Mengenal Jenis - Jenis Truk Berdasarkan Bentuk Dan Muatannya



Truck adalah jenis kendaraan yang digunakan untuk mengangkut barang dengan bentuk yang lebih besar dibanding dengan jenis jenis mobil penumpang. Selain itu truck juga rata-rata mempunyai tenaga yang lebih besar yang menggunakan mesin diesel. Soal kecepatan, truck jelas kalah jauh dibanding dengan mobil - mobil jenis penumpang, karena memang sejatinya truck didesain dengan mengutamakan tenaga yang besar untuk memuat beban yang sangat berat.

Ternyata truck yang sering kita jumpai di jalanan mempunyai jenis - jenis yang berbeda. Sebagai orang awam, tentunya kita akan sulit mengetahui setiap perbedaan pada truck - truck tersebut. Dan ternyata truck juga mempunyai jenis - jenis yang berbeda layaknya jenis - jenis pada mobil berpenumpang.

Perbedaan pada jenis truck ini juga nantinya akan membedakan jenis perijinan, muatan, surat ijin mengemudi dan juga harganya. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan coba membahas jenis - jenis truck.

1. Colt Diesel Engkel

Colt Diesel Engkel
Colt Diesel Engkel
Biasanya orang juga sering menyebut jenis truck ini sebagai mobil Colt Diesel, ini karena bentuk ukurannya yang paling kecil dibanding dengan jenis truk-truk lainnya. Truck engkel adalah truk yang yang mempunyai 2 sumbu roda yang terdiri dari 2 roda didepan dan 2 roda dibelakang.

JIka dibandingkan dengan jenis muatannya, jenis truk engkel hanya digunakan untuk mengangkut beban dibawah 5 ton. Yang mana salah satu keuntungannya adalah dapat melewati jalan - jalan kecil untuk mengangkut bebedan yang lumayan berat. Selain itu truck jenis ini juga masih diijinkan untuk melintasi tol dalam kota.


2. Colt Diesel Double


Colt Diesel Double
Colt Diesel Double
Hampir mirip dengan jenis truk engkel, yang mana sama - sama mempunyai 2 sumbu roda. Namun perbedaanya hanya pada bagia roda belakang saja yang mana jika pada jenis engkel 1 poros belakang  menopang 2 roda, sedangkan pada jenis Colt Diesel Double 1 poros belakang menopang 4 roda ( roda kanan dan kiri terdiri dari 4 roda ), jadi total roda ada 6 buah.

Dari segi muatannya, sedikit lebih besar dibanding engkel yaitu 8 ton. Jenis surat ijin yang digunakan untuk mengemudikan jenis truk ini adalah SIM B. Yang mana pada jenis surat ijin ini terbagi menjadi 2 macam yaitu :

  1. SIM B Polos untuk plat warna hitam, dan 
  2. SIM B Umum untuk plat yang warna kuning.

3. Truk Tronton


Truck Tronton
Truck Tronton
Truck tronton adalah truk yang mempunyai 3 sumbu roda. Yang mana pada pembagian sumbu roda ini terdiri dari 1 sumbu roda depan dan 2 sumbu roda belakang. Sedangkan total jumlah roda yaitu 10 buah. pada sumbu roda depan terdiri dari 2 roda, sedangkan pada bagian belakang terdiri dari 8 roda yang ditopang oleh 2 poros.

Pada daya angkutnya mempunyai kapasitas 20 sampai 30 ton. Yang mana jenis truk ini bisanya sering kita jumpai untuk mengangkat tanah dalam pengerjaan pengurukan dan sejenisnya.

4. Truk Trintin


Truk Trintin
Truk Trintin

Yang dimaksud dengan truk Trintin adalah truck dengan 3 sumbu roda. Perbedaannya dengan jenis Tronton adalah pada bagian sumbu roda tengah yang letaknya berbedakan dengan sumbu roda depan. Pada kemanisme power steeringnya, jenis ini menggunakan mekanisme FWS ( Four Wheel Steering ). Yang mana terdapat 4 roda yang bisa berbelok yaitu roda pada sumbu depan dan tengah.

5. Truck Trinton


Truk Trinton
Truk Trinton

Truk Trinton adalah truk yang mempunyai 4 sumbu roda, yang mana 2 sumbu roda pada bagian depan yang bisa saling membelok ( menggunakan mekanisme FWS seperti pada jenis Trintin ). Dan 2 sumbu roda pada bagian belakang yang saling berdekatan.Adapun total jumlah roda yaitu 12 buah yang terdiri dari 4 roda bagian depan yang dipikul oleh 2 poros, dan 8 roda belakang yang dipikul oleh 2 poros.

6. Truk Traliler / Heavy Duty Truck


Truk Trailer

Jenis truck ini adalah yang paling besar dibanding dengan jenis truk lainnya. Karena bentuknya yang besar, jalannya pun paling lamban. Namun jenis truk ini mempunyai beban daya angkat yang sangat berat. Biasanya jenis truk ini kita lihat untuk mengangkut peti kemas, beton, tiang pancang dan benda - benda berat lainnya. Adapun total jumlah rodanya sekitar 16 sampai 24 roda.

jenis surat ijin mengemudi yang digunakan untuk mengoperasikan truk jenis ini adalah SIM B2 dengan tingkatan paling tinggi. Supir yang mengemudikan jenis kendaraan ini harus dari kalangan orang profesional atau yang sudah berpengalaman. Ini karena jenis truk trailer tidak mudah dikendalikan karena bentuknya yang panjang.

0 Response to "Mengenal Jenis - Jenis Truk Berdasarkan Bentuk Dan Muatannya"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel