Apa Itu Teknologi Rangka Alumunium Space Frame ( ASF ) Pada Mobil Audi ?

Rangka AFS Pada Audi R8
Rangka AFS Pada Audi R8

Berbicara rangka kendaraan maka ini akan sangat berkaitan erat dengan berat rangka, bentuk rangka dan tentunya adalah sisi pelindung yang dapat menjaga keamanan pada penumpang didalamnya pada saat terjadi benturan dari segala sisi.

Memang membuat sebuah rangka yang lengkap akan semuanya adalah hal yang sangat rumit, dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi pabrikan setiap kendaraan untuk menciptakan itu semua. Rangka harus ringan, karena ini akan sangat berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar dan akselerasi yang akan didapatkan dari tenaga mesin.  Rangka harus kuat adalah menjadi jaminan agar kendraraan dapat tetap melaju di medan - medan yang tidak diharapkan serta dapat menopang beban - beban berat standar pada mobil tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka pada tahun 1994 Produsen otomotif Audi memperkenalkan sebuah mobil baru A8 yang menggunakan teknologi rangka ASF ( Alumunium Space Frame ).  Proses pengembangan ASF memakan waktu yang terbilang cukup lama sekitar 12 tahun lamanya. Teknologi rangka ASF berhasil dipasarkan dan  Pada akhir tahun 2010,  perusahaan telah memproduksi sekitar 550.000 kendaraan dengan rangka  ASF - jauh lebih banyak daripada pabrikan lain di dunia.


Jenis - jenis Alumunium Yang Digunakan Pada Rangka AFS
Jenis - jenis Alumunium Yang Digunakan Pada Rangka ASF
Kerangka ASF membantu mengurangi berat bodi kendaraan hingga mencapai 40 % lebih ringan dari jenis baja yang sebanding. Ini juga dapat meningkatkan kekuatan dan kekakuan pada rangka. Peningkatan kekakuan ( rigid ) ini memungkinkan mobil menjadi lebih responsif, tepat dan stabil dalam pengendaliannya. Alasan lain penggunaan bahan alumunium sebagai bahan dasar kerangka ASF adalah bahwa alumunium mempunyai manfaat  secara ekstensif  yaitu  kemampuannya menyerap getaran, menciptakan pengendaraan yang lebih halus dan lebih tenang.

Kerangka  ASF yang ringan dan ini berdampak baik terahadap komponen - komponen penting  pada  mobil. Karena bobotnya yang lebih ringan, maka desainner dapat membuat bodi  yang lebih rendah,  memungkinkan penggunaan rem yang lebih kompak, mesin yang lebih kecil untuk menopang beban yang ringan, sistem pembuangan yang lebih pendek, dan tangki bahan bakar yang lebih kecil. Semuanya sangat berkaitan hanya karena berat bodi yang lebih ringan. Komponen individu juga menyimpan banyak potensi untuk menghemat berat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumen dapat memperoleh peningkatan efisiensi bahan bakar kendaraan 5 hingga 7 persen untuk setiap 10 persen pengurangan berat dengan mengganti aluminium untuk baja konvensional. Dalam hal emisi, menggunakan aluminium dalam kendaraan dapat menghemat 20 pounds CO2  yang ditimbulkan oleh alumunium dibandingkan dengan yang menggunakan baja biasa selama  kendaraan bekerja. Dan lebih dari 90 persen dari bahan alumium yang digunakan dibidang otomotif dapa didaur ulang.

0 Response to "Apa Itu Teknologi Rangka Alumunium Space Frame ( ASF ) Pada Mobil Audi ? "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel