Apakah Ada Perbedaan Antara Rem Parkir Dengan Rem Darurat ?




Rem bantu adalah sistem rem yang terpisah dari sistem rem pedal kaki biasa Anda. Rem bantu lebih sering disebut rem parkir, rem darurat, atau rem tangan, dan terhubung ke kaliper yang menekan rotor ( drum ) roda belakang. Ini bukan kaliper rem yang sama yang digunakan rem normal karena sistem rem darurat terpisah dari rem utama jika terjadi kegagalan rem.

Perbedaan utama antara rem bantu adalah pada istilah yang diguanakan, ada yang menyebutnya sebagai "rem parkir" sementara yang lain menyebutnya  "rem darurat" tetapi pada intinya tidak ada perbedaan. Istilah "rem tangan" yang paling sering digunakan oleh banyak orang.

Mengapa nama berbeda?
Nama yang digunakan rem khusus bergantung pada penggunaan yang diinginkan oleh pabrikan:



  •  Ketika mobil menggunakan transmisi manual atau ketika rem dikontrol secara elektronik (diaktifkan oleh tombol dari pada tuas), itu disebut rem parkir. Ini karena itu digunakan untuk menjaga mobil pada lokasi tertentu ketika diparkir di medan apapun. Kendaraan manual dalam keadaan netral akan mengakibatkan roda tidak terkunci, kecuali jika masuk gigi  saat diparkir, sehingga rem parkir membuat mereka tetap di tempatnya. Mobil dengan transmisi otomatis mendapat manfaat dari penggunaan rem parkir, karena  transmisi yang menahan mobil saat tuas transmisi berada diposisi Park ( P )



  • Istilah "rem darurat" agak menyesatkan. Sementara rem bantu dapat digunakan dalam keadaan darurat mutlak, itu masih lebih berguna dalam arti praktis untuk digunakan pada posisi parkir. Karena sering menyebutnya "rem parkir" sehingga  tampak membingungkan bagi pelanggan yang sudah menempatkan mobil di taman ketika mereka memarkirnya, itu disebut "rem darurat" sebagai gantinya.



  • Dalam performa atau kendaraan yang digunakan pada balapan, bagian ini disebut rem tangan, terutama karena fungsi rem khusus ini mengunci untuk  roda belakang, memungkinkan pengemudi untuk menggerakkan  mobil mereka di tikungan dengan ketepatan yang sempurna. Ini juga bukan praktik yang sangat aman, dan tidak boleh dilakukan di jalan umum.


Jadi pada kesimpulannya adalah bahwa rem tangan dengan rem darurat adalah sama, ini hanya berbicara pada istilah yang digunakan. Karena memang sejatinya rem parkir merupakan rem darurat yang bisa digukanan kapan saja untuk menggantikan sistem rem utama ketika rusak. Cara kerja kedua sistem rem ini terpisah, sehingga ketika salah satunya rusak, maka yang lain tidak akan rusak.

0 Response to "Apakah Ada Perbedaan Antara Rem Parkir Dengan Rem Darurat ? "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel