Ingin Berkendara Aman Dan Nyaman ? Lakukan Pemeriksaan 4 Komponen Ini

Berkendara aman dan nyaman adalah tujuan dari semua pengendara mobil. Baik bagi mereka yang masih pemula atau yang sudah profesional. Karena sejatinya keamanan dan kenyamanan dalam berkendara adalah sebuah teknik yang tidak dapat dibeli. Beragaman cara para pengengemudi untuk mendapatkan cara berkendara yang nyaman dan aman.

Selain faktor pengalaman, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan bagi setiap pengemudi untuk mempersiapkan dan memeriksa beberapa komponen kendraan agar nantinya perjalanan yang dilakukan sesuai dengan rencana tanpa adanya hambatan atau kerusakan pada mobil tersebut.

Padda artikel ini kami akan membahas 4 komponen yang harus anda periksa ketika anda akan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan kesayangan anda. Pemeriksaan yang dilakukan adalah pekerjaan yang sangat mudah bagi semua orang. Tidak memerlukan keahlian khusus, anda cukup melihat dan memeriksanya dengan mudah.

Adapun 4 komponen yang harus anda periksa saat akan berkendara adalah sebagai berikut :

1. Pemeriksaan Sistem Pelumasan Mesin ( Oli )


Oli berperan penting akan kinerja mesin, yang mana oli berfungsi sebagai pelumas seluruh komponen - komponen yang ada didalam mesin. Oleh karena itu pastikan oli anda dalam kondisi baik ketika anda akan melakukan perjalanan. Ada 2 hal yang harus anda perhatikan ketika anda memeriksa sistem pelumasan pada mesin,

a. Level Oli, periksa bahwa tinggi oli berada pada range batas minimal dan maksimal. Jika oli berada dibawah garis minimal segera lakukan penambahan. Namun  kekurangan oli pada mesin adalah hal yang jarang terjadi, pastikan tidak ada masalah dengan mesin seperti kebocoran atau hal lain yang mengakibatkan oli menjadi berkurang.

b. Kwalitas Oli, kwalitas oli dapat dilihat dari warna olli tersebut. Oli yang masih dalam kondisi baik adalah bewarna bening kecoklatan. Oli yang sudah bewarna hitam pekat menunjukkan bahwa oli sudah terlalu lama dalam pemakaiannya. Sedangkan jika warna oli sudah berubah menjadi putih kesusuan berarti oli sudah bercampur dengan air. Jika ini terjadi segeralah bawa kendaraan anda ke bengkel langganan anda. Untuk mengetahui cara benar memeriksa oli anda bisa membaca artikel yang sebelumnya pernah kami buat Cara Memeriksa Oli Yang Baik Dan Benar


2. Sisitem Pendingin Mesin


Sama halnya dengan sistem pelumasan, sistem pendinginan juga berperan penting akan kinerja mesin. Dengan mengandalkan air sebagai pendingin, sistem pelumasan berperan menjaga suhu kerja mesin untuk mendapatkan hasil pembakaran yang maksimal. Pemeriksaan yang harus anda lakukan untuk memeriksa sistem pendingin adalah sebagai berikut :

a. Memeriksa Katup Tekan Pada Tutup Radiator
Katup tekan yang baik adalah dia akan terbuka saat ditekan, dan menutup kembali karena adanya tekanan pada pegasnya. Jika salah satu tidak bekerja, gantilah dengan yang baru. Harganya tidak terlalu mahal, namun jika ini rusak mesin anda bisa mati tiba-tiba.

b. Memeriksa Katup Vakum Pada Tutup Radiator
Cara kerja katup vakum berbeda dengan katup tekan. Katup vakum bekerja ( terbuka ) karena adanya kevakuman pada radiator. Katup vacum harus terbuka saat kita tarik kebawah, saat dilepas harus kembali pada posisi normal ( menutup ). Jika salah satunya tidak bekerja, ganti dengan yang baru. Penggantian katup tekan atau katup vakum harus ginati satu set dengan tutup radiator. Mereka tidak dijual tepisah dan tidak direkomendasikan untuk diperbaiki. Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara memeriksa komponen sistem pendingin pada mesin, kami telah menulikan artikelnya Cara Benar Memeriksa Sistem Pendingin Mesin

3. Level Minyak Rem Dan Kopling



Pada point ketiga ini memang tidak ada kaitannya dengan kinerja mesin. Namun ini sangat erat akan kenyamanan dan keamaan dalam berkendaraa. Tidak bisa dibayangkan jika rem tidak bekerja secara maksimal ketika anda dalam kecepatan tinggi, bisa jadi ini akan menjadi bencana dalam hidup anda. Demikian juga dengan kopling, kenyamanan dalam berkendara akan sangat ditentukan oleh kinerja kopling yang baik saat memutus dan menghubungkan putaran dari mesin ke transmisi. Lakukan pemeriksaan tinggi minyak rem dan minyak kopling. Jika berada dibawah batas minimum, lakukan penambahan hingga batas maksimal.

4. Pemeriksaan Lampu - Lampu


Lampu - lampu pada mobil akan membantu anda dalam perjalanan, selain itu lampu juga sebagai penanda ( sign ) bagi orang lain akan pergerakan mobil anda. Lakukanlah pemeriksaan menyeluruh lampu - lampu pada mobil anda seperti lampu kepala, lampu kota, lampu belok, lampu mundur dan lampu kabin. Jika ada kerusakan atau sinarnya yang sudah mulai meredup segera lakukan penggantian. Untuk membantu anda dalam pemeriksaan lampu - lampu pada mobil, kami telah menuliskan artikel sebelumnya tentang cara pengoperasian lampu - lampu pada mobil.

Itulah 4 komponen penting yang harus anda periksa ketika anda akan melakukan perjalanan yang aman dan nyaman menggunakan kendaraan kesayangan anda. Karena kenyamanan dan keamanan bukan hanya tertelak pad fungsi teknologi yang ada pada kendaraan tersebut, namun ini juga harus didukung dengan faktor lain yang mempengaruhinya.

1 Response to "Ingin Berkendara Aman Dan Nyaman ? Lakukan Pemeriksaan 4 Komponen Ini"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel