanik tidak harus repot-repot menempelkan stik negatif AVO meter langsung ke negatif baterai. Melainkan langsug saja menempelkannya pada bagian chasis / bodi kendaraan.



3. Mengurangi Berat Kendaraan

Kok bisa ya ? ini sangat erat kaitannya dengan yang pertama yaitu efisiensi pemakaian material ( kabel ) pada setiap komponen kelistrikan. Faktanya pada sebuah mobil yang dilengkapi dengan sistem kelistrikan yang komplek, total berat kabel jika ditimbang semuanya mencapai 20 Kg. Bayangkan, jika negatif baterai juga harus menggunakan kabel maka bisa jadi berat total kabel pada kendaraan akan sangat berat. Ini akan sangat merugikan dan mengakibatkan penggunaan bahan bakar yang boros karena berat kendaraan yang besar.

Itulah alasan teknis mengapa kerangka ( chasis ) pada kendaraan bermuatan negatif. Semua kendaraan menggunakan rangkaian yang sama. Namun pada teknologi terkini, aliran tegangan pada komponen kelistrikan sudah menggunakan frekuensi yang dapat sangat menghemat kabel.

0 Response to "Ini Alasan Mengapa Kerangka ( Chasis ) Pada Kendaraan Bermutan Negatif ( Massa )"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel