Apa Itu Uji Tabrak NCAP ( New Car Assessment Program ) ? Ini Dia Penjelasannya

Memiliki mobil dengan tingkat keamanan yang tinggi adalah sebuah keharusan. Karena memang itu adalah sebuah tujuan yang dibaut oleh perusahaan - perusahaan otomotif terhadap produk yang dibuatnya. Mereka berlomba - lomba membuat kendaraan mereka dengan rancangan yang berbeda - beda namun tujuannya sama yaitu melindungi penumpang didalamnya dari benturan - benturan luar. Selain penumpang didalamnya, NCAP juga akan menilai seberapa resikonya apabila seseorang ditabrak oleh mobil tersebut / keamanan terhadap orang disekitar.

Oleh karena itu tidak ada salahnya kita mengetahui tingkat keamanan pada mobil yang akan kita beli. Anda bisa melihat hasil uji tabrak setip mobil pada NCA ( New Car Assesment Program ) yang tingkat keamanannya ditandai dengan nilai bintang antara 1 sampai 5 bintang. Semakin banyak nilai bintang pada mobil tersebut, maka tingkat keselamatannya semakin baik.

NCA ( New Car Assesment Program ) adalah sebuah lembaga independent yang berfokus pengujian keselamatan kendraan. NCAP sendiri terbagi dibeberapa benua didunia, seperti NCAP Asia, NCAP Eropa, NCAP Australia dll.

Ada beberapa pengujian yang diakukan oleh NCAP terhadap kendaraan yang diujinya, diantaranya yaitu :

1. Benturan Pada Bagian Depan

Pengujian Benturan Depan
Pengujian Benturan Depan
Pada pengujian benturan bagian depan, mobil ditarik dengan menggunakan tali baja dengan kecepatan tarikan 40 Mill Per Jam ( 65 Km Per Jam ). Mobil ini akan ditabrakan dengan benda keras dengan dimensi 1000 mm ( 1 m ) x 540 mm ( 54 cm ). Adapun bagian depan mobil yang ditabrakan hanya sebagian yaitu 40 % dari sisi depan mobil. Hitungan ini tidak termasuk dari kaca spion.

2. Benturan Pada Bagian Samping 1

Uji benturan pada bagian samping 1
Uji benturan pada bagian samping 1

Sama seperti pada pengujian tabrak bagian depan, pada pengujian benturan samping ini mobil ditabrakkan ke sebuah batang besi dengan kecepatan 18 Mill Per Jam ( 25 Kilometer Per Jam ). Adapun bagian mobil yang ditabrakkan yaitu bagian samping pada pilar B.  Ibarat sebuah mobil yang loss control lalu menabrak sebuah tiang.

3. Benturan Pada Bagian Samping 2

Uji benturan bagian samping 2
Uji benturan bagian samping 2

Berbeda dengan pengujian benturan sebelumnya, pada pengujian benturan samping yang ke 2 ini mobil dalam keadaan diam dan ditabrak oleh benda keras dengan dimensi 500 mm ( 50 cm ) x 1500 mm ( 1,5 m ) dengan kecepatan 50 Km / Jam.

4. Uji Benturan Orang Disekitar
Uji Benturan orang disekitar
Uji Benturan orang disekitar

Seperti yang saya jelaskan pada artikel diatas, bahwa NCAP bukan hanya menilai keselamatan terhadap penumpang didalamnya. Namun juga bagaimana mobil tersebut didesain untuk mengurangi resiko apabila ada orang yang terbarak pada bagian depan mobil. Dan ini menjadi tantangan bagi setiap perusahaan bagaimana mendesain bagian depan mobil agar aman terhadap orang yang ditabrak. 

Jenis - jenis pengujian diatas yang dilakukan oleh NCAP bisa jadi berbeda - beda pada setiap bagian wilayah. Namun, informasi yang beredar bahwa pengujian NCAP yang paling terketat berada pada wilayah Eropa. 

Kita coba akan melihat hasil uji NCAP pada mobil yang paling laris di Indonesia pada segmen LMPV ( low Multi Purpose Vehicle).


Bisa kita lihat bahwa hasil uji tabrak NCAP untuk mobil avanza mendapatkan 4 bintang. Walau tidak mendapatkan 5 bintang, namun ini sudah cukup baik pada faktor keselamatnnya. 

Bagaimana, apakah anda sudah melihat hasil uji tabrak NCAP terhadap mobil yang akan kamu beli ? 

2 Responses to "Apa Itu Uji Tabrak NCAP ( New Car Assessment Program ) ? Ini Dia Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel