9 Pertanyaan Yang Harus Anda Ajukan Saat Akan Membeli Mobil Bekas


Membeli mobil bekas adalah sebuah tantangan tersendiri bagi mereka yang ingin memiliki mobil dengan harga yang relatif terjangkau. Namun ini bukanlah sebuah perkara yang mudah untuk mendapatkan kwalitas mobil yang baik, karena mobil bekas memiliki riwayat yang berbeda - beda dibanding ketika kita membeli mobil baru. Cara terbaik untuk mendapatkan mobil bekas yang diidamkan adalah dengan menggali beberapa pertanyaan kepada pihak penjual tentang riwayat mobil tersebut. Ini akan menjadi pertimbangan bagi anda apakah sesuai dengan yang diinginkan atau tidak,  serta dapat menghemat pengeluaraan anda ketika mobil tersebut sudah dibeli.

Membeli mobil bekas dari dealer memiliki resiko lebih kecil akan kesalahan atau kerusakan pada mobil yang akan kita beli. Karena memang biasanya mereka akan menjaga kredibilitas perusahaan akan kwalitas mobil bekas yang mereka jual. Namun lain ceritanya jika kita membeli mobil bekas dari perorangan. Jika anda tidak tahu apa yang harus ditanyakan ketika membeli mobil bekas, sama saja seperti anda membeli sepotong sampah.

1. Sejarah Pemeliharaan

Pemeliharaan yang baik adalah dilakukan pada dealer - dealer resmi secara rutin. Namun ada juga sebagian orang yang memilih untuk merawat kendaraannya dibengkel - bengkel umum. Keduanya memang tidak bermasalah selama bengkel tersebut meurut anda memiliki reputasi yang baik.

2. Memiliki Catatan Riwayat Perawatan

Membeli dari penjual yang memiliki catatan riwayat perawatan berkala memungkinkan anda untuk memeriksanya. Memiliki catatan layanan juga mengartikan bahwa penjual memiliki riwayat kendaraan yang dilayanai secara teratur.

3. Apakah Mobil Pernah Kecelakaan

Insiden ini seharusnya disebutkan pada laporan riwayat kendaraan, tetapi anda harus menanyakan kepada penjual tentang itu. Jika jawabannya "Ya" tanyakan tentang tingkat kerusakan dan proses perbaikannya.


4. Dapatkan Saya Memeriksa Kondisi Oli ?


memeriksa kondisi oli mobil saat memebeli mobil bekas
memeriksa kondisi oli mobil saat memebeli mobil bekas

Pemiliknya mungkin tidak pernah melewatkan penggantian oli sesuai dengan jadwal pada buku perawatan. Tetapi dalam kondisi ini anda harus memeriksa kondisinya, lihat level dan kwalitas oli. Busa putih atau bewarna kecoklatan mengindikasikan bahwa oli sudah bercampur dengan air pendingin. Adanya bahan bakar yang bercampur dengan oli juga menjadi masalah yang besar yang diakibatkan oleh seal katup, paking intake dan komponen lain yang berkaitan dengan itu.

5. Apakah Ada Komponen Yang Tidak Berfungsi ?

Kecuali komponen pada mesin, ini dapat anda lihat dan dengarkan suara mesin saat dihidupkan. Namun komponen lain yang harus anda periksa adalah seperti pemutar MP3, Knop atau komponen lain yang sudah rusak. Penjual seharusnya sudah membeli anda daftar komponen yang tidak berfungsi atau sudah dalam kondisi buruk


6. Pernahkah Mobil Mengalami Pengecatan Ulang ?

Memperbaiki bagian luar mobil akan mudah jika sebelumnya tidak pernah dilakukan pengecetan. Namun, jika sebelumnya mobil tersebut sudah pernah dilakukan serangkaian perbaikan pada bagian bodi, dan mengalami kerusakan saat sudah kita beli, ini akan memperparah kondisi ekterior mobil tersebut.

7. Sejarah Kepemilikan Mobil Tersebut

Membeli mobil bekas dari pemilik pertama ( pemilik asli ) adalah hal yang baik. Namun jika riwayat mobil sudah berpindah kepemilikan oleh beberapa orang ini harus menjadi pertimbangan yang besar.

8. Dapatkah Saya Memanggil Mekanik Untuk Memeriksanya ?

Tidak mudah memang mendeteksi kerusakan pada mobil bekas. Namun cara terbaik untuk mengatasi ini adalah panggilah mekanik kepercayaan anda untuk memeriuksa apakah mobil tersebut dalam keadaan baik atau buruk. Yang nantinya ini akan menjadi pertimbangan bagi anda.

9. Mengapa Anda Menjual Mobil ini ?

Penjual mungkin sudah menyiapkan jawaban. tetapi, anda harus tetap bertanya dan mengandalkan keberanian anda untuk percaya atau tidak tentang jawaban yang diberikan.

0 Response to "9 Pertanyaan Yang Harus Anda Ajukan Saat Akan Membeli Mobil Bekas"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel