5 Penyebab Mengapa Lampu Indikator Peringatan Rem Menyala



Kerusakan pada sistem salah satunya dapat diketahui pada lampu peringatan rem pada dasbord mobil. Jika salah satu lampu menyala, maka itu adalah peringatan yang memperingatkan bahwa ada masalah pada sistem rem mobil anda. Ada banyak hal yang menyebabkan lampu peringatan rem menyala. Pada artikel dibawah ini, kami akan membahas penyebab yang mengakibatkan lampu peringatan rem menyala.

1. Cairan Minyak Rem Terlalu Rendah

Level Minyak Rem Rendah
Level Minyak Rem Rendah
Ada sebuah sensor pelampung yang terdapat pada reservoir minyak rem. Sensor ini mendeteksi level ( tinggi ) minyak rem. Minyak rem yang dalam kondisi terlalu rendah mengakibatkan sensor akan mengirimkan signal ke lampu sistem rem pada dasbord. Jika ini terjadi,  segera tambahkan dengan minyak rem yang baru. Namun anda juga perlu untuk memeriksa penyebab mengapa level minyak rem terlalu rendah. Karena hal ini juga bisa terjadi akibat kebocoran pada sistem rem itu sendiri.


2. Tuas Rem Parkir Tidak Dilepas ( dikembalikan ) Secara Penuh

Tuas Rem Parkir Tidak Dikembalikan Secara Sempurna ( menggantung )
Tuas Rem Parkir Tidak Dikembalikan Secara Sempurna ( menggantung )

Lampu indikator rem parkir akan menyala jika tuas rem parkir ditarik ( dalam kondisi bekerja ). Namun, jika lampu indikator rem parkir menyala, sedangkan tidak dalam kondisi bekerja bisa jadi karena tuas rem parkir yang anda kembalikan tidak pada posisi sempurna ( masih menggantung ). Oleh karenya, coba periksa apakah posisi tuas rem parkir sudah kembali pada posisi terendah ?

Jika lampu indikator rem parkir tetap menyala, sedangkan sudah kembali pada posisi normal. Kemungkinan terjadi masalah pada switch ( saklar ) yang lengket sehingga akan terus ON.


3. Terjadi Masalah Pada ABS ( Anti Lock Brake System )

Lampu ABS Menyala Tidak Normal
Lampu ABS Menyala Tidak Normal
ABS berfungsi mencegah rem terkunci ketika pengemudi dengan tiba - tiba menginjak pedal rem. Dalam kondisi ini, rem anda memang tetap dalam keadaan berfungsi. Namun ABS tidak dapat bekerja dengan baik. Untuk mengetahui kerusakan ini, tidak bisa dilakukan dengan sendiri. Anda harus membawanya ke bengkel untuk memeriksa kerusakan pada ABS yang dapat dibaca dengan alat khusus. 

4. Lampu Rem Belakang Rusak ( Konslet atau terbakar )

Lampu Rem Belakang Putus
Lampu Rem Belakang Putus 
Pada beberapa mobil, ketika lampu rem belakang rusak akibat terbakar atau konslet, maka ini akan menyebabkan lampu peringatan rem pada dasbord menyala. Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini, karena perbaikannya cukup mudah dan gampang. Anda cukup mengganti bola lampu yang baru dan langsung pasangkan. 

5. Pad Rem Yang Menipis

Pad Rem Menipis
Pad Rem Menipis
Pada mobil yang dilengkapi dengan Brake Pad Sensor, lampu peringatan rem akan menyala jika sudah dalam kondisi tipis. Segera ganti dengan Pad Rem yang baru agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah. Rem yang tidak berfungsi dengan benar dapat berubah menjadi bencana. Oleh karena itu, lampu peringatan rem yang menyala pada kondisi tidak normal jangan diabaikan. 

0 Response to "5 Penyebab Mengapa Lampu Indikator Peringatan Rem Menyala"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel