Cara Kerja Pumpa Feed Pump Pada Mesin Diesel

Feed Pump
Feed Pump


Prinsip kerja motor injeksi yang tidak dapat menghisap bahan bakar dari tangki secara sendiri, maka dibutuhkanlah alat tambahan yang berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki yang selanjutnya dimasukkan ke pumpa injeksi. Alat tersebut adalah pumpa feed ( feed pump ) yang bekerja menghisap bahan bakar dari tangki ke pumpa injeksi.

Cara kerja feed pump sama seperti priming pump, yaitu sama-sama ditekan secara manual oleh manusia, tidak secara otomatis seperti pada pumpa-pumpa lainnya. Feed pump digunakan pada jenis mesin diesel yang menggunakan pumpa injeksi jenis In Line. Yang mana letak feed pump juga menempel pada pumpa injeksi tersebut ( menjadi satu ), tetapi dapat dilepas.

Cara kerja pumpa feed pump pada mesin diesel perlu kita ketahui agar nantinya ketika terjadi masalah pada barang tersebut kita bisa menganalisa dimana kerusakan yang terjadi dan dapat memperbaikinya.

Adapun langkah - langkah kerja pada pumpa feed pump yaitu sebagai berikut :

1. Saat Langkah Penghisapan
Langkah Hisap
Langkah Hisap
Saat camshaft (1) tidak mendorong  tappet roller (2), piston (4) mendorong  push rod (5) ke bawah karena tegangan piston spring (6). Saat itu volume  pressure chamber (7) membesar dan  membuka inlet valve (5) untuk menghisap bahan bakar.  Saat ini outlet valve (8) tertutup.


2. Saat Langkah Pengeluaran
Langkah Pengeluaran
Langkah Pengeluaran
Camshaft terus berputar dan mendorong piston melalui tappet roller dan  push rod. Piston menekan bahan  bakar di dalam pressure chamber,  membuka outlet valve dan bahan  bakar dikeluarkan dengan tekanan.

3. Saat Tekanan Tinggi
Pada Tekanan Tinggi
Pada Tekanan Tinggi
Sebagian bahan bakar yang dikeluarkan memasuki memasuki pressure  chamber  yang terletak di bawah  piston. Bila tekanan bahan bakar di  bawah piston naik menjadi 1,8 – 2,2  kg/cm2,  maka tegangan piston spring  tidak cukup kuat untuk menurunkan  piston. Akibatnya, piston tidak dapat  lagi bergerak bolak-balik dan pompa  berhenti bekerja.

1 Response to "Cara Kerja Pumpa Feed Pump Pada Mesin Diesel"

  1. At the point when the channels have arrived at their ability to hold synthetic concoctions, they start discharging the caught materials with each distribute as the water volume and weight drives them free. best water transfer pump

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel