Cara Kerja Pumpa Priming Pump Pada Mesin Diesel

Letak tangki bahan bakar yang lebih rendah dari pumpa injeksi mesin diesel, maka dibutuhkan sebuah pumpa untuk menghisapnya agar naik keatas yang akan disalurkan ke pumpa injeksi yang sebelumnya harus melewati proses penyaringan pada saringan bahan bakar. Oleh karena itu dibutuhkanlah sebuah mekanisme penghisap sementara yang digerakkan menggunakan tangan untuk menghisap bahan bakar menggunakan pumpa priming ( priming pump ).

Cara kerja pumpa priming pump pada mesin diesel tidak menggunakan mekanisme otomatis ataupun menggunakan bantuan putaran mesin, melainkan menggunakan tekanan tangan manusia secara konvensional. Priming Pump digunakan apabila saluran bahan bakar kosong, baik pada saringan maupun pumpa injeksi. Hal ini bisanya terjadi setelah dilakukannya perawatan sistem bahan bakar seperti pembongkaran komponen, pembuangan air pada sedimenter dan hal - hal lain yang mengakibatkan kekosongan bahan bakar pada saluran bahan bakar.

Jadi, priming pump tidak diguanakn pada awal untuk mengidupkan mesin. Kalau semua saluran sudah terisi bahan bakar, maka priming pump tidak harus digunakan. Priming pump terbagi menjadi dua jenis, yaitu priming pump untuk pumpa injeksi jenis In Line dan pumpa injeksi jenis distrirbutor. Untuk lebih jelas, lihar gambar dibawah ini.

Priming pump untuk pumpa injeksi jenis rotor dan in line
Priming pump untuk pumpa injeksi jenis rotor dan in line

Adapun cara kerja priming pump adalah sebagai berikut :

1. Saat Pump Handle Di Tekan
Saat ditekan
Saat ditekan
Diapragm bergerak ke bawah  menyebabkan outlet check valve  terbuka dan bahan bakar mengalir ke fuel filter. Saat yang sama  inlet check valve tertutup mencegah bahan bakar mengalir kembali.


2. Saat Pump Handle Di Lepas
Saat dilepas
Saat dilepas
Tegangan pegas mengembalikan diapragma ke posisi semula  dan menimbulkan kevakuman,  inlet valve terbuka dan bahan  bakar masuk ke ruang pompa.  Pada kondisi  ini outlet valve tertutup.

4 Responses to "Cara Kerja Pumpa Priming Pump Pada Mesin Diesel"

  1. Mungkinkah primming pump tidak dapat menghisap bahan bakar dari tangki ketika dipompa? Apa penyebabnya? Bagaimana cara penanganannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk priming pump jenis inline coba dibuka pumpnya pak, biasanya ada sumbatan serbuk2 dari kotoran minyak. Jika sudah dilakukan penanganan namun blm berharisl, coba ganti pumpa dengan kisaran harga 100.000. Sedangkan untuk jenis priming pump jenis distributor ada yang bisa diperbaiki ( produk toyota, isuzu ) dan ada yang tidak bisa ( produk mitsubishi ). Semoga membantu

      Delete
  2. Klo filter di buka apa kh minyk akan trs menglir bila kran tngki posisi terbuka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung Pak. Minyak akan mengalir jika pumpa hidup dan pumpa hidup apabila mesin hidup. Sebaliknya, pumpa akan mati jika mesin mati.

      Delete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel