5 Tips Dan Trik Luar Biasa Bagi Para Pengguna Mobil Tua


Salut bagi anda yang hingga hari ini masih mencintai mobil tua anda. Beragam alasan seseorang masih mempertahankan mobil tua kesayangannya. Katakanlah, itu adalah mobil pertama yang dibelinya, mobil yang menemaninya semasa susah, mobil pemberian dari seseorang yang dicintainya dan lain - lain, tapi pada intinya alasan tersebut selalu berkaitan dengan emosional sehingga mereka masih tetap mempertahankan mobil tua nan penuh kenangan.

Perawatan mobil tua sangatlah berbeda dengan mobil yang baru anda beli. Mobil tua perawatannya harus ekstra yang memaksa anda untuk tetap memperhatikan setiap komponen yang ada. Karena kondisinya yang sudah lama, seringkali para pemilik akan dibuat kerepotan ketika penggantian komponen. Percaya atau tidak, ada tips dan trik sederhana yang dapat membantu anda untuk tetap mempertahankan mobil lama anda tanpa harus menghabiskan banyak uang. Jadi, inilah beberapa tips yang akan membuat anda tetap berhubungan dengan mobil kesayangan anda.

 Perawatan mudah saat anda menggunakan mobil tua

Memperhatikan hal - hal kecil yang berkaitan dengan semua komponen mobil tua adalah sesuatu yang penting dan sangat efektif. Yang harus anda lakukan adalah perawatan rutin yang terjadwal, misal perbulan sekali atau per 3 bulan sekali tergantung dari pemakaiannya dalam setiap bulan. Ini akan meminimalisir kerusakan yang terjadi, sehingga ketika ada satu komponen yang harus tidak merusak komponen yang lain. Ini akan menurunkan biaya perbaikan dan dapat memperpanjang usia mobil tua anda

1. Patikan Penggantian Oli dan Saringan Oli Secara Rutin

Penggantian oli secara teratur akan memperpanjang usia mobil anda. Karena fungsi oli yang berkaitan langsung dengan komponen - komponen inti pada mesin. Bahkan jika anda tidak teratur dalam penggantian oli dan saringan oli, ini akan menimbulkan dampak buruk karena kwalitas oli yang sudah tidak layak dan dapat merusak komponen mesin. Jadi, pastikan anda secara rutin mengganti oli dan saringan oli sesuai jadwal yang anda lakukan.

Anda dapat melakukan penggantian oli sendiri karena ini pekerjaan yang tidak terlalu merepotkan, namun jika anda tidak punya waktu, bawalah ke bengkel terdekat. Catat setiap tanggal penggantian untuk memudahkan penggantian pada priode selanjutnya. ]

2. Jangan lupa untuk mengganti pelumas dan minyak rem

Menggnati oli difrensial dan oli pada transmisi sangat penting. Anda tidak harus terlalu sring mengganti pelumas tersebut, karena memang waktu penggantiannya berbeda dengan oli mesin. Panduan terbaik untuk menggantinya adalah lihat buku panduan perawatan mobil tua anda. Selain itu, gantilah cairan minyak rem secara berkala agar rem dapat bekerja dengan lancar dan maksimal. Dengan penggantian minyak rem secara rutin, anda melindungi rem mobil anda dari kelembaban, karat dan korosi yang terjadi pada komponen rem.

3. Menggunakan Jasa Perawatan Khusus

Untuk beberapa komponen mobil memang mengharuskan anda untuk memangkil jasa perawatan khusus. Karena tidak semua komponen pada mobil dapat kita tangani sendiri. Terlbih jika ini berkaitan dengan mobil tua kesayangan anda. Salah satu komponen yang membutuhkan jasa perawatan khsusus adalah AC. AC dapat sering menimbulkan masalah dengan berkurangnya cairan freon pada sistem atau kebocoran yang terjadi. Kami sarankan, lakukanlah perawatan setiap bulan dengan memanggil atau membawanya ke spesialis AC untuk sekedar memeriksa komponennya.


4. Memperbaiki Pencahayaan Lampu Depan

Lamppu depan memang kerap kali menjadi masalah bagi mobil - mobil tua yang sudah tidak memancarkan cahaya yang terang. Banyak faktor yang memperangruhinya, seperti jenis lampu yang digunakan atau sistem kelistrikan yang masih sederhana. Oleh karenanya tidak salah ketika anda mempunyai opsi untuk membawanay ke tempat perbaikan kelistrikan atau mengganti jenis lampu dengan jenis lain yang lebih terang.

5. Menjaga Kebersihan Secara Menyeluruh

Jika anda dapat membersihkan seacar rutin itu sangat baik, tetapi mobil tua mengkun membutuhkan minimal 1 kali dalam setiap bulan. Seperti mencucinya, membersihkan bagian interior, membuang sampah yang tersimpan dalam cabin dan membersihkan kotoran - kotoran yang menempel pada bagian mesin.

0 Response to "5 Tips Dan Trik Luar Biasa Bagi Para Pengguna Mobil Tua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel